Mengapa Username Lebih Mudah Diingat Daripada Password?

Hai sobat FajrInfo semua, apakah kamu pernah mengalami lupa password tatkala masuk ke suatu akun? Tahukah kamu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Untuk mengetahui jawabannya, kali ini FajrInfo membagikan artikel tentang hal tersebut yang berjudul mengapa username lebih mudah diingat dari pada password.


Mengapa Username Lebih Mudah Diingat Daripada Password?

Username adalah nama pengguna yang digunakan untuk masuk pada suatu akun media sosial atau email. Sedangkan password adalah kata sandi yang menyertai username sebagai kombinasi keamanan agar tidak sembarang orang dapat mengakses akun tersebut.

Dengan merebaknya layanan media sosial, dapat dipastikan kamu semua yang membaca artikel ini memiliki akun pada sebuah situs penyedia layanan media sosial, email, ataupun layanan lainnya.

Apalagi media sosial sudah sangat mainstream bagi setiap orang untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga tidak sedikit seorang pengguna yang memiliki akun media sosial lebih dari satu. Bahkan besar kemungkinan kamu juga memiliki akun di berbagai penyedia layanan media sosial atau email.

Oleh sebab itu, pasti ada saatnya dimana kamu lupa terhadap password dari akun yang kamu miliki tersebut. Yang menjadi pertanyaan, mengapa sering kali kita mudah lupa pada password sedangkan username selalu kita ingat?

Username dibuat oleh kebanyakan orang menggunakan nama yang menunjukkan identitas pribadi, julukan, tokoh idola atau perusahaan. Biasanya nama-nama tersebut sifatnya tidak begitu sensitif dan rumit. Dengan demikian username sangat mudah diingat oleh pemilik akun tersebut.

Berbeda dengan password yang sering sulit untuk mengingatnya. Hal tersebut disebabkan oleh sifat password yang sangat sensitif. Artinya password hanya dapat diketahui oleh pengguna dan huruf serta karakter pada password dibentuk dengan kombinasi yang rumit dengan tujuan agar tidak mudak diakses orang yang tidak bertanggungjawab.

Password tidak boleh dibuat menggunakan nama yang menunjukkan identitas pribadi, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah dan lain sebagainya. Bahkan pada beberapa penyedia akun mewajibkan kepada para penggunanya untuk memakai kombinasi angka dan karakter sebagai tindakan preventif bagi penggunanya.

Berangkat dari sinilah kebanyakan dari para pengguna mengalami lupa pada passwordnya. Karena password yang mereka buat terbentuk dari kombinasi huruf, angka dan karakter, menyebabkan password tersebut sulit diingat, apalagi jika sudah lama tidak mengaksesnya.
Lalu adakah cara khusus untuk mengatasi lupa username dan password? Jawabannya pasti ada.

Ketika kamu membuat suatu akun, buatlah dengan mengisikan identitas yang selengkap mungkin dan mengisikan nomor kontak atau email yang dapat dihubungi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Adapun berkenaan dengan privasi pada suatu media sosial, kamu dapat menyembunyikan identitas yang sekiranya bukan untuk konsumsi orang banyak. Contohnya seperti pada Facebook terdapat pilihan agar kontak dapat ditampilkan “hanya saya”, artinya hanya pemilik akun yang dapat melihatnya.

Jika dalam pendaftaran kamu memasukkan kontak pribadi, maka ketika mengalami lupa password, kamu bisa meminta bantuan pada penyedia layanan untuk mengirimkan link atau kode pada kontak kita tersebut, untuk mengkonfirmasi bahwa akun itu adalah benar-benar milik kita. Setelah itu, akun kamu akan dapat diakses kembali dengan memasukkan password baru terlebih dahulu.

FajrInfo sangat menekankan kepada kamu untuk tidak menyepelekan dalam pembuatan password. Buatlah password serumit mungkin, dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan karakter untuk menjaga keamanannya. Dan ingat, jangan pernah menggunakan nama pribadi atau keluarga, dan jangan pula mengkombinasikannya dengan tanggal lahir kamu.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini FajrInfo akan sekalian membagikan trik yang cukup gampang untuk memperoleh password yang berbeda-beda meskipun kamu memiliki banyak akun. Cara ini dapat mengantisipasi kelupaan password, karena cara yang akan FajrInfo bagikan ini akan memudahkan kita untuk mengingat password dan tetap menjaga keamanan akun yang kamu miliki.

1. Membuat Password Yang Rumit Dan Unik

Ketika kamu berencana untuk membuat password, pertimbangkanlah tentang penggunaan dan keamanannya. Dengan maksud, agar dalam pembuatan password tidak sembarangan. Buatlah password yang rumit dan unik. Karena password yang demikian akan lebih kuat dari tindak kejahatan internet.

Membuat password yang rumit dan unik harus yang mudah dihafal juga. Agar tidak kejadian lupa password tidak terulang kembali. Misalnya saja dalam pembuatan password, awali dengan membagi akun menjadi beberapa kategori, seperti halnya akun jejaring sosial, akun online shop, akun email, akun perbankan, atau akun forum tertentu.

Setelah itu, kita bisa mengambil suatu kata dari kategori tersebut, tujuannya adalah untuk pengingat. Ingat, ini hanyalah contoh ya sobat. Kamu bisa mengkombinasikan dengan sesuatu yang berbeda pada bagian ini.

Kemudian dari masing-masing akun yang telah dikategorikan itu kita dapat menambahkan daftar akun sebagaimana biasanya kamu masuk pada akun tersebut. Misalnya, apabila kamu mempunyai akun Gmail, Outlook, dan Yahoo, lalu tambahkan nama penyedia akun itu di bawah masing-masing kategori akun email. Setelah itu, kamu selesai dan siap untuk memulai pembuatan password yang rumit dan unik, namun mudah untuk diingat.

2. Buat Kombinasi Password Yang Kuat

Password yang kuat standarnya yaitu memiliki 14 karakter. Apabila password yang memiliki karakter kurang dari jumlah tersebut sangat rentan terhadap tindak kejahatan internet. Dan apabila pada suatu situs penyedia layanan akun tidak memperkenankan untuk menggunakan password yang sangat panjang, kamu dapat menyesuaikan dengan perintah yang dianjurkan.

Disaat kamu akan memakai password dengan 14 karakter, gunakanlah 8 karakter pertama untuk dijadikan bagian umum pada setiap akun password, lalu 3 karakter dapat diambil disesuaikan dengan kategori, selebihnya kamu sesuaikan dengan ciri khas penyedia layanan akun yang digunakan. Apabila cara ini kamu terapkan dengan baik, maka kamu telah memiliki password yang berbeda, rumit dan unik.

Jika dipetakan, password yang kamu miliki pada setiap akunnya dapat diilustrasikan sebagai berikut; bagian umum (8) - kategori (3) - penyedia layanan (3).

Hal tersebut dapat dijadikan pedoman kita dalam mengingat password yang berbeda-beda pada setiap akun dengan sangat mudah. Dari cara mengkombinasikan karakter di atas, kamu dapat berimprovisasi dengan menyertakan simbol dan nomor pada setiap passwordnya.

Cara yang FajrInfo bagikan ini hanyalah sekedar opsional dalam pembuatan password, sedangkan keputusan dalam menentukan password itu merupakan hak kamu sobat. Karena yang paling utama adalah menjaga semua data yang kamu miliki pada setiap situs penyedia akun agar tetap aman tanpa masalah. Dan FajrInfo menyarankan agar kamu tidak menggunakan password yang sama pada setiap akun yang kamu miliki walaupun akun tersebut ada pada situs penyedia layanan yang berbeda.

Begitulah yang dapat FajrInfo sampaikan mengenai artikel yang berjudul mengapa username lebih mudah diingat dari pada password ini. Semoga dengan apa yang disampaikan tersebut, akan berbuah manfaat bagi pembacanya. Sebelum mengakiri, FajrInfo memiliki satu pertanyaan buat kamu sobat. Bagaimanakah cara kamu ketika mengalami lupa password?
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner