Friday, April 15, 2016

Gmail, Layanan Email Terbaik Masa Kini


Gmail, Layanan Email Terbaik Masa Kini
Hai sahabat FajrInfo, selamat menjalankan aktivitas untuk semuanya. Pada artikel ini FajrInfo akan menyampaikan pembahasan tentang layanan email milik Google nih sahabat, yakni Google Mail alias Gmail.

Sebenarnya, banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan email gratis seperti Gmail, dengan berbagai macam fitur dan fasilitas yang beragam dan berbeda-beda tentunya. Namun, hingga saat ini hanya layanan email besutan Google ini sajalah yang mampu menjawab semua kebutuhan pengguna secara global.

Ialah Google Mail atau biasa disebut dengan Gmail. Mengapa layanan surat elektronik Gmail ini dinobatkan sebagai layanan email terbaik masa kini? Mari kita bahas tentang hal itu.

Gmail memang bukan merupakan pelopor layanan surat elektronik. Akan tetapi, dengan banyaknya fitur dan fasilitas yang dimiliki oleh Gmail dibandingkan dengan layanan para kompetitornya, hal tersebut membuat Gmail menyandang gelar layanan email nomor wahid di dunia dengan jumlah pengguna terbanyak sampai saat ini dan terus bertambah tentunya.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Kesuksesan Google Mail dalam mengakomodir kebutuhan pengguna dapat dilihat pada fitur dan fasilitasnya yang dapat diunggulkan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang terdapat pada layanan Google Mail (Gmail) sehingga dinobatkan sebagai layanan email terbaik masa kini:

Masa Berlaku Akun

Layanan email yang dipersembahkan oleh Google ini akan aktif selamanya, meskipun telah lama tidak digunakan oleh pemilik akun dalam tempo waktu yang sangat lama. Kebijakan Google ini sangat kontras sekali karena pada umumnya, penyedia layanan email gratis memberikan tempo waktu yang berbeda ketika email tersebut telah lama tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, ada yang empat bulan atau enam bulan. Artinya ketika email tidak digunakan untuk berkirim atau menerima pesan oleh si pengguna dalam jangka waktu tersebut, maka secara otomatis akun email itu akan hangus alias dihapus.

Layanan Gmail tidak mengenal pembatasan tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan banyaknya layanan milik Google yang dapat diakses dengan akun Gmail ini. Seperti halnya Blogger, Youtube, Playstore, Google Docs dan lain sebagainya.

Akses Layanan

Selain mengutamakan keamanan pada layanan emailnya, Google juga mengintegrasikannya dengan beragam layanan yang dimiliki olehnya, yaitu seperti; Google Maps, Picasa, Google Docs, Google Drive, Youtube, Blogger, Google Plus, Playstore, Chrome dan lain-lain. Hal tersebut dapat meningkatkan fleksibilitas dalam penggunaan Gmail tanpa harus terkoneksi dengan banyak akun yang berbeda.

Contoh kecilnya, ketika kita hendak mengirimkan email kepada seseorang dengan menyertakan lampiran file yang ukurannya lumayan besar, maka secara otomatis Gmail akan terintegrasi dengan layanan Google Drive sebagai media penyimpanan lampiran tersebut.

Masuk Akun Bersamaan

Google dengan berjuta inovasinya selalu memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya. Dalam hal ini yaitu kita dapat masuk ke beberapa akun Gmail pada satu browser yang sama tanpa harus membuka banyak program berbeda yang hanya akan menyebabkan memori RAM pada sistem kita bekerja lebih ekstra lagi.

Artinya, dengan begitu tidak ada alasan sistem bekerja lambat hanya gara-gara membuka akun email lebih dari satu.

Fitur yang satu ini bisa dibilang merupakan fitur yang hanya ada pada Gmail. Karena penyedia layanan email gratis lainnya tidak menyertakan fitur masuk akun secara bersamaan sebagaimana yang ada pada Google Mail.

Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Sahabat, kamu pasti tahu kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh layanan email biasanya hanya berkisar satu Giga Byte ke bawah. Malah kebanyakan mereka hanya menyediakan kapasitas di bawah 1 GB.

Baca juga: Ponsel Android Kamu Lelet? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Oleh sebab itu, tak ayal dengan fasilitas Gmail yang memberikan penyimpanan maksimal sebesar 15 GB menjadi salah satu alasan mengapa pengguna lebih memilih Gmail sebagai layanan email kepercayaan mereka dan sukar untuk beralih ke layanan lainnya. Dan apabila masih merasa kurang dengan kapasitas yang diberikan tersebut, maka pengguna dapat meningkatkannya menjadi 100 GB dengan berlangganan sebesar $1,99 setiap bulan.

Sinkronisasi

Sinkronisasi pada Gmail sangat besar manfaatnya bagi kita yang banyak berkutat pada dunia online. Sebab dengan fitur ini kita dapat dengan mudah menyimpan data yang kita kehendaki dengan tanpa takut kehilangan meskipun perangkat yang kita gunakan hilang atau rusak.

Sudah banyak layanan yang terintegrasi dengan sinkronisasi Google ini seperti; Google Kalender, Google Kontak, Google Chrome, Google Drive dan lain-lain. Serta banyak juga developer yang menautkan sinkronisasi pada layanan besutannya ke dalam akun Gmail yang kita miliki tanpa harus khawatir kehilangan data jika terjadi sesutu yang tidak kita inginkan.

Tidak hanya itu, Gmail juga menyediakan fitur sinkronisasi yang menghubungkan Gmail dengan layanan lain di luar naungan Google yang dapat mengintegrasikannya dengan Gmail. Dan juga akun Gmail dapat sangat dibutuhkan bagi kamu pengguna Gadget Android sebagaimana kita ketahui bahwa Android adalah salah satu produk Google yang di dalamnya terdapat banyak layanan Google yang sudah terintegrasi secara mudah.

Pengalaman FajrInfo sendiri mengenai fitur sinkronisasi ini sangatlah perlu dan dibutuhkan. Misalnya pada perangkat smartphone Android, kita dapat dengan mudah mensinkronkan data aplikasi yang ditautkan pada akun Google. Aplikasi yang dimaksud tidak hanya aplikasi buatan Google, akan tetapi aplikasi apa pun pada Android biasanya disematkan fitur untuk sinkronisasi.

Contoh lain dari pengalaman FajrInfo adalah pada perangkat laptop. Laptop yang kita gunakan pasti memiliki browser yang dijadikan andalan untuk melakukan aktivitas di internet. Pada browser tersebut biasanya kita memiliki penyimpanan bookmark dan riwayat yang dapat digunakan setiap saat. Nah, apabila bookmark tersebut telah banyak dan agar tidak khawatir kehilangan, alangkah baiknya kita sinkronkan dengan akun Gmail ini.

Browser yang dapat disinkronisasi dengan akun Google bukan hanya Chrome saja sahabat. Akan tetapi browser lainnya juga dapat disinkronisasikan dengan akun Google dan dapat memanfaatkan fitur sebagaimana dijelaskan di atas. Jadi, tunggu apa lagi untuk membuat akun Google ini dan mengambil banyak manfaat yang disediakan pada layanan tersebut.

Baca juga: Cara Menjaga Keamanan Aktivitas Online Ala Google

Demikianlah sekilas tentang pengalaman FajrInfo yang berkenaan dengan fitur sinkronisasi pada akun Google Mail. Dengan satu akun Google, kita dapat membuka banyak layanan milik Google yang berkaitan dengan internet.

Dan sebenarnya masih banyak lagi keunggulan lain yang terdapat pada Gmail namun tidak dapat FajrInfo jelaskan semuanya disini. Tapi dengan penjelasan singkat di atas, cukuplah untuk memberi gambaran bahwa Gmail memang merupakan layanan email terbaik masa kini. Dan bagi kamu yang hendak membuat akun email baru, FajrInfo sangat merekomendasikan untuk menggunakan layanan Google Mail ini dengan masuk ke situs Google Mail dan nikmati beragam kemudahan dan fitur-fiturnya.

Semoga pembahasan tentang Google Mail sebagai layanan email gratis paling bagus dan terbaik pada masa kini ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi sahabat semua, khususnya sahabat yang sengaja meluangkan waktunya untuk membaca artikel pada blog FajrInfo nan sederhana ini.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner