Cara Mendapatkan Microsoft Office Secara Gratis

Untuk mengakses aplikasi office gratis melalui web browser ini, kamu cukup membuka laman Office.com lalu masuk dengan akun Microsoft kamu (jika belum
Harga lisensi asli dan resmi Microsoft Office biasanya mulai dari $70 per tahun, akan tetapi ada beberapa cara untuk mendapatkannya secara gratis. Kali ini Fajrinfo.com akan menunjukkan ke kamu tentang berbagai cara agar bisa mendapatkan program Word, Excel, PowerPoint, dan aplikasi Office lainnya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Gunakan Office Online di Browser, Gratis!

cara microsoft office gratis

Apakah kamu menggunakan komputer / laptop Windows 10, Mac, atau Chromebook? Nah sobat Fajrinfo, kamu semua bisa menggunakan Microsoft Office secara gratis melalui web browser. Versi Office berbasis web ini telah disederhanakan dan tidak dapat berfungsi secara offline, namun layanan office online ini mampu memberikan pengalaman pengeditan yang hebat. Kamu bisa membuka dan membuat dokumen Word, Excel, dan PowerPoint melalui browser internet apapun.

Untuk mengakses aplikasi office gratis melalui web browser ini, kamu cukup membuka laman Office.com lalu masuk dengan akun Microsoft kamu (jika belum punya, daftar secara gratis). Klik ikon aplikasi — misalnya Word, Excel, atau PowerPoint — untuk membuka versi web aplikasi tersebut.

Kamu juga bisa menyeret dan menaruh file dari komputer ke halaman Office.com. File tersebut akan diunggah ke penyimpanan OneDrive gratis akun Microsoft milikmu, dan kamu bisa membukanya pada aplikasi Office.

Namun demikian, aplikasi Office web memiliki beberapa keterbatasan. Fitur pada aplikasi ini tidak selengkap aplikasi Office desktop untuk Windows dan Mac, dan kamu tidak akan bisa mengaksesnya secara offline. Tapi layanan milik Microsoft ini menawarkan aplikasi Office yang powerful, dan kamu bisa memakainya secara gratis.

Daftar Uji Coba Satu Bulan Gratis

cara microsoft office gratis

Jika membutuhkan Microsoft Office hanya untuk beberapa saat, kamu bisa mendaftarkan diri untuk program uji coba gratis satu bulan. Untuk mendapatkan penawaran ini, buka Microsoft Try Office untuk situs web gratis, dan daftar untuk uji coba.

Kamu harus mendaftarkan kartu kredit untuk mengikuti program uji coba ini, dan hal tersebut akan diperbarui secara otomatis setelah habis bulan. Namun demikian, kamu juga dapat membatalkan langganan kapan saja — bahkan setelah mendaftar uji coba — untuk memastikan tidak akan terkena tagihan. Setelah membatalkan langganan, kamu masih bisa menggunakan Office selama masih tersedia sisa masa gratisnya.

Setelah bergabung dengan program uji coba, kamu bisa mengunduh versi lengkap aplikasi Microsoft Office ini untuk komputer Windows dan Mac. Kemudian akan mendapatkan akses ke versi lengkap aplikasi tersebut pada platform lainnya, termasuk iPad yang lebih besar.

Uji coba ini akan memberimu akses penuh ke paket Microsoft 365 (sebelumnya Office 365) Home Plan. Kamu akan mendapatkan akses penyimpanan Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dan 1TB di OneDrive. Dan kamu dapat membaginya dengan hingga lima orang lainnya. Mereka masing-masing akan mendapatkan akses ke aplikasi tersebut melalui akun Microsoft mereka masing-masing dan akan memiliki penyimpanan 1TB mereka sendiri untuk penyimpanan gabungan 6TB.

Selain itu, Microsoft juga menawarkan program evaluasi 30 hari gratis dari Office 365 ProPlus, yang ditujukan untuk kalangan bisnis. Dari program ini kamu bisa memanfaatkannya selama dua bulan untuk mengakses Microsoft Office secara gratis.

Dapatkan Office Gratis sebagai Siswa atau Guru

cara microsoft office gratis

Banyak lembaga pendidikan yang membayar paket Office 365, dan memungkinkan siswa serta guru untuk mengunduh perangkat lunak secara gratis.

Untuk mengetahui apakah sekolahmu berpartisipasi dalam program ini, kunjungi situs web Office 365 Education, lalu masukkan alamat email sekolahmu. Kamu akan ditawarkan unduhan gratis jika tersedia untukmu melalui akun sekolah.

Mencoba Aplikasi Seluler di Ponsel dan iPad

cara microsoft office gratis

Aplikasi Microsoft Office juga gratis di smartphone. Di ponsel iPhone atau Android, kamu bisa mengunduh aplikasi ponsel Office untuk membuka, membuat, dan mengedit dokumen secara gratis.

Pada tablet iPad atau Android, aplikasi ini hanya akan memungkinkan untuk membuat dan mengedit dokumen jika kamu memiliki "perangkat dengan ukuran layar lebih kecil dari 10,1 inci". Pada tablet yang lebih besar, kamu dapat menginstal aplikasi ini untuk melihat dokumen, namun memerlukan langganan berbayar untuk membuat dan mengeditnya.

Pada hakikatnya, layanan ini berarti mencakup Word, Excel, dan PowerPoint yang menawarkan pengalaman penuh secara gratis pada iPad Mini dan iPad 9,7 inci yang lebih lama. Kamu memerlukan langganan berbayar untuk mendapatkan akses pengeditan dokumen iPad Pro atau iPad 10,2 inci yang lebih baru.

Alternatif Microsoft Office Gratis

cara microsoft office gratis

Jika kamu mencari aplikasi Office yang lain, pertimbangkan untuk memilih aplikasi Office yang berbeda. Ada Office suite gratis yang memiliki kompatibilitas baik dengan Microsoft Office dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Berikut adalah beberapa aplikasi alternatif yang terbaik pengganti Microsoft Office:
  • LibreOffice adalah aplikasi office gratis dan open-source untuk perangkat Windows, Mac, Linux, dan sistem operasi lainnya. Aplikasi ini mirip dengan versi desktop Microsoft Office, dan bahkan dapat membuat dokumen Office dalam jenis file umum seperti dokumen DOCX, spreadsheet XLSX, dan presentasi PPTX. LibreOffice didasarkan pada OpenOffice. Sementara OpenOffice masih ada, LibreOffice memiliki lebih banyak pengembang dan saat ini menjadi proyek yang sangat populer.
  • Apple iWork adalah koleksi gratis aplikasi office untuk para pengguna Mac, iPhone, dan iPad. Aplikasi ini adalah pesaing  Microsoft Office dari Apple, dan dulunya adalah perangkat lunak berbayar sebelum Apple membuatnya menjadi layanan gratis. Pengguna komputer Windows dapat mengakses versi iWork berbasis web melalui situs web iCloud juga.
  • Google Docs adalah kumpulan perangkat lunak office berbasis web yang mumpuni. Aplikasi ini dapat menyimpan file-mu di Google Drive, layanan penyimpanan file online milik Google. Tidak seperti aplikasi web Microsoft Office, bahkan kamu dapat mengakses Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide secara offline di Google Chrome.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi office alternatif lainnya, namun beberapa aplikasi yang kami bagikan ini adalah termasuk yang terbaik.

Demikian yang bisa kami bagikan mengenai informasi cara untuk mendapatkan microsoft office secara gratis tanpa perlu membeli lisensi resmi dari Microsoft yang jumlahnya memang tidak sedikit. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu khususnya yang sedang mencari referensi terkait dan tidak ingin menggunakan aplikasi bajakan atau hasil crack berbagai pengembang yang banyak beredar di internet.