Sunday, October 08, 2017

Fitur Mantap Google Chrome Android Yang Jarang Digunakan

Fitur Mantap Google Chrome Android Yang Jarang Digunakan

Hai sobat Fajrinfo, apakah kamu termasuk pengguna aktif browser Google Chrome pada ponsel Android? Jika benar, apakah kamu tahu beberapa fitur mantap pada Google Chrome untuk Android yang jarang digunakan?

Google Chrome merupakan salah satu aplikasi browser Android terbaik dengan tampilan sederhana tapi cepat. Jadi tidak heran jika aplikasi buatan raksasa internet Google ini dijagokan oleh para user ponsel pintar Android.

Kekurangan yang dimiliki Google Chrome untuk Android yang sering dikeluhkan para pengguna adalah dari segi memori. Sebab ketika digunakan untuk berselancar di internet, aplikasi ini cukup memakan banyak memori RAM di ponsel. Hingga akhirnya banyak para pengguna smartphone Android dengan kapasitas RAM terbatas memiliki memiliki lebih dari satu browser sebagai alternatif pada perangkatnya.

Akan tetapi di balik itu semua, terdapat beberapa fitur pada Chrome untuk Android yang jarang sekali diketahui oleh penggunanya. Bisa saja fitur tersebut dapat menjadi alasan bagi pengguna untuk tetap memakai Google Chrome untuk Android sebagai aplikasi browser utamanya.

Baca juga: Mengapa Username Lebih Mudah Diingat Dari Pada Password?

Setidaknya terdapat beberapa fitur rahasia yang ada pada aplikasi Google Chrome untuk Android. Apa sajakah fitur rahasia tersebut? Berikut ini Fajrinfo akan sedikit membuka fitur rahasia yang dimiliki oleh Google Chrome untuk Android.

1. Geser Kanan Untuk Memindahkan Tab

Untuk berpindah dari satu tab ke tab lainnya mungkin para pengguna tahunya harus di klik satu per satu, namun untuk hal ini tidak demikian bagi Google Chrome untuk Android.

Jika kamu amati, Google Chrome pada desktop dapat membuka puluhan tab banyaknya, dan untuk berpindah ke setiap tab kita cukup dengan hanya mengklik tab yang diinginkan. Akan tetapi Google Chrome pada Android jika kita harus mengklik tab satu per satu untuk berpindah-pindah, tentu akan sangat merepotkan kita sebagai pengguna.

Mengapa demikian? Sebab tampilan layar pada ponsel Android memiliki ukuran yang keciln dibanding desktop atau komputer.

Nah, maka dari itu rahasia yang jarang diketahui pengguna Chrome untuk Android ini adalah kita dapat berpindah tab halaman internet satu ke lainnya cukup dengan menggesekannya ke kanan. Dengan cara ini, tidak perlu menyita banyak waktu karena harus klik yang ini itu.

2. Akses Penuh Ke Google Flags

Google Flags merupakan fitur yang benar-benar rahasia pada Google Chrome. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Google Chrome untuk Android dapat memaksimalkan kinerja browser Chrome agar memiliki kinerja yang lebih ekstra cepat dan ringan dari pengaturan bawaannya.

Namun fitur ini hanya dapat digunakan oleh para pengguna Google Chrome yang sudah profesional dan mengetahui setiap fungsi fitur browser dalam setiap pengaturannya. Sebenarnya Google Flags dapat dengan mudah kita akses melalui address bar lalu ketikkan chrome://flags kemudian enter, setelah itu akan muncul tampilan Google Flags.

Pengaturan Google Flags seyogyanya diperuntukkan bagi para pengembang agar dapat mencoba dan menggunakan Chrome dengan performa maksimal. Akan tetapi kamu juga dapat melakukan personalisasi pengaturan pada Google Flags yang standar, seperti penyesuaian agar skrol lebih halus, mengubah tempat penyimpanan hasil download Google Chrome, dan lainnya.

3. Fitur Sinkronisasi

Sinkronisasi adalah fitur yang terdapat pada browser Google Chrome, baik pada desktop maupun Android. Sinkronisasi berfungsi untuk menyimpan hasil penjelajahan kita diinternet, bookmark atau penanda, bahkan bisa juga menyimpan username dan password suatu akun.

Baca juga: Upgrade Galaxy Ace 3 Menjadi Android Marsmallow

Sinkronisasi secara otomatis akan dilakukan oleh Google Chrome jika kita sudah masuk ke akun Google (Gmail) pada menu pengaturan atau setelan. Jika sebelumnya kamu telah mensinkronkan Chrome pada komputer atau laptop, maka ketika kamu memasukkan akun Google pada pengaturan sinkronisasi Chrome untuk Android secara otomatis semua data akan tersinkronisasi pula dengan Chrome di Android.

4. Dapat Menghemat Kuota Internet

Sudah menjadi rahasia umum kiranya bahwa kehabisan kuota internet merupakan momok yang paling menakutkan dan menyedihkan bagi kita yang aktif dalam mengakses internet. Sehari tanpa kuota internet, bisa jadi kegiatan yang kita lakukan akan terasa hampa.

Namun jangan gundah dan gusar dulu sobat Fajrinfo. Karena salah satu fitur yang tersemat pada aplikasi Google Chrome adalah kemampuan untuk menghemat data internet.

Fitur penghemat data ini dapat dengan mudah kamu aktifkan pada menu Setelan. Setelah itu, kamu dapat sedikit lega dan tenang ketika berselancar di dunia internet tanpa harus khawatir akan banyak kehilangan kuota internet yang kamu miliki.

5. Permainan Dinosaurus

Jaringan internet operator sobat sedang mengalami gangguan, padahal lagi tidak ada kerjaan? Jangan bete dulu ya sobat, karena fitur offline yang ada pada Google Chrome ini dapat sedikit menghibur kamu, yaitu melakukan permainan Dinosaurus.

Bagaimana cara menggunakan fitur permainan Dinosaurus ini?

Dalam keadaan offline (tidak terkoneksi internet), coba akses sebuah alamat internet apapun lalu setelah diakses akan muncul peringatan bahwa kamu sedang offline. Nah, di atas peringatan tersebut ada sebuah gambar Dinosaurus, silahkan sentuh gambar tersebut maka Dinosaurus akan berlari melewati pohon Kaktus. Tugas kamu dalam permainan ini adalah melompati Pohon Kaktus dan jangan sampai tersentuh oleh Dinosaurus. Cukup seru bukan.

Itulah beberapa fitur mantap pada Google Chrome untuk Android yang sangat jarang digunakan. Apakah di antara sobat ada yang mengetahui fitur mantap lainnya yang belum tertulis pada artikel ini?
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner