Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word - Fajrinfo
Pernahkah kamu menggunakan plugin / add-ins untuk menulis ayat-ayat Al Quran dalam program Microsoft Word di komputer? Mungkin selama ini yang sangat familiar adalah Add-Ins Quran In Word hasil pengembangan Mas Muhammad Taufiq yang dirilis sejak tahun 2005 lalu. Teks ayat yang dipakai ketika itu masih menggunakan data dari Mujamma’ Malik Fahd. Add-Ins Microsoft Word ini seringkali digunakan oleh teman-teman yang biasa menyusun karya ilmiah berupa makalah, skripsi, tesis, resume dan lain sebagainya.

Pada tahun 2019 lalu, Kementerian Agama RI telah mengembangkan Plugin / Add-Ins Ms. Word serupa yang diberi nama Qur'an Kemenag In Word. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kemenag selaku penanggungjawab dalam pengembangan aplikasi Quran in Word ini telah menyempurnakan konten beserta fiturnya dari hasil pengembangan Quran In Word Mas Muhammad Taufiq.

Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word

Mas Muhammad Taufiq berharap dengan menghibahkan Aplikasi Quran in Word tersebut kepada LPMQ maka masyarakat muslim di Indonesia dapat mengutip ayat Al Quran sesuai dengan Mushaf Standar Indonesia. “Supaya bisa digunakan oleh para mahasiswa muslim dan kalangan akademisi untuk mengutip Al Quran dan terjemahannya secara mudah,” imbuhnya.

Selanjutnya, Teks ayat Al Quran dalam Aplikasi Quran in Word Kemenag ini berasal dari tulisan tangan H. Isep Misbah yang didigitalkan oleh Tim IT LPMQ yang menggeneralisasi menjadi sebuah Font Arab sesuai dengan standar unicode yang dilengkapi juga tanda baca yang sesuai dengan Mushaf Al Quran Standar Indonesia oleh Muhammad Zamroni Ahbab.

Baca juga: Cara Mudah Menggabungkan Beberapa File Dokumen Microsoft Word

Dalam Aplikasi Quran Kemenag ini juga terdapat beberapa fitur yang sudah disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat muslim di Indonesia. Penyesuaian tersebut diantaranya adalah penetapan bentuk huruf / font Arab serta harakat resmi Al Quran Indonesia dan paket terjemahan Al Quran yang secara resmi telah melalui proses tashih dari Kemenag RI.

Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word

Font Arab khas Indonesia ini menjadi ciri tersendiri aplikasi Quran Kemenag ini. Selain adanya terjemahan versi Kemenag, tersemat juga 2 macam tafsir Al Quran yaitu Tafsir Tahlili dan Tafsir Singkat. Terjemahan bahasa Indonesia yang dimuat Quran Kemenag adalah terjemahan versi tahun 2002.

Jenis Aplikasi


Quran Kemenag In Word ini dirilis dalam 2 jenis, yaitu untuk komputer / laptop yang ber-arsitektur 32-bit dan juga 64-bit. Aplikasi ini dapat berjalan pada semua sistem operasi Windows yang didukung dan include pada aplikasi Microsoft Word. Oleh sebab itu, silakan download Quran Kemenag in Word ini sesuai dengan versi Ms. Word yang kamu gunakan di komputer punya.

Cara Instal


Dalam menginstal Aplikasi Quran Kemenag in Word ini terdapat sedikit perbedaan berdasarkan dengan versi Microsoft Office yang terpasang di komputer atau laptop. Perangkat Laptop atau Komputer setidaknya telah terpasang Ms. Word versi Office 2010, Office 2013, Office 2016, Office 2019 atau Office 365.

Selain sistem operasi Windows 10, perlu diperhatikan bahwa komponen inti .Net Framework versi 4 telah terinstal di komputer. Sebab jika belum terpasang, maka proses instalasi Aplikasi Quran Kemenag in Word ini akan gagal. Kecuali jika perangkat laptop atau komputer kamu terkoneksi ke internet, maka dalam proses pemasangan Quran Kemenag in Word akan secara otomatis mengunduh dan memasang komponen .Net Framework.

Untuk itu, langkah instalasi Quran Kemenag in Word pada komputer atau laptop relatif sama. Mungkin perbedaannya hanya pada ketersediaan .Net Framework saja. Jika kamu menggunakan perangkat Windows 10, maka tidak perlu khawatir tentang hal ini karena Windows 10 sudah tersemat komponen .Net Framework versi 4 yang menjadi dasar Aplikasi Quran Kemenag In Ms. Word ini.

Langkah instalasi Quran Kemenag in Word seperti pada umumnya menginstal aplikasi atau software Windows. Pertama adalah klik dua kali dengan cepat pada file installernya, lalu pilih sesuai dengan architecture Ms. Office yang digunakan, 32-bit atau 64-bit. Selanjutnya silahkan ikuti panduan yang muncul pada Aplikasi tersebut.

Jika muncul peringatan untuk menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan, ikuti saja panduan tersebut lalu tekan tombol Yes.

Jika komputer atau laptop yang kamu gunakan belum terpasang .Net Framework 4.0, maka jika terkoneksi internet Quran Kemenag akan secara otomatis mengalihkan kamu untuk mengunduh komponen tersebut dan menginstalnya kemudian setelah itu proses pemasangan Quran Kemenag akan berlanjut. Namun jika perangkat tidak terkoneksi internet, maka kamu akan mendapatkan peringatan pemasangan gagal.

Cara Pakai


Jalankan Microsoft Office Word, lalu perhatikan pada bagian menu ribbon terdapat tab yang bertuliskan Qur’an Kemenag. Klik pada tab Qur'an Kemenag tersebut.

Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word

Kemudian pada menu yang muncul, kamu akan melihat beberapa menu yang tampil terkait dengan fitur-fitur yang tersedia dalam Aplikasi Quran Kemenag in Word ini.

Quran Kemenag In Word Cara Keren Menulis Al Quran Di Microsoft Word

Selanjutnya silakan kamu mencoba sendiri melakukan penginputan dalam menulis Al Quran di Microsoft Wotrd. Setidaknya terdapat empat submenu yang dapat kamu atur. Bagian paling kiri (Pilih surah dan ayat) untuk memilih dan menentukan Surah serta Ayat yang akan digunakan sebagai referensi. Kamu juga dapat menjelajahi dan mencari topik atau pembahasan dalam Al Quran.

Submenu kedua (Mulai) menampilkan ayat dan terjemahannya. Silakan tentukan sesuai dengan yang kamu butuhkan sebagai referensi dalam membuat dokumen Word. Ceklis pada bagian Ayat Al-Qur'an dan Terjemahan jika kamu ingin mengutip keduanya atau ceklis salah satunya saja sesuai dengan kebutuhan.

Pada submenu bagian ketiga adalah Mode Ayat. Untuk pengaturan ayat yang muncul, kamu bisa menggunakan nomor ayat, tanda kurung ayat, juga ukuran huruf. Silahkan klik pada fitur-fitur tersebut untuk menentukan apakah kamu ingin menggunakan fitur tersebut atau tidak dalam menulis Al Quran di dokumen Microsoft Word yang sedang kamu edit.

Submenu keempat adalah Gaya Terjemahan. Fitur ini berguna untuk menampilkan terjemahan atau tafsir sesuai dengan pilihan kamu. Adapun pada submenu bagian kelima adalah Tanda Tashih dan keterangan Tentang Aplikasi Quran Kemenag in Word.

Baiklah, mau instal sekarang? Silahkan Download Aplikasi Quran Kemenag in Word terlebih dahulu sesuai dengan arsitektur komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Download Quran Kemenag In Word


Font Isep Misbah
File Size: 95.27 kB
Date: 16 September 2019

Font LPMQ Isep Misbah, font yang mendukung penulisan Mushaf Standar Indonesia dalam format true type font (ttf).
Font Isep Misbah

Download Font LPMQ IsepMisbah.zip

Qur'an Kemenag in Word Add-Ins
File Size: 14.83 MB
Date: 17 September 2019

Qur’an Kemenag in Microsoft Word merupakan produk layanan kealqur’anan terbaru dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag RI. Paket ini berisi:

- Installer Quran Kemenag versi 1.0 32 bit dan 64 bit.
- Petunjuk instalasi dan cara menggunakan.
- Font LPMQ Isep Misbah

Download Quran Kemenag_32_64.zip

Qur'an Kemenag in Word Add-Ins

Tautan alternatif untuk mengunduh Quran Kemenag in Word disini.

Perhatian:
Jika file dokumen .DOCX hasil editan kamu menulis Al Quran menggunakan Aplikasi Quran Kemenag ini dibuka di laptop lain yang tidak terpasang aplikasi ini, maka kemungkinan besar font atau bentuk huruf akan berantakan atau berupak simbol dan kotak-kotak. Untuk itu, solusinya adalah komputer atau laptop tersebut harus terpasang Aplikasi Quran Kemenag in Word (atau bisa juga hanya menginstal fontnya saja - Font Isep Misbah).

Baca juga: Buka File .DOCX Lambat? Inilah Cara Mempercepat Buka File Microsoft Word

Bagaimana sobat Fajrinfo? Mudah bukan cara menulis Al Quran di Microsoft Word menggunakan Quran Kemenag in Word ini. Dengan terpasangnya Aplikasi Add-Ins ini kamu tidak perlu lagi mengetik Al Quran secara manual. Cukup gunakan plugin Quran Kemenag ini dan pekerjaan kamu akan cepat selesai.

Yang paling penting adalah dengan menulis Al Quran di Microsoft Word menggunakan Aplikasi Quran Kemenag ini tidak khawatir salah karena telah resmi dikeluarkan dan ditashih oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kemenag Republik Indonesia.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama