Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Seiring kemajuan teknologi, ukuran konten yang dikonsumsi di internet juga meningkat. Semakin cepat kecepatan internet, semakin banyak pula konsumsi data yang diperlukan. Selama beberapa tahun terakhir, meskipun konsumsi data telah meningkat secara eksponensial dan jika Anda tidak memiliki koneksi tanpa batas (unlimited), maka bisa jadi akan sedikit sulit untuk mengelola kehidupan online Anda.

Situs web yang semakin canggih dan aplikasi yang haus data juga tidak banyak membantu. Google telah mengambil penghematan data di Android dengan serius dan begitu juga dengan beberapa pengembang aplikasi lain seperti Opera dan Facebook. Jika Anda memiliki koneksi internet terbatas dengan kuota, kiat-kiat untuk mengurangi penggunaan data internet di Android ini mungkin akan berguna.

Mengurangi Penggunaan Data di Android


Periksa penggunaan data Anda


Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Langkah pertama untuk mengurangi penggunaan data Anda adalah dengan cara memeriksa penggunaan data Anda dan menganalisis aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan apakah aplikasi tersebut menggunakannya di latar depan saat Anda menggunakan aplikasi itu atau di latar belakang sistem Android.

Melacak penggunaan data Anda di Android sangat mudah dan sederhana. Cukup buka Pengaturan lalu ketuk pada Penggunaan Data. Jika menggulirnya ke bawah, maka Anda akan melihat penggunaan data seluler oleh aplikasi. Jika ingin melihat penggunaan data Wi-Fi juga, tekan tombol menu lalu pilih Tampilkan penggunaan Wi-Fi.

Baca juga : Cara Melakukan Rooting Pada Semua Perangkat Android

Setel batas data seluler disini untuk menonaktifkan data seluler setelah Anda melampaui batas yang telah ditentukan sebelumnya.

Mengetuk aplikasi pada daftar akan membawa Anda ke layar berikutnya tempat Anda dapat melihat berapa banyak data yang dikonsumsi oleh masing-masing aplikasi di latar depan dan latar belakang sistem.

Anda dapat membatasi aplikasi untuk mengakses koneksi internet saat berada di latar belakang sistem. Namun, hal ini dapat mencegah beberapa aplikasi berfungsi dengan semestinya, terutama aplikasi Google dan aplikasi sistem yang memang memerlukan koneksi ke internet.

Gunakan Penghemat Data Android


Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Dengan Android 7.0 Nougat, Google memperkenalkan penghemat data yang ditemukan tepat di bagian bawah Penggunaan Seluler. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyalakannya. Namun ingat, bahwa setelah Anda melakukan hal ini, maka koneksi data di latar belakang sistem akan dibatasi untuk semua aplikasi.

Jika Anda ingin memasukkan aplikasi ke daftar putih, ketuk akses data Tidak Terbatas. Anda kemudian dapat beralih slider di samping nama aplikasi yang memberikannya kemampuan untuk menggunakan data bahkan ketika di latar belakang. Mungkin sebaiknya Anda memberikan akses ini ke semua aplikasi streaming musik.

Jangan lewatkan : Cara Memodifikasi Suara Speaker Android Dengan ViPER4Android

Pengaturan Aplikasi


Jika tidak menggunakan Android Nougat, Anda masih dapat menyimpan data dengan berselancar melalui pengaturan aplikasi individual untuk aplikasi yang digunakan.

Ada juga versi penyimpanan data dari aplikasi tertentu yang dapat Anda gunakan seperti Facebook Lite atau Opera mini. Anda juga dapat menggunakan fungsi penghemat data Chrome saat menjelajahi internet.

Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Gunakan Fungsi Offline


Banyak aplikasi saat ini, terutama aplikasi streaming yang dilengkapi dengan semacam fungsi offline.

Misalnya, Anda dapat menyimpan video YouTube secara offline saat berada di koneksi Wi-Fi untuk dilihat nanti. Musik Google Play memungkinkan penyimpanan perpustakaan Anda secara offline di penyimpanan perangkat Anda. Google Maps memiliki opsi untuk menyimpan area dunia yang dipilih secara offline di perangkat Anda juga. Bahkan Facebook juga dapat memungkinkan untuk menyimpan artikel dan video secara offline.

Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Kompres Data Dengan Menggunakan Samsung Max


Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android

Samsung Max adalah aplikasi penyimpanan data yang dapat menyimpan data saat menjelajah internet dan terutama saat streaming video dan musik online atau melihat gambar.

Apa yang pada dasarnya dilakukan adalah mengirim data melalui server VPN Samsung sendiri untuk mengompresi ukuran file media, meskipun, itu memang menghasilkan sedikit penurunan kualitas.

Namun hampir tidak terlihat, dan Samsung Max membuat penghematan data sangat tidak mengecewakan. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang tidak menggunakan Android Nougat.

Aplikasi ini akan menunjukkan aplikasi mana di ponsel Anda yang paling berpotensi menyimpan data. Streaming video membutuhkan lebih sedikit buffering sebagai hasil kompresi dan disinilah penghematan data dilakukan secara maksimal.

Konsumsi data dalam aliran video dikurangi hingga setengah dari apa yang awalnya akan dikonsumsi. Samsung Max juga memberi Anda kontrol atas masing-masing aplikasi secara individual dan memungkinkan Anda memantau penggunaan data dan membatasi aplikasi itu seperti fitur penghemat data yang ada pada Android nougat bawaan.

Terlepas dari semua metode di atas, jika Anda menggunakan perangkat Android yang di-root, Anda dapat menggunakan AdAway, aplikasi pemblokir iklan untuk memblokir iklan dalam aplikasi yang sebenarnya juga mengkonsumsi data untuk menampilkan iklan.

Dan Fajrinfo sangat berharap Anda bukan termasuk orang-orang yang menggunakan aplikasi seperti Clean Master untuk membersihkan cache ponsel Anda secara teratur, karena ini adalah proses yang tidak berguna dan saat Anda membuka aplikasi lagi, Anda akan mengunduh semua itu dari awal lagi sehingga akan memakan lebih banyak data untuk memproses.

Baca juga : Cara Hemat Baterai Yang Satu Ini Malah Akan Membuat Android Boros

Apakah Anda pernah mencoba salah satu tips di atas? Benarkah langkah tersebut dapat membantu Anda? Sampaikanlah pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Langkah Mudah Mengurangi Penggunaan Data Internet Ponsel Android"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel