Tuesday, December 15, 2015

Cara Mengaktifkan dan Berbicara dengan Cortana di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Berbicara dengan Cortana di Windows 10
Hey Cortana.. Begitulah cara menyapa dan memanggil Cortana. Para pengguna Windows 10 pasti sudah tidak asing dengan asisten digital buatan Microsoft ini. Bagaimana cara untuk mengaktifkan Cortana? Mari kita bahas tutorial untuk mengaktifkan dan berbicara dengan cortana di Windows 10 ini langkah demi langkah.

Cortana merupakan sistem kecerdasan buatan yang dapat menjadi asisten pintar pribadi kita nan canggih. Kecerdasan buatan ini Microsoft sematkan pada perangkat berbasis Windows 10. Cortana akan membantu menemukan banyak hal pada perangkat Windows 10 kita, seperti memutar musik dan video, menjalankan suatu program, menemukan sesuatu yang kita butuhkan di mesin pencari, menemukan file dan bahkan bisa bercanda juga dengan memberi kata-kata lelucon kepada kita. Microsoft menyatakan bahwa semakin banyak pengguna berbicara dengan Cortana, maka Cortana tersebut semakin kenal dan akan mengerti kebiasaan serta kesukaan kita.

Baca juga: Cara Mengubah Nama About Windows Owner Pada Windows 10

Namun perlu diketahui bahwa sampai sekarang Cortana baru bisa digunakan di negara-negara yang berbahasa Inggris dan negara tertentu saja. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, bukan berarti tidak bisa menggunakannya, ada trik yang harus dilakukan agar Cortana bisa aktif pada perangkat Windows 10 kita.

Berikut ini adalah beberapa kalimat dalam percakapan yang dapat kita katakan kepada Cortana:

- How old are you?
- Tell me a joke.
- Show me the latest NBA scores.
- How many calories in a boiled egg?
- Put swimming on my calendar for tomorrow.
- Change my 3 PM event to 4.
- What's happening this weekend?

Baiklah, agar supaya mempersingkat waktu mari kita lakukan langkah-langkahnya untuk mengaktifkan Cortana pada Windows 10 dengan mengikuti tutorial berikut ini:

- Pada langkah pertama, harus masuk ke akun Microsoft pada perangkat Windows 10 terlebih dahulu, apabila belum memiliki akun dapat daftar disini.

- Lalu buka menu Settings pada tombol start atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard dengan menekan kombinasi tombol Windows + I.

- Setelah itu pilih Time and language pada menu Settings.

- Pada menu Settings tersebut pilih sub menu Region & language dan ubahlah pada bagian Country or region menjadi United States.

- Kemudian buka Cortana dengan cara mengklik ikon Search pada taskbar sebelah kanan menu Start, lalu buka settings dan setelah itu ubah tombol aktivasi Cortana dari Off menjadi On. Setelah itu, maka Cortana akan mengkonfirmasi akun Microsoft kamu.

- Setelah akun berhasil dikonfirmasi, lalu akan muncul tombol persetujuan tentang kebijakan yang diterapkan oleh Microsoft dan klik “I agree"

- Jika sudah selesai pastikan Cortana dalam keadaan aktif. Biasanya ditandai dengan melebarnya ikon Search sebelah menu Start yang di dalamnya terdapat kalimat “Ask me anything”. Cek pada Settings Cortana apabila belum aktif dan pastikan semua tombol harus sudah On

(Jika masih belum aktif juga, restart komputer lalu cek kembali di settings Cortana dan pastikan semuanya dalam keadaan On)

Baca juga: Mengamankan Windows 10 Dari Malware Dengan Membackup Sistem Windows

- Sekarang kamu sudah bisa berdialog bersama Cortana dengan cara mengucapkan “Hey Cortana”
Cara Mengaktifkan Cortana

Apabila setelah melakukan langkah demi langkah lalu Cortana sudah bisa diaktifkan dan merespon, maka FajrInfo ucapkan selamat karena kini kamu sudah bisa ngobrol bareng dengan asisten digital kebanggaan Microsoft ini.

Untuk mendukung percakapan kamu dengan Cortana dapat berjalan dengan baik, FajrInfo akan membagikan kalimat dalam percakapan yang sudah dapat dipahami oleh asisten digital Microsoft tersebut. Sejak Cortana diluncurkan secara komersil alias setelah rilisnya, kabarnya Microsoft akan terus menambah dan memperbarui catatan percakapan yang bisa dipahami oleh Cortana.

Di bawah ini adalah beberapa dialog tambahan yang bisa kita gunakan untuk berbicara dengan Cortana. Pastikan ucapkan bahasa Inggris dengan fasih oke sobat. Dan jangan lupa bagikan pengalaman kamu berbicara dengan Cortana pada kolom komentar.

- Why did the chicken cross the road?
- Tell me a story.
- Sing me a song.
- Ask me a question.
- Surprise me.
- What is your favorite color?
- What is your favorite music?
- What is your favorite day?
- What is your favorite animal?
- Who are you?
- What is your name from?
- Can I change your name?
- What are you?
- Are you male or female?
- You have beautiful eyes.
- Where are you from?
- Who is your mother?
- Who is your father?
- I like you.
- Do you have a boyfriend?
- Will you date me?
- Do you love me?
- Can you cook?
- Will you marry me?
- What are you wearing?
- Who is your boss?
- Who am I?

Demikian artikel tentang tutorial cara mengaktifkan dan berbicara dengan Cortana di Windows 10 ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Apabila terdapat masalah, silahkan sampaikan saja pada kolom komentar. Sudahkah hari ini kamu berbicara dengan Cortana?
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner