Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10 Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10 - Fajrinfo
Driver perangkat komputer atau laptop adalah yang paling penting dari semua hal yang berkaitan dengan upgrade sistem Windows. Jika perusahaan OEM gagal meluncurkan versi driver yang kompatibel, maka perangkat kamu akan berakhir dengan segala macam masalah. Sebab terkadang perusahaan OEM menghapus versi yang lama, dan kecuali kamu mempunyai file salinannya, jika tidak, maka kamu tidak bisa melakukan apapun.

Salah satu strategi terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menyimpan cadangan driver lama. Jadi jika kamu harus menginstal ulang atau merestore sistem komputer milikmu, maka nantinya kamu bisa menggunakannya kembali.

Dalam postingan ini, kami berbagi daftar software untuk mem-Backup dan me-Restore Driver gratis yang dapat membantu kamu dalam membuat cadangan & pemulihan driver perangkat pada komputer Windows 10 / Windows 8 / Windows 7 kamu.

Software Gratis Untuk Backup & Restore Driver


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Posting kali ini Fajrinfo akan menunjukkan tentang bagaimana untuk melakukan Backup dan Restore Driver di Windows 10. Kamu juga dapat menggunakan Device Manager bawaan untuk mengelola, membuat cadangan dan memulihkan Driver kamu. Lalu ada juga freeware seperti Driver Fusion dan Free Driver Backup yang dapat membantu kamu dengan mudah membuat cadangan dan pemulihan driver sistem.

Baca juga: Cara Paling Mudah Menggunakan Aplikasi Video Editor Di Windows 10

Berikut ini adalah daftar software gratis yang berfungsi untuk membackup dan merestore driver sistem Windows yang kami sarankan:

1. DriverBackup
2. Free Driver Backup
3. Double Driver
4. Backup Windows Drivers using PowerShell
5. Device Manager Backup

Meskipun ada banyak software untuk membuat cadangan dan pemulihan driver yang gratis, kami telah melewatkan beberapa tahap pengujian terkait kinerja dan kemampuan software-software tersebut.

1] DriverBackup


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

DriverBackup adalah salah satu software pembuat cadangan terbaik yang tersedia saat ini, yang menawarkan filter seperti Portabilitas, Tanda Tangan Digital, Pihak Ketiga, dan juga OEM. Aplikasi tersebut membuat proses seleksi jadi tidak terlalu memakan banyak waktu.

Setelah membuat cadangan, software akan menghasilkan file autorun untuk melakukan restore driver sistem yang telah dibuat. Aplikasi itu juga dapat mengenali perangkat yang tidak dikenal dari daftar. Mereka yang ingin geek out, kamu mempunyai saklar baris perintah dengan pembangun baris perintah yang terintegrasi.

2] Free Driver Backup


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Setelah menginstal Free Driver Backup, klik tombol Scan untuk mulai menemukan semua driver yang terinstal pada komputer Windows 10. Klik pada menu Update, dan kemudian kamu bisa memilih untuk mendukung semua, direkomendasikan, atau hanya driver yang dipilih saja. Namun sayangnya, software tidak dapat melakukan pemulihan driver sistem komputer kamu.

3] Double Driver


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Double Driver adalah software portabel untuk membuat cadangan dan pemulihan driver komputer atau laptop. Setelah membuka aplikasi ini, klik pada tulisan Backup, dan kemudian scan komputer kamu untuk mengetahui driver yang telah terinstal. Kemudian pilih driver yang kamu butuhkan untuk membuat cadangan, lokasi, dan jenis pencadangan. Jika ingin mengambil dan menyimpan cadangan produsen OEM pihak ketiga saja, klik dan pilih pada tombol Non-Microsoft.

Dengan begitu, proses pencadangan driver akan dimulai. Demikian pula, ketika kamu ingin merestore / mengembalikan driver, kamu bisa mengklik Restore, lalu arahkan ke folder tempat kamu menyimpan file cadangan. Aplikasi ini akan secara otomatis mengidentifikasi cadangan dan menginstal ulang driver pada Windows 10 kamu.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk memindai komputer lain di jaringan, dan jika akun kamu memiliki hak istimewa yang cukup (administrator), maka dapat membuat pencadangan dan pemulihan semua driver dari komputer yang ada dalam jaringan. Kamu juga bisa cetak dan simpan daftar driver dalam file teks. Download Double Driver dari Softpedia.

4] Backup Windows Drivers using PowerShell


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Sebagian besar software menggunakan perintah bawaan Windows untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tentu saja, tampilan antarmuka pengguna adalah masalahnya jika menggunakan bawaan Windows.

Tapi jika kamu suka menggunakan Windows PowerShell, kamu bisa membuat cadangan driver Windows dengan menggunakan Windows PowerShell. Microsoft memberikan perintah one-line untuk pencadangan (backup) dan pemulihan. Perintah pertama untuk membuat cadangan driver, sedangkan yang kedua untuk menginstalnya.

Export-WindowsDriver -Path C:\Windows -Destination E:\DriverBackup

Dism /online /export-driver /destination:"E:\DriverBackup"

Dism /online /Add-Driver /Driver::\DriverBackup /Recurse

Jika kamu tidak ingin mengembalikan (restore) semua driver yang telah dibackup, kamu bisa menggunakan fitur Device Manager untuk menginstal driver dari folder cadangan secara manual.

5] Device Manager Restore and Backup


Software Backup Dan Restore Driver Gratis Untuk Windows 10

Terakhir, jika kamu tidak sedang mencari software apapun, kamu bisa menggunakan Device Manager untuk memulihkan driver secara manual. Mungkin ini akan menjadi sebuah proses yang panjang, tapi jika hanya ada beberapa driver, maka proses ini mungkin tidak akan terlalu lama. Sebab Device Manager tidak memberikan solusi pencadangan, satu-satunya jalan keluar adalah dengan menyalinnya secara manual.

Baca juga: Cara Singkat Memblokir Situs Web Dewasa Di Laptop Windows 10

Salin folder berikut ke lokasi yang berbeda. Jika kamu telah menginstal ulang Windows, kamu bisa menggunakan Device Manager untuk mengambil drive dari folder cadangan.

- c:\windows\system32\Drivers
- c:\windows\system32\DriverStore
- c:\windows\inf


Jika tidak berhasil, kamu masih bisa menggunakan layanan Windows Update untuk menemukan driver yang kompatibel dengan komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Disarankan untuk menyimpan salinan cadangan dari installer, yang berfungsi paling baik ketika kamu perlu menginstal versi driver yang berfungsi. Terkadang, Windows Update juga dapat merusak driver perangkat, sehingga disitulah versi lama jadi berguna.

Saya harap daftar software Backup & Restore Driver gratis untuk Windows 10 ini bermanfaat untuk kamu. Pastikan selalu untuk membuat System Restore Point, dan ambil cadangan driver sehingga kamu dapat mengembalikannya jika Windows merusaknya.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama