Cara Instal .NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline

Hai sahabat FajrInfo, apakah perangkat Windows 10 kamu pernah mengalami hal seperti gambar di bawah ini? Yaitu ketika hendak membuka suatu program pada Windows 10, lalu program tersebut tidak merespon dan malah muncul peringatan yang menjelaskan bahwa aplikasi yang akan kita buka itu memerlukan fitur windows yang bernama .NET Framework 3.5 (dibaca: dot net framework).

Cara Instal .NET Framework 3.5 di Windows 10 Secara Offline

Jika betul seperti itu, FajrInfo ingin membantu kamu untuk mengatasinya melalui artikel dengan pembahasan yang berjudul cara instal .net framework 3.5 di Windows 10 secara offline ini. Oleh sebab itu, apabila kamu mengalami kendala tersebut silahkan simak dan ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Sebenarnya masalah tersebut terjadi karena merupakan kendala umum yang dialami oleh sistem operasi Windows sejak Microsoft merilis Windows 8. Hal ini lebih dikarenakan sistem operasi Windows 8 keatas sudah dilengkapi dengan basis .NET Framework yang paling anyar yaitu versi 4.0 dan 4.5.

Namun demikian, pada kenyataannya masih banyak program-program yang digunakan para pengguna windows masih berjalan pada .NET Framework versi 3.5 dan belum mereka upgrade ke versi 4.0 atau 4.5. Sehingga pasti sangat mengganggu terhadap para pengguna sebab Microsoft tidak menanamkan basis .NET Framework versi 3.5 ini secara langsung, maka program yang membutuhkan .NET Framework 3.5 tidak akan bisa berjalan sebelum sistem windows menginstal .Net Framework 3.5 tersebut.

Setelah mengetahui permasalahan ini, Microsoft telah menyediakan laman unduhan pada website resminya agar para pengguna yang membutuhkan .NET Framework 3.5 untuk segera mengunduh lalu memasangnya pada perangkat Windows 10 masing-masing. Akan tetapi melihat file .Net Framework 3.5 yang ada pada website resmi Microsoft tersebut sangat besar ukurannya, maka tidak ada salahnya jika kamu baru menginstal ulang Windows 10 dan masih memiliki file installer Windows agar menginstal .Net Framework ini secara offline saja alias tidak perlu terhubung ke internet karena akan banyak memakan kuota yang kita miliki.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang mengalami hal serupa yaitu sistem Windows 10 membutuhkan basis .Net Framework, FajrInfo akan memberikan cara untuk memasang .NET Framework 3.5 ini pada Windows 10 kamu. Cara yang akan FajrInfo bagikan ini yaitu dengan cara penginstalan secara offline, jadi cara ini dapat menghemat kuota internet kamu dan dapat melakukannya dengan mudah. Pada dasarnya, cara ini tidak hanya dapat diterapkan pada Windows 10, akan tetapi bisa juga diterapkan pada sistem operasi Windows 8 juga Windows 8.1.

Sebelum menuju langkah-langkah penginstalan, terlebih dahulu siapkan DVD Installer atau Flashdisk Bootable Windows 10! Atau bisa juga file ISO Windows 10.

Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal .net framework 3.5 di Windows 10 secara offline:

- Buka DVD Installer atau Flashdisk Bootable Windows 10 kamu. Lalu buka folder sources.

- Dalam folder sources tersebut terdapat folder sxs, lalu copy folder sxs tersebut ke partisi drive D:\

- Setelah itu buka Command Prompt dengan cara klik kanan pada menu start, lalu pilih Command Prompt (Admin)

- Kemudian salin kode perintah di bawah ini

Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:d:\sxs /LimitAccess

- Setelah itu masukkan pada Command Prompt, lalu tekan ENTER.

- Setelah itu tunggu proses berjalan sampai selesai 100%.


    - Apabila telah selesai, sekarang kamu bisa membuka program yang sebelumnya tidak bisa dibuka yang disebabkan oleh tidak tersedianya program .NET Framework 3.5 ini.

    Tutorial di atas telah dilakukan sendiri oleh FajrInfo. Setelah instal ulang sistem operasi Windows 10, kemudian langsung memasang program .NET Framework 3.5 ini. Maka dari itu tutorial yang diberikan adalah cara menginstal .NET Framework 3.5 secara offline.

    Meskipun dalam pembahasan ini sistem operasi yang disebutkan adalah Windows 10, namun sebenarnya langkah-langkah dalam pemasangan .NET Framework 3.5 offline ini juga dapat diterapkan pada sistem operasi Windows 8 atau Windows 8.1. Jadi, apabila sistem operasi yang kamu gunakan adalah sistem operasi dibawah Windows 10, kamuu tetap bisa mengikuti cara-cara yang dijelaskan di atas.

    Dan perlu diingat, bahwa tutorial ini dapat dilakukan ketika kita memiliki DVD bootable atau flashdisk bootable yang digunakan ketika menginstal ulang sistem operasi Windows yang kita gunakan. Apabila menggunakan bootable yang berbeda walaupun versi Windowsnya sama, FajrInfo tidak menjamin untuk keberhasilan pemasangan .NET Framework 3.5 ini. Tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya terlebih dahulu, karena walaupun misal gagal tidak akan berpengaruh pada sistem Windows kamu.

    Demikian yang dapat FajrInfo bagikan tentang cara instal .NET framework 3.5 pada Windows 10 secara offline ini. Apabila ada pertanyaan mengenai cara instal .NET Framework 3.5 ini, maka dapat ditanyakan melalui kolom komentar di bagian bawah postingan. Terimakasih, semoga bermanfaat dan berhasil.
    Advertisement
    NEXT ARTICLE Next Post
    PREVIOUS ARTICLE Previous Post
    NEXT ARTICLE Next Post
    PREVIOUS ARTICLE Previous Post
     

    Delivered by FeedBurner