Thursday, November 02, 2017

Cara Mengatasi Masalah Widows Store Pada Perangkat Windows 10

Cara Mengatasi Masalah Widows Store Pada Perangkat Windows 10

Hai sobat Fajrinfo, selamat menjalankan aktivitas. Jika di antara kamu termasuk pengguna sistem operasi Windows 10, maka sudah tentu pernah mengalami beberapa masalah yang menjadi kendala dalam penggunaannya.

Dalam hal ini, Fajrinfo membahas tentang masalah yang terjadi pada aplikasi Windows Store (Bursa; dalam bahasa Indonesia) dengan artikel cara mengatasi masalah Windows Store pada perangkat Windows 10.

Yaitu saat aplikasi Windows Store ini dibuka, yang nampak hanyalah tampilan blank putih lalu tertutup dengan sendirinya setelah menunggu beberapa saat.

Mungkin di antara sobat Fajrinfo pengguna Windows 10 kadang kala mengalami masalah serupa. Apalagi jika perangkat komputer atau laptop yang dipasang Windows 10 memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Sehingga masalah force close pada Windows Store ini sudah menjadi fenomena tersendiri baginya.

Mungkin masalah yang terjadi pada Windows Store ini terlihat sepele. Namun, tatkala aplikasi Windows Store tersebut sedang benar-benar dibutuhkan, sebagai pengguna tentu kita akan merasa sangat terganggu mengingat aplikasi tersebut merupakan gerbang untuk mend0wnl0ad aplikasi atau game yang dibutuhkan untuk Windows 10.

Baca juga: Cara Menambahkan Shortcut Folder Sebelah Kiri Start Menu Windows 10

Pada kesempatan ini, Fajrinfo ingin sedikit membantu sobat yang mengalami masalah Windows Store force close tersebut.

Silahkan lakukan langkah-langkah yang sekiranya mudah diterapkan dalam mengatasinya. Kamu juga dapat mencoba satu per satu jika langkah yang sudah diterapkan tidak dapat mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah pada Windows Store yang force close. Pilih salah satunya saja dimulai dari yang paling mudah terlebih dahulu.

1. Cek Melalui Windows Update System

A. Langkah pertama, klik Start Menu Windows 10 lalu ketik troubleshooting.

B. Pada pilihan menu System and Security, silahkan klik pilihan Fix problems with Windows Update.

C. Kemudian ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk yang muncul.

D. Setelah selesai, kamu bisa mencoba untuk membuka aplikasi Windows Update kembali. Apabila dirasa belum ada perubahan apapun, silahkan kamu coba metode lainnya.

2. Reset Semua Cache Pada Windows Store Melalui Command Prompt

A. Buka program Command Prompt dengan mengaksesnya pada Start Menu > Windows System > Command Prompt. Klik kanan lalu Run as administrator.

Atau kamu juga bisa menggunakan Windows PowerShell dengan mengklik kanan pada ikon Start Menu lalu pilih Windows PowerShell (Admin).

B. Setelah itu, ketik perintah WSReset.exe pada Command Prompt atau Windows PowerShell lalu tekan ENTER. Apabila terdapat pesan error atau kesalahan, berarti Command Prompt yang kamu akses tidak dibuka dengan Run as administrator. Silahkan ulangi kembali langkah nomor satu di atas dengan teliti.

C. Ketika sudah selesai, silahkan buka aplikasi Windows Store untuk mencobanya kembali. Jika masalah Windows Store blank dan force close tersebut belum juga teratasi, maka coba terapkan metode penyelesaian yang ketiga.

3. Register ulang Windows Store melalui program Windows PowerShell

A. Pada metode ketiga ini, masih tetap menggunakan program Command Prompt atau bisa juga Windows PowerShell. Apabila program tersebut sudah terlanjur diclose, maka bukalah program itu kembali sebagaimana langkah poin A pada metode kedua.

Baca juga: Cara Mengatasi Disk Usage 100% Yang Membuat Lambat Windows 10

B. Setelah itu, masukkan perintah di bawah ini pada program Command Prompt atau Windows PowerShell.

powershell -ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $Env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.xml

C. Apabila dalam proses register Windows Store berhasil, lalu ketikkan Exit pada Command Prompt untuk keluar.

D. Kemudian kamu tinggal mencoba kembali aplikasi Windows Store pada perangkat Windows 10 yang kamu miliki.

Beberapa metode untuk mengatasi masalah Windows Store pada perangkat Windows 10 di atas merupakan cara penyelesaian yang sudah biasa digunakan oleh para pengguna Windows 10. Untuk penerapannya, silahkan sesuaikan dengan perangkat dan versi Windows 10 yang kamu miliki.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner