Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

Bagi Anda yang memerlukan kutipan ayat Al Quran pada dokumen yang dibuat pada Microsoft Office Word, kali...Aplikasi Quran in Word ini dapat digunakan pada Microsoft Office word versi berapapun, mulai dari Office 2007, Office...
Bagi Anda yang memerlukan kutipan ayat Al Quran pada dokumen yang dibuat pada Microsoft Office Word, kali ini Fajrinfo akan berbagi tahu tentang salah satu software ringan tapi kaya manfaat. Apalagi jika Anda seorang mahasiswa atau pelajar yang ingin menyisipkan kutipan ayat Al Quran sebagai referensi dalam sebuah makalah, skripsi, tesis, buku modul atau lainnya, tentu add-in untuk Office Word ini akan sangat berguna bagi Anda.

Yah, salah satu alternatif paling mudah agar dapat menulis ayat Al Quran dalam dokumen Office Word adalah dengan menggunakan aplikasi Quran in Word. Aplikasi ini terbilang sangat ringan dan mudah digunakan, apalagi pengembangnya merupakan orang Indonesia.

Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

Quran in Ms. Word adalah software add-ins pada Microsoft Word yang dapat menulis ayat Al Quran beserta terjemahannya dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Untuk pilihan referensi terjemahan, Anda dapat memilih opsi yang bersumber dari terjemahan Kemenag atau tafsir Al Quran yang telah populer dan terpercaya.

Aplikasi Quran in Word ini dapat digunakan pada Microsoft Office word versi berapapun, mulai dari Office 2007, Office 2010, Office 2013, Office 2016, bahkan Office 2019 pun kompatibel untuk menulis Al Quran menggunakan aplikasi ini. Dengan bantuan plugin Quran in Word ini, maka pekerjaan akan semakin mudah dan cepat dalam menulis ayat Al Quran beserta terjemahannya tanpa ribet.

Baca juga: Inilah Daftar Tombol Pintasan Microsoft Word Yang Harus Anda Ketahui

Kita patut memberi apresiasi kepada pengembang Quran in Word, yakni Mas Muhammad Taufiq yang telah banyak berjasa dalam mengembangkan dan membagikan Quran in Word secara gratis. Karena meskipun kaya manfaat, ternyata plugin Quran in Word ini masih tetap gratis tanpa perlu membayar sedikitpun. Sampai saat ini, versi terbaru dari Quran in Word adalah versi 3.0, ialah versi yang telah disempurnakan dari versi Quran in Word sebelumnya (versi 1.3 dan versi 2.2).

Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

Peringatan:
Meskipun plugin Quran in Word ini selalu terus diperbarui oleh pengembang, tapi tidak ada salahnya ketika menulis Al Quran dalam sebuah dokumen penting agar memeriksanya kembali terkait kesesuaiannya dengan bacaan Al Quran yang ada dalam mushaf yang telah terverifikasi oleh Kemenag. Sebab setiap hal dalam bentuk digital sangat rentan sekali troble yang mengakibatkan terjadinya kesalahan.

Beberapa Fitur Add-Ins Quran in Word

- Tampilan tab al Quranul Kariim menyatu dengan menu Ribbon Microsoft Office Word

- Browse Quran dan Search Quran menjadi lebih praktis dalam pencarian

- Ayah Style (Bracket, Switch, New line, Verse Address, Mark Ayah dan Borders), mengatur bentuk dan ukuran font.

- Word by Word (translate ayat per kata)

- Translation style; Tambahan tafsir (Arab, English – Sahih International, Indonesian – Bahasa Indonesia, Tafsir English:Tafheem -Maududi, Tafsir Indonesian:Tafsir Jalalayn, Tafsir Ringkas Kemenag, Tafsir Lengkap Departemen Agama), Pilihan font, ukuran font dan Multiple tafsir (tafsir lebih dari satu bahasa)

- Islamic Symbols (terdapat setidaknya empat kategori simbol dan pilihan border)

Cara Instal Quran In Word


Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

Silahkan download aplikasi Quran in Word sesuai dengan versi Microsoft Word yang terpasang di komputer atau laptop Anda.

Download Quran in Word Versi 3.0 Support Untuk Semua Versi Office

(Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019)

- Quran in Word 3.0 Untuk Office 32-bit | Quran in Word 3.0 Untuk Office 64-bit (redirect link)

- Quran in Word 3.0 Untuk Office 32-bit | Quran in Word 3.0 Untuk Office 64-bit (google drive)


Quran In Ms. Word Versi Lama


Download Quran in Word Versi 2.2 Support Untuk Semua Versi Office

(Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019)

- Quran in Word 2.2 Untuk Office 32-bit

- Quran in Word 2.2 Untuk Office 64-bit


Download Quran in Word Versi 1.3 Hanya Support Untuk Office 2007 dan 2010

- Quran in Word 1.3 Untuk Office 32-bit (hanya support 32-bit ini)

Catatan:
Jika Anda membuka file Microsoft Word yang di dalamnya terdapat tulisan Al Quran namun muncul simbol-simbol atau huruf yang berantakan, kemungkinan disebabkan karena versi Quran in Word yang berbeda. Harap periksa kembali Microsoft Word yang dipakai saat mengetik file dokumen tersebut.

Cara untuk menginstal add-ins Quran in Word ini sangat mudah, cukup lakukan instalasi seperti biasa dengan mengklik tombol Next dan Next hingga Finish. Jika sudah selesai, silahkan buka Office Word Anda dan lihat hasilnya pada tampilan menu Ribbon akan terdapat tambahan tab yang bertuliskan Arab al Quranul Kariim (Versi 3.0).

Catatan:
Untuk Quran in Word versi 2.2 dan Quran in Word versi 1.3, pada menu Ribbon Office Word akan terdapat tab bertuliskan Add-Ins > Al-Quran.

Cara Penggunaan Quran In Word


Untuk menggunakan add-ins Microsoft Word ini cukup mudah, mari kita mencoba untuk menulis Al Quran pada Microsoft Office Word dengan mudah. Dalam hal ini, Anda bisa menambahkan terjemahan atau tanpa terjemahan, tergantung kebutuhan dokumen atau artikel yang Anda buat pada Office Word.

Cara Menggunakan Quran in Word Versi 3.0


Cara berikut ini biasanya digunakan untuk keperluan pengetikan formal misalnya makalah, skripsi, tesis, buku panduan ibadah, atau tugas ilmiah lainnya yang memerlukan kutipan ayat Al Quran beserta dengan terjemahannya.

Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

- Pada halaman kerja Ms. Word yang sedang Anda kerjakan, silahkan pilih Tab yang bertuliskan Arab 'Al Quranul Kariim'.

- Kemudian pada sub-menu Select Surah Ayah, pilih surah yang Anda perlukan untuk rujukan, lalu tentukan jumlah ayatnya dari berapa sampai ayat berapa.

- Pada sub-menu Action, ceklis pada bagian Ayah Quran dan Translation (apabila yang Anda perlukan hanya ayatnya saja tanpa terjemahan, maka tidak perlu ceklis Translation).

- Setelah itu pada sub-menu Ayah Style pilih klik pada tombol Mark Ayah untuk memberi ayat pada kutipan bacaan Al Quran yang akan Anda masukkan dalam lembar kerja.

- Tentukan bahasa yang ingin Anda gunakan pada sub-menu Translation Style > Translation. Jangan lupa untuk menentukan jenis font dan ukurannya jika diperlukan, abaikan jika Anda ingin menggunakan font bawaan.

- Setelah itu, terakhir klik tombol 'Write to Document' pada tab Action.

Baca juga: Cara Sederhana Menggabungkan Beberapa Dokumen Microsoft Office Word

Cara Menggunakan Quran in Word Versi 2.2


Menulis Ayat Al Quran Dengan Mudah Di Microsoft Office Word

- Buka tab ADD-INS pada menu ribbon Microsoft Word yang Anda gunakan. Kemudian klik pada menu drop-down Al-Quran.

- Klik tombol Get Arabic or Translation untuk menulis ayat Al Quran beserta terjemahannya.

- Pada jendela Select Ayah, ceklis pada bagian Al-Quran untuk menambahkan ayat Al Quran saja dan ceklis pada bagian Translation jika ingin menulis terjemahannya saja. Ceklis keduanya jika ingin menambahkan tulisan Al Quran dan terjemahannya pada lembar kerja Word yang sedang Anda buat.

- Kemudian tentukan Surah apa dan ayat berapa sampai berapa sesuai dengan kebutuhan tulisan Anda di Ms. word.

- Jika Anda ingin menyertakan terjemahan dalam penulisan Al Quran, maka jangan lupa untuk menceklis salah satu pilihan bahasa terjemahan yang tersedia.

- Setelah itu, klik OK. Maka tulisan Al Quran yang sudah Anda tentukan tadi akan muncul di lembar kerja Ms. Word yang sedang Anda kerjakan.

Untuk fitur dan fungsi lainnya, Anda bisa mencobanya sendiri. Jika masih kebingungan dalam menggunakannya jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar. Insyaa Allah, akan kami akan merespon dengan segera.

Demikian informasi singkat yang bisa Fajrinfo sampaikan kepada sobat semua tentang cara menulis ayat Al Quran dengan mudah di Microsoft Office Word menggunakan aplikasi Add-Ins Quran in Word ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.