Banyak Yang Bingung, Ini Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah Dan Biru

Sebagai penguasa pasar BBM di Indonesia, SPBU Pertamina sangat mudah kita temui di tepi jalan raya. Jika Anda perhatikan, terdapat dua jenis SPBU Pertamina yang bisa kita bedakan berdasarkan dari warna kelirnya, yakni merah dan biru.

Jumlah SPBU berwarna merah tentunya memiliki jumlah yang jauh lebih banyak. Sementara itu, SPBU berwarna biru baru saja menjamur sejak beberapa tahun belakangan ini.

Namun demikian, ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang perbedaan dari kedua jenis pom bensin milik BUMN migas ini.

beda spbu warna merah biru

Mengutip dari laman resmi Pertamina, terdapat penjelasan yang menyatakan bahwa SPBU Pertamina terbagi menjadi dua, yaitu SPBU Pasti Pas berwarna merah dan SPBU Pasti Prima dengan warna dominan biru.

Warna totem atau papan penunjuk yang berlainan menjadi salah satu pembeda utama yang nampak antara SPBU Pertamina Pasti Prima dan SPBU Pertamina Pasti Pas ini.

Dari segi tampilan fisik, SPBU Pasti Prima memiliki totem atau papan berwarna biru sedangkan SPBU Pasti Pas berwarna merah.

Sebagai informasi, SPBU Pasti Prima sendiri merupakan upaya pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang sejatinya sudah ada sejak tahun 2006, perbedaan akan kentara terutama dari sisi pelayanan.

SPBU Pasti Prima mulai diluncurkan sejak tahun 2015, atau ketika Direktur Marketing & Retail Pertamina dijabat oleh Ahmad Bambang.

Selain dari warna papan nama, perbedaan mencolok lainnya secara fisik antara SPBU merah dengan SPBU biru adalah dari fasilitas pelengkap yang terdapat di satu area dengan SPBU.

Beberapa fasilitas penunjang SPBU Pasti Pas dengan warna merah pada umumnya adalah berupa fasilitas standar, seperti ketersediaan toilet, tempat ibadah, fasilitas isi angin, dan terkadang minimarket di beberapa SPBU.

Sementara untuk SPBU Pasti Prima yang warna biru, biasanya sudah pasti memiliki fasilitas yang dimiliki oleh SPBU Pasti Pas, namun dengan tambahan fasilitas yang lebih lengkap, seperti adanya kafe, mesin ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpiji, fasilitas isi nitrogen, serta restoran cepat saji.

Layanan-layanan tambahan ini disebut sebagai non-fuel retail, baik di SPBU yang dikelola dan dimiliki oleh swasta, maupun SPBU milik Pertamina sendiri melalui PT Pertamina Retail.

SPBU Pasti Prima memang memposisikan diri sebagai SPBU lifestyle yang siap untuk memenuhi kebutuhan konsumen ketika berada di jalan.

Pertamina melihat standar Pasti Prima lahir karena perkembangan gaya hidup masyarakat yang menginginkan SPBU sebagai one stop service.

Perbedaan secara fisik lainnya adalah pada kelir warna dispenser. Pada SPBU Pasti Pas biasanya pada bagian nozel pada bagian bawah berwarna hitam, sedangkan SPBU Pasti Prima berwarna hijau.

Selain itu, berbeda dari SPBU Pasti Pas yang warna merahnya digunakan pada warna seragam operator dan tiang pilar, SPBU Pasti Prima mengkombinasikan antara warna merah dan abu-abu.

Nah sobat Fajrinfo.com, setelah mengetahui informasi tentang SPBU warna merah dan biru ini maka jangan bingung lagi ya terkait perbedaan dari keduanya. Jika sebelumnya Anda sudah tahu tentang perbedaan dari keduanya, kira-kira perbedaan apa lagi dari SPBU warna merah dan biru yang belum disebutkan dalam postingan ini? Ayo berbagi informasi dan pengalaman Anda di kolom komentar.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama