Sunday, November 13, 2016

Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Hai sobat FajrInfo, selamat menjalankan rutinitas sehari-hari. Semoga tetap lancar tanpa adanya hambatan ya sobat. Tahukah kamu bahwa dalam satu komputer atau laptop, dapat dipasang dua program Microsoft Office sekaligus? Nah kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial, yaitu menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer.

Microsoft Office adalah software buatan Microsoft yang dalam satu kemasan Microsoft Office, terdapat banyak program dengan berbagai macam kegunaan dan fungsi yang berbeda. Program di dalamnya merupakan program yang sudah sangat familiar bagi kita sebagai pengguna komputer Windows. Contohnya yaitu seperti Word untuk pengolah kata, PowerPoint untuk presentasi, Excel untuk pengolah dan masih banyak lagi lainnya yang terkemas dalam satu wadah yaitu Microsoft Office.

Pada setiap komputer dengan sistem operasi Windows, FajrInfo yakin semuanya menanamkan program Microsoft Office ini. Program andalan Microsoft ini pun sangat banyak versinya, mulai dari Office 2003, Office 2007, Office 2010, Office 2013 dan Office 2016. Varian tersebut merupakan program Microsoft Office yang masih digunakan sampai sekarang karena masih dapat kita temukan pada user Windows di sekitar kita.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Huruf Google Chrome

Namun apa jadinya jika dalam satu komputer atau laptop memasang dua versi Microsoft Office sekaligus? Apakah bisa diterapkan secara bersamaan tanpa mengalami kendala?

Jawabannya, sangat bisa. Tapi dengan sedikit trik agar sistem pada komputer atau laptop kita dapat mengolahnya dengan baik. Karena jika tidak melakukan trik yang FajrInfo bagikan, maka setiap kita mau membuka salah satu program Microsoft Office akan mengalami hal seperti di bawah ini terus menerus.

Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Hal tersebut terjadi dikarenakan sistem sedang mencari program Office yang diprioritaskan untuk digunakan membuka file karena di dalam sistem Windows terdapat dua program Office. Artinya, tatkala dalam sistem Windows kita sudah terpasang Office, lalu kita pasang program Office versi lainnya. Lalu program Office yang digunakan biasanya yang paling baru dipasang oleh kita. Namun tergantung juga kepada sistem Windows yang sobat gunakan juga sih.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan menginstal dua Microsoft Office sekaligus dalam satu komputer atau laptop:

1. Apabila Microsoft Office belum terinstal satupun dalam komputer atau laptop kamu, pastikan yang diinstal adalah versi yang lebih lama terlebih dahulu. Contohnya, FajrInfo mau memasang Office 2007 dan Office 2013, maka yang diinstal lebih dulu adalah Office 2007.

2. Jika satu versi Microsoft Office sudah terpasang pada komputer atau laptop kamu, maka tidak masalah. Contohnya seperti, pada laptop FajrInfo sudah terpasang Office 2007. Lalu ingin memasang Office 2016 tanpa menghapus Office 2007 karena ingin menggunakan dual Office dalam satu sistem.

3. Selanjutnya, masukkan registry ke sistem, agar komputer atau laptop kita dapat membedakan dua Office yang ditanam pada sistemnya. Caranya yaitu dengan mengcopy registry di bawah ini sesuai dengan Office yang tertanam pada sistem Windows kamu.

1. Kode untuk office 2003

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\11.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

2. Kode untuk office 2007

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\12.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

3. Kode untuk office 2010

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\14.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

4. Kode untuk office 2013

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\15.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

5. Kode untuk office 2016

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\16.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

4. Setelah mengcopy sesuai dengan versinya, lalu tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menjalankan program Run. Setelah muncul program Run, maka pastekan kode registry yang sudah kamu copy tadi pada program Run dan klik OK.

5. Diusahakan dalam memasukkan kode registry juga secara berurutan mulai dari versi yang lebih lama terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

6. Jika sudah selesai semua, lalu kamu instal Officenya.

7. Ketika penginstalan Office yang kedua, maka pilih Customize dan pilih Keep my old version sebelum melanjutkan penginstalannya.

8. Tunggu hingga instalasi program Office selesai.

Apabila masih belum berhasil, kamu bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu dengan cara menjalankan program Run, lalu ketik regedit dan OK.

- Kemudian klik HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Microsoft > Office.

- Lalu klik versi Office yang terpasang pada sistem kamu dengan ketentuan Office 2003 v11.0, Office 2007 v12.0, Office 2010 v14.0, Office 2013 v15.0 dan Office 2016 v16.0. Kemudian klik Word > Options.

- Pada folder Options klik kanan New > DWORD (32-bit) Value. Lalu buatlah registry dengan nama NoReReg lalu tekan ENTER keyboard dan isi Value Data yang tadinya 0 jadi 1 lalu OK dan restart komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Mengamankan Flashdisk Dengan Password

Demikian tutorial cara menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer yang dapat FajrInfo sampaikan. Apabila dalam proses pemasangan atau setelah pemasangan mengalami kendala dan trouble, maka sampaikanlah pada kolom komentar di bawah. Atau bagi kamu yang berhasil, silahkan berikan feedbacknya dengan berkomentar. Terimakasih, semoga berhasil.

Sebagai paragraf penutup, FajrInfo ingin berdiskusi dengan sobat yang membaca artikel tentang memasang dua program office dalam satu komputer ini. Apakah di antara sobat sekalian ada yang memiliki cara lain dalam menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer atau laptop selain cara di atas yang telah dijelaskan oleh FajrInfo?
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner