Mengatasi Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile - Fajrinfo

Rabu, Januari 27, 2016

Mengatasi Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile


Mengatasi Widget Blog Tidak Muncul Pada Tampilan Mobile

Setelah pada postingan yang lalu kita membahas tentang masalah kolom komentar yang tidak muncul pada tampilan mobile, pada kesempatan kali ini FajrInfo akan membagikan tips dan trik kepada sobat blogger lagi tentang masalah blog pada tampilan mobile, yaitu tentang mengatasi widget blog tidak muncul pada tampilan mobile.

Widget blog adalah merupakan komponen penting dalam urusan blogging. Karena dengan widget, tampilan blog bisa terlihat lebih bagus dan akan memudahkan pengunjung untuk melakukan banyak hal ketika mengunjungi blog kita. Widget pada blog sangat banyak kegunaannya, bisa untuk memasang pos terpopuler, arsip blog dan label, juga bisa melakukan pemasangan banner iklan pada blog.

Namun bagaimana bisa ketika blog kita diakses pada mode tampilan mobile, widget yang terpasang pada blog jadi tidak tampak? Tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada blog kita, apalagi jika widget tersebut berupa banner iklan yang akan memberikan kita profit penghasilan. Maka dari itu FajrInfo akan membagikan tips dan trik untuk mengatasi widget blog tidak muncul pada tampilan mobile ini.

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Sering Mengganti Template Blog

Masalah ini merupakan pengalaman pribadi FajrInfo, yaitu terjadi sejak awal tahun kemarin. Dimana pada tahun sebelumnya tidak terjadi masalah apapun seperti ini. Masalahnya adalah, disaat mengakses blog menggunakan perangkat mobile, widget yang terpasang pada blog tidak muncul.

Dan bagi FajrInfo permasalahan ini cukup serius, mengingat tampilan pos terpopuler, komentar terkini, kategori dan lainnya tidak nampak sama sekali. Hanya widget profil penulis saja yang pada saat itu dapat ditampilkan. Jika hanya satu widget saja sih mungkin tidak jadi soal, namun masalah disini adalah semua widget tiga-tiganya tidak ada penampakannya.

Mengingat widget tersebut sangat penting pada blog, agar dapat memenuhi kelengkapan dalam tampilan blog dan memudahkan para pengunjung untuk mengakses blog kita. Maka widget blog pada versi mobile juga harus ditampilkan.

Apalagi Google memandang suatu blog itu ideal ketika laman blog tersebut dapat dimuat pada semua perangkat dengan sangat mudah dan cepat, istilahnya mah reponsive gitu. Jadi, kalau pada tampilan desktop muncul dan pada tampilan mobile tidak muncul berarti belum bisa dikatakan responsive yang sesungguhnya mungkin.

14 komentar:

  1. punya saya ko ga tampil di mobile ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah melakukan langkah-langkahnya​ belum...?

      Hapus
  2. Bang ,di template vio magz saya ko related post pada tampilan mobile gamuncul ya , ada cara nya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada setiap artikel postingan harus diberi label mas.

      Hapus
  3. di viomagz saya related post nya kagak muncul , udah dikasih label dan udah ada beberapa postingan..
    itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Related post hanya akan muncul jika artikel yang bersangkutan sama dengan artikel lain yang dikasih label mas.
      Coba buat beberapa artikel yang sama labelnya (minimal 5 artikel), lalu buka postingan pada salah satu artikel tersebut.
      Apakah sudah muncul atau belum. Kalau masih belum, berarti templatenya mungkin yang bermasalah.

      Hapus
    2. Tapi di mode dekstop muncul , cuma di mobile yg kagak muncul

      Hapus
  4. Gan related post ane gak muncul di tampilan HP, gimana ya ngatainnya. Saya pakek vio magz juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik tanyakan saja ke Mas Sugengnya gan, biar bisa bantu ngasih solusi.

      Hapus
  5. Menambah scritp sprti itu pernah saya terpakan , tapi gak berhasil. Kenapa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cara di atas masih belum berhasil, coba dengan menggunakan tag conditional. Bisa searching di Google.

      Hapus

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H
Beberapa kata dapat terucap, beberapa perasaan dapat dibiarkan terpendam. Tapi sebuah kesalahan tidak akan pernah terlupakan. Di hari yang suci ini, mohon maafkan segala kekhilafan. Selamat merayakan hari lebaran.

Some words can be uttered, some feelings can be left buried. But an error will never be forgotten. The day of this holy, please forgive any mistake. Congratulations to celebrate Eid.
Oke