Beberapa Tips Ngeblog Untuk Anak Sekolah Dan Mahasiswa

Hai sobat, apakah kamu seorang blogger yang masih sekolah atau masih duduk di bangku kuliah? Jika benar, maka sangat cocok untuk membaca artikel ini, karena FajrInfo akan memberikan beberapa tips ngeblog untuk anak sekolah dan mahasiswa.

Blogging merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja dengan tanpa mengenal strata pendidikan ataupun profesi. Karena blogging, atau biasa disebut ngeblog dapat dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, dan bahkan anak sekolah.

Beberapa Tips Ngeblog Untuk Anak Sekolah Dan Mahasiswa

Setiap orang yang melakukan aktivitas blogging (disebut; blogger) pasti memiliki tujuan masing-masing yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan karena ingin dikenal, berbagi informasi, tugas dari guru atau dosen, sampai ada juga yang bertujuan untuk memperoleh pendapatan sampingan dari online.

Dengan tujuan yang berbeda-beda tersebut, kiranya seorang blogger dapat melakukannya dengan baik dalam membagi waktu. Sebab, aktivitas ngeblog memang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran. Sehingga para blogger diharapkan untuk dapat memanajemen waktu antara ngeblog dan pekerjaan di dunia nyata. Karena kegiatan di dunia nyata lebih jauh lebih penting dibanding dengan blogging.

Apalagi jika kamu masih berstatus sebagai siswa atau mahasiswa, maka sudah sepantasnya untuk lebih memprioritaskan kegiatan belajar di sekolah atau kampus.

Baca juga: Beberapa Dampak Update Artikel Blog Yang Harus Kamu Ketahui

Jika memang kegiatan ngeblog tidak bisa ditinggalkan begitu saja karena blog yang kamu kelola masih dalam tahap pengembangan, maka alangkah baiknya kamu memahami beberapa tips ngeblog untuk anak sekolah dan mahasiswa yang FajrInfo bagikan ini.

1. Disiplin dalam manajemen waktu

Seorang blogger dari kalangan pelajar dan mahasiswa, perlu penanaman disiplin dalam mengatur waktu kegiatannya. Sehingga aktivitas ngeblog tidak menjadi penghalang dalam kegiatan belajar sehari-hari.

Jadilah seorang blogger yang mampu memanajemen waktu dengan baik, agar proses pendidikan tidak tertinggal dalam meraih prestasi. Jadwalkan dalam keseharian kamu waktu untuk ngeblog! Dengan catatan, bahwa waktu tersebut tidak berbenturan dengan waktu untuk belajar.

Setelah membuat jadwal, jangan sampai waktu belajar kamu gunakan untuk ngeblog atau kegiatan lainnya. Karena belajar merupakan kegiatan paling utama dalam proses kehidupan sehari-hari kamu.

2. Manfaatkan waktu bermain untuk ngeblog

Alternatif yang paling memungkinkan bagi seorang blogger yang masih berstatus siswa atau mahasiswa adalah dengan memanfaatkan waktu bermain untuk ngeblog. Hal ini bertujuan agar waktu belajar tidak terganggu, dan bukankah dengan ngeblog akan memperluas wawasan dan pengetahuan ketimbang kamu bermain keluyuran tidak karuan?

Dengan begitu kamu telah terhindar dari sesuatu yang kurang berguna. Bergaul dan bermain bersama teman memang bukan suatu hal yang buruk. Namun dari pergaulan bersama teman itulah yang biasanya membuahkan hal-hal yang buruk.

Oleh sebab itu, jika kegiatan bermain akan berdampak negatif kepada dirimu lebih baik mencari kegiatan yang lebih memiliki dampak positif untuk pribadimu sendiri. Ingat, masa sekolah adalah proses pencarian jati diri. Jangan terlalu banyak berleha-leha dan terlalu banyak bermain. Perbanyaklah wawasanmu untuk hal-hal yang lebih bermakna dan bermanfaat.

3. Topik artikel dalam blog seputar bahasan anak sekolah atau kuliah

Setiap orang yang mengelola blog, artikel yang dimuat jangan sampai membahas sesuatu yang tidak ia kuasai. Maka buatlah artikel yang isi dan pembahasannya sesuai dengan kemampuan blogger tersebut. Begitu juga dengan seorang blogger yang masih harus menempuh pendidikan.

Bahaslah topik-topik masalah yang berkaitan dengan pelajaran atau pengalaman di sekolah, atau dapat juga memaparkan hasil penelitian dari praktek di kampus. Karena dengan begitu, kamu akan sangat mudah untuk menjelaskan dalam tulisan dan mampu menjawab pertanyaan dikala pengunjung mengomentari artikel kamu. Dan dengan demikian pula, kamu akan membuat artikel yang berkualitas dan terhindar dari perilaku plagiat (copas) dari artikel orang lain.

4. Maksimalkan waktu libur untuk ngeblog

Jika hari libur telah tiba, jangan kamu lewatkan sedikit pun untuk ngeblog. Hari libur sangat baik untuk mencari referensi dan inspirasi sebagai bahasan artikel. Apalagi jika pada hari libur tersebut kamu pergi bertamasya dengan teman atau keluarga, maka akan sangat mudah untuk membuat bahasan artikel mengenai pengalaman liburan tersebut.

Dengan begitu, kamu tidak perlu susah payah mencari bahasan artikel untuk dimuat dalam postingan blog kamu berikutnya. Dan tidak perlu terlalu repot untuk mencari bahan yang belum terpikirkan oleh kita.

5. Berhenti ngeblog disaat ulangan dan ujian

Jika tiba waktunya ulangan atau ujian, jangan sekali-kali melakukan aktivitas ngeblog, sekalipun itu hanya sekedar blogwalking. Fokuslah kepada kegiatan yang akan kamu hadapi dan persiapkan diri untuk belajar agar dapat mengerjakan soal dengan baik dan lancar. Karena, prestasi diperoleh dengan usaha kamu sendiri bukan oleh orang lain. Maka dari itu, jika sedang ada ulangan atau ujian, berhentilah untuk ngeblog dan biarkanlah pikiran kamu fresh untuk memikirkan ujian yang akan kamu hadapi.

Demikian beberapa tips ngeblog untuk anak sekolah dan mahasiswa yang dapat Fajrinfo bagikan. Jadilah seorang blogger yang baik dan bijaksana dalam melakukan segala aktivitas dunia nyata dan dunia maya. Apakah kamu memiliki tips selain yang telah kita bahas di atas sobat?
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

9 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. kalo mahasiswa susah di pembagian waktu gan, apalagi udh semester akhir hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih tergantung orangnya aja gan, kalo pintar memanage waktu pastinya akan ktemu waktu yg tepat untuk ngeblog

      Hapus
  2. Seep ane juga ngeblog masih sekolah kok hehe
    Thanks artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan, semangat terus...
      Makasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  3. Kalo ngeblog menurut saya gak bisa hanya karena penghasilan. Karena itu gak instan dan ujung-ujungnya bosen. Tapi kalo udah menjadi hobi, secara spontan semua waktu luang digunain buat blog. Nice info sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang berbeda tentang menyikapi hal tersebut gan.
      Mantap gan prinsip dan pemikirannya...

      Hapus
  4. Kalo ane sih ujian atau pun gak ujian kalo ngeblog bisa tetep jalan, toh gak ngeganggu proses ujian atau pun proses belajarnya, cuman mungkin sedikit berkuarang aja porsinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia porsi dan intensitas ngeblog harus dikurangi dari biasanya gan...

      Hapus
  5. Dulu waktu saya masih kuliah memang betul mas susah sekali meluangkan waktu untuk ngeblog apalagi untuk menulis. Banyak ide namun males buat nulisnya. Jadwal kuliah yang tidak tentu ditambah dengan tugas kuliah yang mendesak hehehhee

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama