Rekomendasi 7 Merek Laptop Terbaik Di Tahun 2022

Laptop merupakan salah satu kebutuhan yang dapat menunjang berbagai aktivitas dalam kehidupan manusia, misalnya pekerjaan kantor, belajar mengajar, keuangan, jual beli, maupun berbagai kegiatan lainnya.

Bagi sebagian orang terkadang laptop hanya digunakan untuk sekedar bermain game, menonton film atau video, menulis dokumen sederhana, browsing internet alakadarnya dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bagi orang-orang yang memiliki latar belakang IT (Informasi dan Teknologi), laptop bukan saja merupakan sebuah perangkat digital, namun juga sebagai partner dalam segala hal yang berkaitan dengan pekerjaannya. Orang yang biasa berkecimpung di dunia IT juga pasti lebih banyak mengerti tentang fungsi dan kegunaan laptop itu sendiri.

Biasanya, orang sering bertanya tentang bagaimana cara memilih laptop yang tepat, laptop merek apa saja yang bagus dan berkualitas, bagaimana spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk pekerjaan. Berbicara tentang merk laptop terbaik jawabannya tentu saja banyak dan juga beragam.

Rekomendasi Merk Laptop Terbaik 2022

merk laptop terbaik berkualitas indonesia

Setiap merek laptop yang banyak berseliweran di pasaran sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu dapat memilih laptop yang tepat dengan cara memilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, seperti editing foto / video, membuat program, menyajikan presentasi, mengetik dokumen, bermain game dan lain sebagainya.

Laptop yang kamu pilih sebaiknya dapat melakukan berbagai kegiatan tersebut di atas dan tidak mengalami lag atau lemot saat melakukan serangkaian tugas dalam pekerjaan.

Jika kamu bingung untuk memilih laptop apa yang memiliki brand / merk berkualitas, maka Fajrinfo.com akan memberi referensi bagi kamu agar dapat mengetahui apa saja merk laptop yang bagus dan berkualitas. Simak ulasan berikut yang akan kami jelaskan tentang Merk Laptop Terbaik saat Ini.

1. Apple

merk laptop apple terbaik berkualitas indonesia

Merek laptop yang terbaik pertama adalah Apple. Bicara tentang kualitas, Apple tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab merk laptop Apple ini banyak menginspirasi produsen laptop di seluruh dunia. Selain laptop, Apple juga memiliki bisnis smartphone yang juga merajai pangsa pasar gadget dunia.

Apple dengan brand laptopnya yang bernama MacBook, selalu menjadi pusat perhatian pengamat karena selalu digemari meskipun memiliki harga yang terbilang tidak murah.

Dalam hal ini, Apple memang dikenal apik dalam membuat sebuah produk. Tidak tanggung-tanggung, Apple memberikan spesifikasi tinggi pada setiap laptop MacBook, bahkan Apple menyematkan memori RAM dalam MacBook paling rendah yaitu 8GB.

Selain itu, Apple juga mendesain bentuk MacBook dengan kemasan yang sangat elegan. Sehingga tidak heran jika produk Apple memiliki pangsa pasar besar di seluruh dunia.

Seri Laptop Apple:
  • MacBook Air - cocok untuk yang memiliki mobilitas tinggi karena ukuran lebih tipis dan ringan
  • MacBook Pro - kinerja perangkat lebih powerful untuk mengolah konten multimedia

2. Microsoft

merk laptop microsoft surface terbaik berkualitas indonesia

Meskipun perusahaan ini senior di bidang perangkat lunak, namun Microsoft termasuk pemain baru sebagai produsen laptop. Microsoft masuk kategori pembuat laptop berkualitas, meskipun merk laptop yang satu ini belum begitu familiar bagi pengguna di Indonesia.

Selain itu, perusahaan ini juga tidak terlalu mendominasi pasar komputer jinjing dunia sehingga produksi perangkat laptop merk Microsoft ini cenderung tidak populer di pasar Indonesia.

Namun demikian, produk laptop buatan Microsoft bisa berdampak sebagai ancaman bagi produsen merek lain seperti contoh salah satu produk andalannya yaitu Microsoft Surfbook.

3. Lenovo

merk laptop lenovo ideapad terbaik berkualitas indonesia

Selain memproduksi perangkat laptop, Lenovo juga memiliki produksi smartphone. Kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan teknologi yang satu ini adalah mampu bertahan dalam penjualan pasar barang elektronik di indonesia.

Selain itu, perusahaan Lenovo juga dikenal dengan perusahaan yang sangat inovatif dan selalu menciptakan laptop-laptop model baru yang berkualitas.

Lenovo (Lenovo Group Limited) adalah produsen komputer PC terbesar yang berasal dari Beijing, China. Pada tahun 2004, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer PC terbesar ke-8 di dunia. Performa bisnisnya terus meningkat hingga perusahaan tersebut meraih gelar sebagai produsen laptop nomor 1 di tahun 2021.

Selain menjual perangkat laptop dan komputer desktop PC, Lenovo juga menjual server, smartphone, tablet, dan aksesoris komputer. Kesuksesan Lenovo tidak terlepas dari langkah besarnya mengambil alih divisi PC IBM asal Amerika Serikat pada tahun 2004. Setelah mengakuisisi IBM, peringkat Lenovo sebagai perusahaan pembuat komputer PC terbesar langsung naik pesat.

Lenovo memiliki 5 seri laptop yang ditargetkan untuk segmen yang berbeda-beda. Berikut adalah seri laptop Lenovo dan kelebihannya:

Seri Laptop Lenovo
  • Thinkpad - performa premium bagi para pelaku bisnis
  • Lenovo seri V - desain inovatif dan memiliki performa yang responsif untuk karyawan
  • Ideapad - laptopnya tipis, performa cukup kencang untuk anak muda juga profesional
  • Yoga - seri laptop 2 in 1 yang futuristik untuk para pengguna profesional
  • Legion - laptop untuk para penggemar gaming

4. HP

merk laptop hp spectre terbaik berkualitas indonesia

HP (Hewlett-Packard) merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. HP pertama kali dibangun oleh dua orang, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard. Markas pusat HP berada di California, Amerika Serikat. Selain memproduksi komputer PC dan laptop, HP juga banyak memproduksi peralatan digital perkantoran, seperti server, printer, scanner, dan aksesoris komputer.

IBM adalah pesaing terdekat HP. Semenjak perusahaan HP diakuisisi oleh Lenovo, pangsa pasar laptop dan komputer PC HP pun ikut bersaing langsung dengan Lenovo. Brand HP memiliki image yang kuat dari sisi produk bagus dan berkualitas untuk sektor bisnis. Tampilan produk dikemas minimalis dan cenderung lebih mengedepankan futuristik.

HP memiliki 9 seri produk laptop untuk segmen yang berbeda-beda. Berikut adalah seri laptop HP dan kelebihannya:

Seri Laptop HP
  • Spectre - laptop yang dibekali dengan teknologi terbaru untuk profesional
  • Envy - memudahkan kamu mengerjakan tugas / pekerjaan di perjalanan
  • Pavilion - cocok untuk bekerja sambil nikmati hiburan
  • HP Laptop - memiliki harga lebih terjangkau untuk sekolah, kuliah dan kerja
  • Omen - laptop khusus untuk penggemar game
  • ZBook - laptop bagi para content creator yang bagus untuk dipakai editing
  • Elite - memiliki baterai dengan kapasitas besar dan fast charging
  • ProBook - dibekali dengan keamanan tinggi dan desain yang elegan
  • Thin Clients - laptop dengan fitur proteksi keamanan berlapis

5. Dell

merk laptop dell inspiron terbaik berkualitas indonesia

Dell adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Sebagian besar pasar Dell ada pada produk laptop dan komputer desktop PC. Selebihnya ada pada Server, Storage, Switch, serta perangkat komputer yang menargetkan bagi kalangan enterprise.

Di tahun 2005, Dell menjadi perusahaan paling terpadang dan membanggakan sebagaimana dijelaskan dalam majalah Fortune. Menurut sejarah bisnis perusahaan, Dell seringkali memasarkan produk baru dengan biaya yang seminimal mungkin. Inilah yang membuat banyak produk buatannya terkesan kurang inovatif. Karena alih-alih berinovasi, justru Dell lebih fokus untuk mengurangi biaya.

Dell memiliki 5 seri laptop dengan segmen pengguna yang berbeda juga. Berikut adalah seri laptop Dell dan kelebihannya:

Seri Laptop Dell
  • Inspiron - cocok untuk pemakaian di rumah dan kantor
  • Vostro - cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi
  • G Series - seri laptop khusus penggemar gaming
  • XPS - laptop untuk pekerja kreatif dan para content creator
  • Alienware - laptop yang memiliki performa tinggi untuk game

6. Asus

merk laptop asus rog terbaik berkualitas indonesia

Seperti halnya perusahaan teknologi yang tidak hanya memproduksi perangkat laptop dan komputer PC, Asus juga memiliki pasar produk smartphone yang cukup luas di dunia. Sepertinya Asus tidak ingin merasa kalah saing oleh Lenovo yang memproduksi smartphone dan juga perangkat laptop.

Selain itu, Asus juga banyak memproduksi komponen-komponen komputer dan aksesorisnya, sehingga tidak heran jika laptop Asus banyak terjual di indonesia. Setiap tahunnya perusahaan Asus selalu berinovasi dengan memproduksi laptop-laptop model baru.

Pada beberapa tahun ini Asus gencar berinovasi dengan memproduksi laptop terbarunya, yaitu Asus ROG (Republic Of Gamers) dengan banderol harga yang cukup fantastis yaitu berada pada kisaran 13 hingga 95 juta atau bahkan lebih.

7. Acer

merk laptop acer nitro terbaik berkualitas indonesia

Acer merupakan merk laptop terbaik yang masuk nominasi 5 besar terbaik di dunia. Acer memiliki banyak varian laptop dan komputer PC. Selain membuat produk komputer, Acer juga memiliki produk server, storage, monitor, dan juga perangkat peripheral lainnya. Produk Acer cocok untuk penggunaan pribadi, bisnis, dan pendidikan.

Acer berkantor pusat di Taipei, Taiwan. Perusahaan ini mulai berdiri sejak tahun 1976 oleh JT Wang. Acer pertama kali diperkenalkan dengan nama Multitech. Kemudian pada tahun 1987, berganti nama menjadi Acer hingga sekarang.

Seri Laptop Acer
  • Swift - laptop stylish yang ultra tipis dan cocok untuk mobile
  • Spin - laptop 2 in 1 yang memiliki desain dan performa menawan
  • Aspire - cocok dipakai untuk sekolah, kuliah, dan kerja
  • Nitro - varian laptop ini untuk penggermar gaming

Kesimpulan

Banyak sekali merk-merk laptop terbaik dan berkualitas yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Biasanya perangkat laptop baru saat ini dibekali dengan sistem operasi Windows 10, jadi kita tidak perlu lagi melakukan instal ulang windows 10 pada laptop secara mandiri, yaitu memakai flashdisk atau DVD.

Demikian yang dapat Fajrinfo.com bagikan mengenai rekomendasi 7 merek laptop terbaik di tahun 2022 ini. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli perangkat berkualitas dengan merk laptop terbaik, sehingga kamu bisa memilih perangkat yang tepat untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama