Cara Membackup Pesan Teks Di Android (Pencadangan Pesan)

Cara Membackup Pesan Teks Di Android (Pencadangan Pesan)

Saat kamu mengirim SMS seseorang menggunakan aplikasi IM pada ponsel, pesan-pesan itu biasanya akan disimpan di cloud. Bahkan jika kamu mencopot pemasangan aplikasi tersebut atau memasangnya di perangkat lain, kamu masih memiliki semua pesanmu itu.

Hal ini tidak berlaku untuk beberapa layanan perpesanan seperti WhatsApp, dan itu juga tidak berlaku untuk Pesan SMS yang disimpan pada perangkat yang kamu gunakan.

Kita bergantung pada ponsel untuk menyimpan teks dari teman, keluarga, rekan kerja, pekerjaan, dll. Jika ponsel kamu rusak atau kehilangan, maka data yang tersimpan di dalamnya akan terhapus, termasuk juga pesan SMS.

Kali ini kamu tidak perlu kehilangan Pesan SMS tersebut. Asalkan secara teratur selalu mem-backup pesan teks atau SMS itu, dan kamu akan dapat memulihkannya dengan mudah.

Saya termasuk orang yang terus menerus mengacaukan ponsel karena modifikasi atau mengubah ROM, terutama ketika itu adalah perangkat baru. Maka orang seperti saya ini harus lebih sering mencadangkan pesan SMS.

Bahkan ketika kamu membeli perangkat baru, kamu cukup mem-backup pesan SMS di cloud dan kemudian mengembalikannya ke perangkat baru tersebut.

Semua ini dapat dilakukan dengan aplikasi yang sudah saya gunakan dan uji coba berkali-kali. Aplikasi ini bernama SMS Backup & Restore dan tersedia secara gratis di Google Play Store.

Dengan Backup & Restore SMS, kamu bukan hanya dapat mencadangkan pesan SMS, tapi juga log panggilan. Aplikasi ini dapat langsung mengunggah cadangan ke akun Google Drive, OneDrive, atau Dropbox yang kamu miliki.

Aplikasi ini juga memberimu opsi untuk menyimpan file cadangan, yang merupakan file XML, secara lokal (pada memori eksternal MicroSD). Kemudian kamu dapat mengunggahnya ke akun penyimpanan online tanpa harus mengizinkan akses aplikasi ke penyimpanan cloudmu.

Jangan lewatkan : Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Instal SMS Backup & Restore


SMS Backup & Restore

Harga : Gratis



Fitur-Fitur Yang Dimiliki SMS Backup & Restore

- Backup SMS (text) messages, MMS and call logs in XML format.

- Local device backup with options to automatically upload to Google Drive, Dropbox, OneDrive or Emails

- Choose a recurring scheduled time to automatically backup.

- Option to select which conversations to backup or restore.

- View and drill into your local and cloud backups

- Search your backups

- Restore/transfer the backup to another phone. Backup format is independent of the Android version so the messages and logs can be easily transferred from one phone to another, irrespective of the version.

- Fast Transfer between 2 phones over WiFi direct

- Ability to restore all text messages or only selected conversations.

- Free up space on your phone. Delete all SMS messages or call logs on the Phone.

- Email a backup file.

- The XML backup can be converted to other formats, and can also be viewed on a computer.

Harus Baca : Mengapa Baterai Ponsel Android Sangat Lama Dalam Pengecasan?

Bagaimana Cara Membackup Pesan SMS Pada Android


1. Buka aplikasi SMS Backup & Restore setelah diinstal. Pada awalnya, kamu akan diminta untuk mengizinkan banyak perizinan aplikasi. Semua izin ini mutlak diperlukan. Kamu dapat memeriksa penjelasan di balik masing-masing dan setiap izin di laman Play Store aplikasi.

2. Setelah kamu mengizinkan semua izin aplikasi, lalu tekan tombol SET UP A BACKUP pada layar utama. Pada halaman berikutnya, pilih data yang ingin kamu backup dan kemudian tekan NEXT.

3. Kemudian kamu dapat memilih di mana ingin menyimpan cadangan. Kamu akan mendapatkan opsi untuk langsung menyimpan cadangan di salah satu akun penyimpanan cloud atau di ponsel kamu sendiri. Sangat tidak disarankan untuk menyimpannya di memori internal ponsel. Lebih baik simpan di memori eksternal MicroSD jika tidak mau menyimpannya di cloud.

Cara Membackup Pesan Teks Di Android (Pencadangan Pesan)

4. Jika memilih layanan penyimpanan cloud, kamu harus masuk dan memberikan izin akses ke aplikasi sehingga dapat mengunggah ke penyimpanan cloid atas nama kamu sendiri.

5. Tekan NEXT saat kamu siap dan memilih apakah ingin aplikasi membuat cadangan secara rutin dan ketuk BACKUP NOW ke backup SMS.

Bagaimana Cara Memulihkan (Restore) Pesan SMS


Salah satu keuntungan menyimpan cadangan di cloud adalah kamu dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun. Jadi, jika kamu memiliki perangkat baru yang ingin kamu unduh cadangan SMS-nya, cukup instal aplikasi SMS Backup & Restore lagi dan berikan izin yang diperlukan.

Jika ingin memulihkan pesan SMS pada perangkat yang sama, maka cukup buka aplikasi SMS Backup & Restore. Dari panel samping menu, arahkan ke Restore (Pulihkan).

Cara Membackup Pesan Teks Di Android (Pencadangan Pesan)

Pilih lokasi cadangan, tempat kamu sebelumnya menyimpan cadangan. Setelah dipilih, aplikasi akan secara otomatis mendeteksi file cadangan dan menanyakan data apa yang ingin kamu kembalikan.

Pilih apapun yang ingin kamu pulihkan/kembalikan dan ketuk RESTORE. Itu saja. Dalam sekejap, semua pesan SMS dan log panggilanmu akan muncul pada masing-masing aplikasi.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Cara Membackup Pesan Teks Di Android (Pencadangan Pesan)"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel