Cara Copy CD Musik Original Dengan Mudah

Hai sobat, selamat menjalankan aktivitas ya semuanya. Kali ini FajrInfo akan membagikan artikel yang cara untuk menyalin CD musik ke laptop dengan judul tutorial cara copy CD musik original dengan mudah. Bagi kamu yang kebetulan sedang membutuhkan informasinya, silahkan baca dan perhatikan artikel ini sampai selesai.


Cara Copy CD Musik Original

Sobat FajrInfo, pernahkah kamu menyalin file MP3 dalam CD yang kamu miliki? Ketika kamu mengcopy, maka janganlah kaget bila CD Musik yang kamu buka pada komputer atau laptop bukan berisi file MP3 melainkan isinya adalah file dengan ekstensi .cda yang ukurannya hanya 1 kb. Jika memang begitu, ketika kamu copy file tersebut menggunakan file explorer windows pasti tidak akan dapat diputar dan akan muncul peringatan file rusak. Maka dari itu, FajrInfo akan memberikan tips dan trik cara copy CD Musik original pada postingan kali ini.

Media CD merupakan tempat penyimpanan file konvensional yang dapat dibuka atau dimainkan secara langsung pada perangkat VCD Player. Biasanya VCD Player ini digunakan untuk memutar musik, melihat foto kenangan, video acara tertentu atau bahkan bisa juga untuk menonton film.  Namun sayangnya file yang ada di dalam CD tersebut tidak bisa kita copy secara langsung menggunakan Windows Explorer pada perangkat komputer atau laptop. Melainkan harus menggunaka bantuan program Windows Media Player.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini FajrInfo akan memberikan tips dan trik untuk membackup file musik yang ada pada CD Musik kesayangan kamu. Karena seperti yang kita ketahui, media CD apabila digunakan terus menerus, maka kemampuan membacanya akan semakin menurun. Hal ini tentu akan menyebabkan lagu atau musik yang ada dalam CD tersebut akan semakin rusak, bisa karena tergores atau berjamur. Dan tentu sangat disayangkan bila kita tidak memiliki file backupannya dalam komputer atau laptop.

Dalam tutorial ini, langkah-langkahnya sangat mudah. Sebab, kita akan menggunakan program bawaan windows yaitu Windows Media Player. Namun dengan tips dan trik yang akan FajrInfo berikan ini, diharapkan agar kamu dapat menggunakannya dengan bijak. Cukup jadikan file backupan tersebut untuk konsumsi pribadi saja ya sobat, jangan disebar luaskan karena melanggar undang-undang hak cipta dan bisa terkena pidana.

Baiklah mungkin basa-basinya sudah cukup sekarang kita langsung saja, berikut ini adalah tutorial cara copy CD musik original, perhatikan langkah demi langkah yang ada pada petunjuk di bawah agar tidak terjadi kesalahan:

- Masukkan CD musik atau lagu yang akan dibackup ke dalam CD-Rom atau DVD-Rom komputer/laptop kamu.

- Ketika CD dimasukkan, biasanya program Windows Media Player secara otomatis akan terbuka. Jika tidak, kamu dapat membukanya secara manual pada menu start dengan cara ketik wmplayer pada kolom pencarian lalu tekan ENTER.

- Pastikan CD musik atau lagu yang kamu masukkan tadi terdeteksi oleh komputer/laptop.

- Apabila telah terbaca, maka pada menu sebelah kiri yang posisinya terletak persis di bawah “Other media” akan ada pilihan “Unknown Album” lalu klik pilihan tersebut.

- Kemudian pada bagian menu di atas, pilih Rip settings lalu pilih More options.

- Setelah itu akan tampil pilihan menu Rip Music. Pada menu ini, biarkan saja pengaturan secara default/bawaan. Agar lebih mudah, pastikan pada menu Format adalah MP3 yang terpilih. Lalu geser pada bagian Audio Quality sampai ujung bagian Best Quality. Lalu tekan OK untuk menyimpan pengaturan.

- Setelah itu, klik pilihan Rip CD sebelah menu Rip settings lalu proses pengkonversian akan berjalan dan tunggu sampai selesai.

Cara Copy CD Musik Original

- Apabila proses sudah selesai, maka file dapat kamu lihat pada folder “Music” pada drive C:\

FajrInfo berharap pada CD musik original yang telah kamu salin (copy) ke laptop tersebut agar digunakan cukup hanya sebatas penggunaan pribadi saja tanpa disebarluaskan dan tidak dipublikasikan kepada orang lain. Karena jika melakukan hal itu, maka kamu telah melakukan pelanggaran hukum dan telah menyalahi hak cipta seseorang. Kiranya hormatilah hasil karya orang lain jika hasil karya kita ingin dihormati orang lain juga.

Mohon maaf sebelumnya jika FajrInfo mengatakan hal tersebut di atas. Karena selain mengingatkan, FajrInfo tidak ingin terlibat dalam masalah apa pun menyangkut pelanggaran yang telah sobat lakukan. Dalam artike ini FajrInfo hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan agar sobat semua bisa melakukannya sendiri, dan dalam artikel ini pula FajrInfo telah mengingatkan tentang bahayanya melakukan pelanggaran hak cipta.

Demikian tutorial cara copy CD Musik original untuk dibackup pada komputer atau laptop. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara copy CD original ini. Tapi ingat, sebagaimana FajrInfo sampaikan tadi, gunakanlah cara ini dengan sebijak mungkin ya sobat dan jangan dijadikan sebagai alat untuk melakukan pembajakan secara massal. Dan jika ada perbedaan pada menu komputer atau laptop kamu dengan tutorial di atas, maka dapat ditanyakan dengan menyampaikannya pada kolom komentar. Terimakasih.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner