Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Driver perangkat komputer atau laptop adalah yang paling penting dari semua hal yang berkaitan dengan upgrade sistem Windows. Jika perusahaan OEM gagal meluncurkan versi driver yang kompatibel, maka perangkat Anda akan berakhir dengan segala macam masalah. Sebab terkadang perusahaan OEM menghapus versi yang lama, dan kecuali Anda mempunyai file salinannya, jika tidak, maka Anda tidak bisa melakukan apapun.

Salah satu strategi terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menyimpan cadangan driver lama. Jadi jika Anda harus menginstal ulang atau merestore sistem komputer milikmu, maka nantinya Anda bisa menggunakannya kembali.

Dalam postingan ini, kami berbagi daftar software untuk mem-Backup dan me-Restore Driver gratis yang dapat membantu Anda dalam membuat cadangan & pemulihan driver perangkat pada komputer Windows 10 / Windows 8 / Windows 7 Anda.

Software Gratis Untuk Backup & Restore Driver


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Posting kali ini Fajrinfo akan menunjukkan tentang bagaimana untuk melakukan Backup dan Restore Driver di Windows 10. Anda juga dapat menggunakan Device Manager bawaan untuk mengelola, membuat cadangan dan memulihkan Driver Anda. Lalu ada juga freeware seperti Driver Fusion dan Free Driver Backup yang dapat membantu Anda dengan mudah membuat cadangan dan pemulihan driver sistem.

Berikut ini adalah daftar software gratis yang berfungsi untuk membackup dan merestore driver sistem Windows yang kami sarankan:

1. DriverBackup
2. Free Driver Backup
3. Double Driver
4. Backup Windows Drivers using PowerShell
5. Device Manager Backup

Meskipun ada banyak software untuk membuat cadangan dan pemulihan driver yang gratis, kami telah melewatkan beberapa tahap pengujian terkait kinerja dan kemampuan software-software tersebut.

1] DriverBackup

Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

DriverBackup adalah salah satu software pembuat cadangan terbaik yang tersedia saat ini, yang menawarkan filter seperti Portabilitas, Tanda Tangan Digital, Pihak Ketiga, dan juga OEM. Aplikasi tersebut membuat proses seleksi jadi tidak terlalu memakan banyak waktu.

Setelah membuat cadangan, software akan menghasilkan file autorun untuk melakukan restore driver sistem yang telah dibuat. Aplikasi itu juga dapat mengenali perangkat yang tidak dikenal dari daftar. Mereka yang ingin geek out, Anda mempunyai saklar baris perintah dengan pembangun baris perintah yang terintegrasi.

2] Free Driver Backup

Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Setelah menginstal Free Driver Backup, klik tombol Scan untuk mulai menemukan semua driver yang terinstal pada komputer Windows 10. Klik pada menu Update, dan kemudian Anda bisa memilih untuk mendukung semua, direkomendasikan, atau hanya driver yang dipilih saja. Namun sayangnya, software tidak dapat melakukan pemulihan driver sistem komputer Anda.

3] Double Driver

Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Double Driver adalah software portabel untuk membuat cadangan dan pemulihan driver komputer atau laptop. Setelah membuka aplikasi ini, klik pada tulisan Backup, dan kemudian scan komputer Anda untuk mengetahui driver yang telah terinstal. Kemudian pilih driver yang Anda butuhkan untuk membuat cadangan, lokasi, dan jenis pencadangan. Jika ingin mengambil dan menyimpan cadangan produsen OEM pihak ketiga saja, klik dan pilih pada tombol Non-Microsoft.

Dengan begitu, proses pencadangan driver akan dimulai. Demikian pula, ketika Anda ingin merestore / mengembalikan driver, Anda bisa mengklik Restore, lalu arahkan ke folder tempat Anda menyimpan file cadangan. Aplikasi ini akan secara otomatis mengidentifikasi cadangan dan menginstal ulang driver pada Windows 10 Anda.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memindai komputer lain di jaringan, dan jika akun Anda memiliki hak istimewa yang cukup (administrator), maka dapat membuat pencadangan dan pemulihan semua driver dari komputer yang ada dalam jaringan. Anda juga bisa cetak dan simpan daftar driver dalam file teks. Download Double Driver dari Softpedia.

4] Backup Windows Drivers using PowerShell

Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Sebagian besar software menggunakan perintah bawaan Windows untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tentu saja, tampilan antarmuka pengguna adalah masalahnya jika menggunakan bawaan Windows.

Tapi jika Anda suka menggunakan Windows PowerShell, Anda bisa membuat cadangan driver Windows dengan menggunakan Windows PowerShell. Microsoft memberikan perintah one-line untuk pencadangan (backup) dan pemulihan. Perintah pertama untuk membuat cadangan driver, sedangkan yang kedua untuk menginstalnya.

Export-WindowsDriver -Path C:\Windows -Destination E:\DriverBackup

Dism /online /export-driver /destination:"E:\DriverBackup"

Dism /online /Add-Driver /Driver::\DriverBackup /Recurse

Jika Anda tidak ingin mengembalikan (restore) semua driver yang telah dibackup, Anda bisa menggunakan fitur Device Manager untuk menginstal driver dari folder cadangan secara manual.

5] Device Manager Restore and Backup

Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Terakhir, jika Anda tidak sedang mencari software apapun, Anda bisa menggunakan Device Manager untuk memulihkan driver secara manual. Mungkin ini akan menjadi sebuah proses yang panjang, tapi jika hanya ada beberapa driver, maka proses ini mungkin tidak akan terlalu lama. Sebab Device Manager tidak memberikan solusi pencadangan, satu-satunya jalan keluar adalah dengan menyalinnya secara manual.

Salin folder berikut ke lokasi yang berbeda. Jika Anda telah menginstal ulang Windows, Anda bisa menggunakan Device Manager untuk mengambil drive dari folder cadangan.

- c:\windows\system32\Drivers
- c:\windows\system32\DriverStore
- c:\windows\inf


Jika tidak berhasil, Anda masih bisa menggunakan layanan Windows Update untuk menemukan driver yang kompatibel dengan komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Disarankan untuk menyimpan salinan cadangan dari installer, yang berfungsi paling baik ketika Anda perlu menginstal versi driver yang berfungsi. Terkadang, Windows Update juga dapat merusak driver perangkat, sehingga disitulah versi lama jadi berguna.

Saya harap daftar software Backup & Restore Driver gratis untuk Windows 10 ini bermanfaat untuk Anda. Pastikan selalu untuk membuat System Restore Point, dan ambil cadangan driver sehingga Anda dapat mengembalikannya jika Windows merusaknya.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama