Tuesday, February 02, 2016

Mengamankan Windows 10 Dari Serangan Malware

Mengamankan Windows 10 Dari Serangan Malware

Hai sobat, kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial untuk mengamankan Windows 10 dari malware dengan membackup sistem Windows. Pernahkah perangkat Windows kamu mengalami kerusakan yang disebabkan oleh serangan malware atau virus?

Alasan mengapa FajrInfo mengambil tema tersebut karena salah satu cara untuk mengamankan sistem Windows 10 dari serangan malware adalah dengan cara membackup sistemnya. Karena dengan cara membackup sistem, ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka akan lebih mudah untuk mengembalikannya ke keadaan semula tanpa instal ulang komputer atau laptop.

Biasanya malware yang menjangkiti perangkat komputer atau laptop memang tidak akan diketahui oleh si pemiliknya. Karena malware tersebut menyusup dari celah keamanan yang tidak tertutupi ataupun tidak kuat pertahanannya. Biasanya, si pemilik perangkat tersebut hanya mengetahui bahwa komputer atau laptopnya mengalami kerusakan begini dan begitu tanpa mengetahui apa yang menyebabkan perangkatnya tersebut mengalami kerusakan.

Mengapa komputer atau laptop berbasis Windows sangat rentan jika terkena serangan malware? Masalah tersebut tidak melulu disalahkan pada lemahnya sistem keamanan yang dimiliki Windows, karena secara berkala Microsoft selalu memberi update sistem yang mampu untuk menutupi celah-celah berbahaya pada sistem keamanan Windows.

Baca juga: Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Akan tetapi sistem operasi besutan Microsoft ini merupakan sistem yang paling banyak digunakan para pengguna komputer/laptop. Sehingga boleh jadi dengan banyaknya orang yang menggunakan sistem operasi ini, banyak pula malware jahat yang ingin menyusup dan mengobrak-ngabrik sistem keamanan Windows.

Kendati demikian apapun penyebab dari kerentanan sistem operasi Windows ini patut kita antisipasi dengan melakukan tindakan preventif, yaitu dengan membackup sistem Windows ketika dalam keadaan normal dan terbaik agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dapat dengan cepat dan mudah untuk mengatasinya.

Sedia payung sebelum hujan, jangan setelah hujan beli payung. Karena banyak orang yang resah dan gelisah tatkala komputer atau laptop miliknya mengalami masalah dari serangan malware, proses lelet, terjadi corrupt, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jadilah pengguna yang cerdas yang dapat mengatasi problem komputer/laptop dengan mengantisipasinya secara dini!

Baiklah, langsung saja menuju tutorial untuk mengamankan Windows 10 dari malware dengan cara membackup sistem Windowsnya. Pada tutorial ini menggunakan sistem operasi Windows 10 karen terdapat sedikit perbedaan pada versi Windows teranyar ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Control Panel dengan cara klik kanan pada menu Start lalu pilih Control Panel.

2. Pilih menu System and Security, lalu pilih File History.

3. Maka masuk pada menu Backup and Restore (Windows 7), pada menu ini pilih Create a system image.

4. Setelah itu tunggu beberapa saat, lalu tentukan drive harddisk mana sistem backup akan disimpan.

5. Apabila sudah ditentukan, lalu tekan Next dan Next lagi untuk melanjutkan. Biarkan settingan backup memilih sistem recovery dan sistem pada drive C:/.

    Mengamankan Windows 10 Dari Malware

    6. Kemudian dengan menekan Next, maka sistem akan melakukan proses backup sistem dan setting.

    7. Pada langkah ini diusahakan jangan melakukan aktifitas apapun pada komputer/laptop agar proses backup tidak terhambat dan berjalan dengan lancar.

    8. Setelah backup selesai dengan sukses, klik No saja jika ada konfirmasi untuk menyimpan backup pada media disc.

      Mengamankan Windows 10 Dari Malware

      Sobat, FajrInfo sangat merekomendasikan kepada kamu agar selalu memiliki backup sistem Windows yang kamu gunakan. Karena dengan backup Windows tersebut akan mempermudah kita ketika mengalami kendala trouble pada sistem Windows pada perangkat kita.

      Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Huruf Google Chrome

      Untuk pilihan dalam membackup terdapat dua alternatif. Pertama, bisa menyimpan backup-an sistem Windows dalam harddisk internal yang ada dalam perangkat kita agar lebih mudah dalam merestore-nya kembali. Yang kedua, bisa juga membackup ke dalam harddisk eksternal. Untuk flashdisk, tidak bisa dijadikan sarana untuk membackup sistem Windows karena ukurannya rendah. Namun entah juga jiga flashdisk yang kamu gunakan memiliki kapasitas ekstra besar, silahkan saja dicoba terlebih dahulu.

      Demikian tutorial untuk mengamankan Windows 10 dari malware dengan cara membackup sistem Windowsnya ini. Pada hakikatnya, langkah-langkah di atas dapat dilakukan pula pada perangkat dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 8.1. Karena pada prinsipnya pilihan menu Control Panel sistem operasi tersebut sama persis dengan Control Panel pada Windows 10. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk mengatasi Windows 10 yang terjangkit malware?

      UPDATE:

      Mengingat gencarnya media memberitakan malware yang telah banyak menyebar saat ini, yaitu dari jenis Wannacry Ransomware yang katanya sangat ganas hingga mengakibatkan berkas pada perangkat yang terjangkit virus tersebut menjadi terenkripsi semua.

      Hingga kemkominfo juga pada suatu hari sempat menganjurkan untuk tidak menghubungkan perangkat kita ke internet. Nah, dengan begitu sepertinya mengamankan Windows 10 dari malware dengan cara membackup sistem Windows merupakan cara yang jitu untuk menghindari hal tersebut.
      SELANJUTNYA Next Post
      SEBELUMNYA Previous Post
      SELANJUTNYA Next Post
      SEBELUMNYA Previous Post
       

      Delivered by FeedBurner