Friday, December 30, 2016

Cara Langsung Sign-in Otomatis Pada Windows 10

Cara Langsung Sign-in Otomatis Pada Windows 10

Hai sobat, kemarin kita sudah membahas tentang apa yang harus dilakukan setelah instal ulang Windows 10. Pada kesempatan ini FajrInfo akan membagikan tutorial Windows lagi nih sobat, yaitu cara sign-in otomatis pada Windows 10 (tanpa memasukkan password).

Perlu kamu ketahui bahwa ketika perangkat Windows 10 pertama dihidupkan, maka pengguna akan dihadapkan pada tampilan layar login screen yang pertama kali dimunculkan. Sebelum masuk ke tampilan desktop, pengguna Windows 10 diharuskan untuk memasukkan password atau PIN terlebih dahulu.

Hal tersebut berlaku apabila pengguna telah memasukkan akun Microsoft pada perangkatnya. Sedangkan bagi pengguna yang belum memasukkan akun, maka ketika Windows 10 dihidupkan akan secara otomatis langsung masuk ke desktop tanpa dimintai memasukkan password.

Akan tetapi, dengan tidak memasukkan akun Microsoft pada perangkat Windows 10, maka pengguna tersebut tidak akan dapat menikmati beberapa fitur yang membutuhkan login pada akun Microsoft. Beberapa fitur tersebut adalah sinkronisasi sistem secara otomatis, pembaruan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Windows Store, layanan penyimpanan berbasis awan OneDrive, dan masih banyak lainnya termasuk fitur login dengan PIN menarik yang merupakan fitur baru yang disematkan Microsoft pada Windows 10.

Sejatinya, tujuan login screen pada Windows 10 adalah agar data dan arsip dalam perangkat tetap terjaga keamanannya dan tidak mudah dibuka oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun dengan adanya keamanan login screen tersebut ada kalanya pengguna dibuat tidak nyaman. Apalagi ketika buru-buru ingin membuka suatu arsip atau misal perangkatnya tersebut bukan hanya satu orang saja yang menggunakan pasti pengguna mengetahui password akan selalu ditanyai tentang password, maka sudah tentu hal tersebut akan merepotkan.

Oleh sebab itu dalam postingan ini FajrInfo akan membagikan cara untuk sign-in otomatis pada Windows 10 agar dapat login tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Klik kanan pada menu Start Windows 10, lalu pilih Run. Bisa juga dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard, maka program Run akan berjalan.

2. Ketikkan tulisan netplwiz tepat di kolom Open pada program Run tersebut, lalu setelah itu klik OK.

3. Setelah itu akan muncul pengaturan sistem User Accounts. Hilangkan tanda ceklis pada Users must enter a user name and password to use this computer, lalu klik Apply.

4. Kemudian akan muncul pengaturan Automatically sign in. Pada pengaturan ini, masukkanlah password akun pada kolom Password dan Confirm Password, lalu klik OK.

Cara Sign-in Otomatis Pada Windows 10 (Tanpa Memasukkan Password)

5. Pada settingan Automatically sign in inilah yang akan membypass password pada sistem, sehingga ketika Windows 10 dihidupkan secara otomatis akan langsung login dan masuk ke layar desktop.

6. Setelah selesai semua, lalu restart sistem dan rasakan kenyamanan dalam menggunakan Windows 10 tanpa harus ribet memasukkan password pada tampilan login.

Apabila kamu mengikuti langkah-langkah yang telah FajrInfo jelaskan di atas secara cermat dan teliti, dapat dipastikan akan berhasil dalam membypass password pada login screen Windows 10. Namun jika tidak ada perubahan dan kamu masih dimintai untuk memasukkan password, maka lebih baik kamu ulangi langkah demi langkahnya dengan lebih cermat, karena tutorial ini sudah FajrInfo praktekkan sendiri dan berhasil tanpa kendala apapun.

Demikian pembahasan kita mengenai cara sign-in otomatis pada Windows 10 (tanpa memasukkan password) ini. Apabila masih ada yang belum paham dalam langkah tertentu, maka sampaikanlah pertanyaan pada kolom komentar. Nah, jika kamu pengguna Windows 10, maka kamu akan memilih untuk mengamankan perangkatmu dengan password atau membypassnya dengan mengikuti tutorial di atas?

Tambahan:
Layar login screen akan dimintai password atau PIN ketika membuka perangkat Wndows 10 jika kita telah masuk dan mensinkronkan komputer atau laptop Windows 10 ke akun MIcrosoft. Namun jika perangkat Windows 10 kita itu tidak atau belum login ke akun Microsoft, maka ketika awal menghidupkan atau membuka Windows 10 tidak akan dimintai password juga PIN.

Jadi, apabila kamu ingin sama sekali tidak menghubungkan dan mensinkronkan perangkat Windows 10 tersebut ke server Microsoft, kiranya lebih baik dan lebih mudah untuk keluar dari akun Microsoft tersebut. Namun jika kamu ingin tetap sinkronisasi berjalan secara terus menerus dan ingin masuk secara otomatis ke Windows 10 dengan tanpa dimintai password, maka silahkan mengikuti langkah-langkah di atas agar dapat mengatasi masalah yang kamu hadapi.

Meskipun tutorial di atas menyebutkan langkah-langkahnya diterapkan pada perangkat Windows 10, tapi kamu bisa juga menerapkannya pada perangkat Windows 8 atau Windows 8.1. Sebab Windows 8 atau 8.1 memiliki fitur yang mirip dengan Windows 10 dalam hal sinkronisasi akun Microsoft dan cara sign-in pada layar login screen Windows.

Oleh sebab itu, jika kamu memiliki perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8, janganlah ragu untuk menerapkan tutorial yang telah FajrInfo jelaskan di atas mengenai cara langsung sign-in atau masuk login screen / lock screen Windows 10 secara otomatis tanpa dimintai password dan PIN.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner