Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10 - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Metode pencadangan dengan image backup adalah cara terbaik dan satu-satunya jalan keluar untuk mencadangkan instalasi Windows 10 kamu dengan benar. Ini adalah jenis cadangan yang perlu kamu gunakan jika ingin mencadangkan penginstalan Windows 10 dengan memasukkan program, aplikasi, dan juga pengaturan favorit sesuai kebutuhan kamu.

Pada pencarian internet menunjukkan bahwa ada banyak aplikasi yang dapat membantu kamu membuat dan mengembalikan cadangan system image backup Windows 10. Misalnya, Macrium Reflect Free, dan Acronis True Image (berbayar) yang banyak digunakan untuk membuat dan memulihkan cadangan system image Windows 10.

Windows 10 memiliki alat bawaan untuk melakukan cadangan system image. Meskipun alat ini masih belum diperbarui sejak diperkenalkan pertama kali pada Windows 7 selama satu dekade yang lalu, namun itu adalah bagian dari Windows 10 dan masih bisa melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Jadi, dalam panduan ini, kita akan mengetahui cara menggunakan utilitas pencadangan system image backup bawaan untuk membuat cadangan system image Windows 10.

Apa itu cadangan system image? Nah, dengan kata-kata Microsoft sendiri, ini adalah salinan drive yang diperlukan oleh Windows untuk dijalankan. Cadangan ini mencakup semua partisi dan file yang diperlukan untuk memulihkan sistem Windows 10.

Baca juga: Awas, Ada Iklan Yang Bisa Menyedot Kuota Dan Baterai Android

Membuat Backup Windows 10 System Image


Langkah 1: Buka Control Panel. Ubah tampilan View by: ke Small icons. Lalu klik pada opsi Backup and Restore (Windows 7). Ya, dalam hal ini kamu harus mengklik Backup and Restore (Windows 7).

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Langkah 2: Di panel kiri, klik link Create a system image untuk membuka panduan cadangan system image backup.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Langkah 3: Disini, pilih lokasi penyimpanan untuk menyimpan cadangan system image. Ingatlah bahwa alat ini tidak akan membiarkan kamu memilih drive / partisi yang yang sama dengan yang pernah kamu buat cadangannya.

Artinya, drive Windows 10 tidak boleh berada pada drive fisik yang sama (HDD atau SSD) yang kamu pilih untuk menyimpan cadangan system image. Jika kamu hanya memiliki satu disk fisik, maka sambungkan drive USB, lalu pilih penyimapanan yang sama.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Pastikan lokasi penyimpanan yang kamu pilih memiliki ruang kosong yang cukup. Cadangan system image akan mengambil ukuran sistem saat ini dari drive penginstalan Windows 10 kecuali jika kamu hendak memasukkan drive tambahan dalam cadangan.

Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

Langkah 4: Pada langkah ini, kamu harus memilih drive yang ingin disertakan dalam cadangan system image. Perhatikan bahwa alat ini secara otomatis memilih drive yang diperlukan untuk menjalankan Windows 10.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang drive apa yang akan disertakan dalam cadangan. Jika kamu membuat cadangan system image Windows 10, tidak perlu memilih drive tambahan selain yang dipilih secara default.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Pada langkah ini, alat akan menampilkan jumlah ruang kosong yang diperlukan untuk menyimpan cadangan system image dari drive yang dipilih. Pastikan drive cadangan yang dipilih memiliki jumlah ruang kosong yang diperlukan sebelum melanjutkan.

Klik pada tombol Next jika sudah yakin dengan pilihan kamu.

Baca juga: Koneksi Internet WiFi Kamu Lambat? Coba Terapkan Cara Ini!

Langkah 5: Kamu akan mendapatkan tampilan konfirmasi Confirm your backup settings, termasuk drive yang disertakan dalam cadangan. Klik tombol Start backup untuk mulai membuat dan mentransfer cadangan system image Windows 10 ke lokasi penyimpanan yang dipilih.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Windows 10 akan membuat sebuah folder yang bernama WindowsImageBackup pada drive yang terpilih dan menyimpan cadangan system image (VHDX) disana.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Bergantung pada ukuran data, proses mungkin memakan waktu hingga beberapa jam. Jangan matikan komputer sampai proses pencadangan system image selesai.

Setelah cadangan system image siap, alat ini akan menawarkan kamu opsi untuk membuat disk perbaikan system. Klik tombol No. Jika kamu ingin membuatnya, lihat panduan kami tentang cara membuat panduan perbaikan drive USB untuk petunjuk arah.

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Cara Bikin Cadangan System Image Backup Windows 10

Demikian yang bisa Fajrinfo sampaikan terkait pembahasan kita tentang cara membuat cadangan system image pada perangkat Windows 10 ini. Semoga bisa bermanfaat dan kamu dapat dengan mudah untuk menerapkannya.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK