Tuesday, January 19, 2016

Cara Mengamankan Flashdisk Dengan Password

Cara Mengamankan Flashdisk Dengan Password

Hai sobat, pada kesempatan kali ini FajrInfo akan membagikan artikel yang berjudul cara mengamankan flashdisk dengan menggunakan password. Tujuannya adalah agar berkas yang ada di dalam flashdisk menjadi aman dari tangan-tangan orang jahil dan semacamnya. Karena tidak jarang bahwa isi berkas yang ada di dalam flashdisk lebih penting dan lebih berharga dari flashdisk itu sendiri.

Siapa sih yang tidak tahu perangkat mungil dengan berbagai macam bentuk, ukuran juga kapasitas yang bernama flashdisk ini. Di era kemajuan teknologi sekarang ini, manusia banyak dimudahkan dengan alat-alat canggih dan modern agar dapat membantu pekerjaannya. Namun dengan kemudahan tersebut, apakah yakin data di dalam flashdisk kita bisa aman mengingat flashdisk merupakan perangkat yang bisa dibuka dengan menggunakan komputer manapun? Apalagi kalau flashdisk tersebut hilang dan jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab.

Pada masa sekarang ini, flashdisk merupakan perangkat penyimpan data yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Flashdisk berfungsi sebagai media penyimpan data sementara yang gunanya untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya melalui port USB yang tersedia di tiap masing-masing komputer atau laptop. Dengan bentuknya yang mungil dan ringan, perangkat portable ini dapat dibawa kemanapun tanpa harus repot menyimpannya. Karena cukup dengan menyimpannya di dalam saku baju atau celana.

Namun apa jadinya bila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, hingga menyebabkan flashdisk kita hilang dan jatuh ke tangan orang lain. Sedangkan data yang ada dalam flashdisk tersebut merupakan file atau dokumen penting dan rahasia? Tentunya hal tersebut akan membuat kita kocar-kacir kelabakan dan khawatir bila ada orang yang tidak bertanggungjawab menemukannya. Maka dari itu FajrInfo akan memberikan cara untuk mengamankan flashdisk dengan menggunakan password agar terjaga keamanannya.

Baca juga: Cara Mudah Agar Suhu Komputer Tidak Terlalu Panas

Cara ini tidak memerlukan program dari pihak ketiga, karena sudah terdapat dalam fitur sistem windows bawaan. Berikut adalah tutorial cara untuk mengamankan flashdisk dengan menggunakan password:

1. Masukkan Flasdisk ke dalam port atau lubang komputer/laptop yang tersedia.

2. Pastikan flashdisk tersebut sudah terdeteksi, lalu pilih Control Panel.

3. Kemudian buka pada pilihan System And Security lalu pilih BitLocker Drive Encryption.

4. Pilih flashdisk yang sudah terkoneksi dengan komputer. Biasanya terletak paling bawah dan klik Turn On BitLocker.

Mengamankan Flashdisk Dengan Password

5. Setelah itu tunggu beberapa saat lalu buat password yang kamu inginkan sebanyak dua kali pada kolom yang tersedia kemudian klik Next.

6. Untuk antisipasi lupa dengan password, klik pilihan Save to a file lalu tentukan file pada drive yang aman dan klik Save.

7. Pilih Encrypt entire drive (slower but best for PC’s and drivers already in use) lalu klik Next.

8. Pada pilihan Choose which encryption mode to use, pilih Compatible mode (best for drivers that can moved from this device) lalu klik Next – pilihan ini dapat menentukan apakah keamanan enkripsi mendukung pada sistem operasi selain Windows10 atau tidak.

9. Setelah itu klik Start Encrypting, kemudian proses pengenkripsian flashdisk akan berlangsung dan tunggu sampai selesai.

10. Untuk memastikan program itu telah bekerja apa belum, lepaskan flashdisk lalu masukkan kembali dan coba buka flashdisk. Maka kamu akan diminta memasukkan password untuk membukanya.

Setelah membaca dan memperhatikan artikel tentang mengamankan flashdisk dengan password ini, masihkah kamu merasa aman dengan flashdisk yang tidak dilindungi menggunakan password? Tentu yang jadi masalah bukan harga flashdisknya kan, namun isi dalam flashdisk yang merupakan file penting yang harus kita perhatikan.

Baca juga: Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Oleh sebab itu, FajrInfo sangat merekomendasikan pada kamu yang selalu menyimpan berkas penting dalam flashdisk agar melakukan pengamanan dengan menyematkan password dalam flashdisk tersebut. Karena sebagaimana pepatah mengatakan bahwa mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Lebih baik mencegah berkas penting jatuh ke tangan orang lain dari pada menyesal setelah kehilangan dlashdisk dan berkas penting tersebut dikuasai oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Apalagi dengan teknologi yang makin canggih sekarang, ukuran flashdisk makin kecil dan ramping saja. Hal tersebut membuat peluang flashdisk hilang makin besar. Karena sudah pasti yang namanya manusia ada lalai dan lupa sekalipun flashdisk tersebut sudah diikat dengan gantungan aksesoris dan sebagainya.

Demikian artikel mengenai cara mengamankan flashdisk menggunakan password. Gambar ilustrasi tutorial di atas menggunakan sistem operasi Windows 10, mungkin bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8, akan ada sedikit perbedaan pada langkah kedelapan. Karena pada langkah tersebut merupakan pilihan yang berfungsi untuk menentukan kompatibilitas penerapan enkripsi flashdisk pada sistem operasi lainnya.

Namun jangan khawatir karena pada sistem operasi selain Windows 10 juga terdapat program Bitlocker Drive Encryption ini dengan versi yang berbeda-beda. Bagaimana menurut kamu setelah membaca artikel ini, apakah menurut kamu perlu untuk mengamankan flashdisk dengan password?
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner