Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer - Fajrinfo
Hai sobat FajrInfo, selamat menjalankan rutinitas sehari-hari. Semoga tetap lancar tanpa adanya hambatan ya sobat. Tahukah kamu bahwa dalam satu komputer atau laptop, dapat dipasang dua program Microsoft Office sekaligus? Nah kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial, yaitu menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer.

Microsoft Office adalah software buatan Microsoft yang dalam satu kemasan Microsoft Office, terdapat banyak program dengan berbagai macam kegunaan dan fungsi yang berbeda. Program di dalamnya merupakan program yang sudah sangat familiar bagi kita sebagai pengguna komputer Windows.

Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Contohnya yaitu seperti Word untuk pengolah kata, PowerPoint untuk presentasi, Excel untuk pengolah dan masih banyak lagi lainnya yang terkemas dalam satu wadah yaitu Microsoft Office.

Pada setiap komputer dengan sistem operasi Windows, FajrInfo yakin semuanya menanamkan program Microsoft Office ini. Program andalan Microsoft ini pun sangat banyak versinya, mulai dari Office 2003, Office 2007, Office 2010, Office 2013 dan Office 2016. Varian tersebut merupakan program Microsoft Office yang masih digunakan sampai sekarang karena masih dapat kita temukan pada user Windows di sekitar kita.

Baca juga: Cara Mudah Menggabungkan Dua File Presentasi PowerPoint

Namun apa jadinya jika dalam satu komputer atau laptop memasang dua versi Microsoft Office sekaligus? Apakah bisa diterapkan secara bersamaan tanpa mengalami kendala?

Jawabannya, sangat bisa. Tapi dengan sedikit trik agar sistem pada komputer atau laptop kita dapat mengolahnya dengan baik. Karena jika tidak melakukan trik yang FajrInfo bagikan, maka setiap kita mau membuka salah satu program Microsoft Office secara bergantian atau bersamaan akan mengalami proses 'Configuration Progress' yang sangat lama dan terus menerus.

Hal tersebut terjadi dikarenakan sistem sedang mencari program Office yang diprioritaskan untuk digunakan membuka file karena di dalam sistem Windows terdapat dua program Office. Artinya, tatkala dalam sistem Windows kita sudah terpasang Office, lalu kita pasang program Office versi lainnya. Lalu program Office yang digunakan biasanya yang paling baru dipasang oleh kita. Namun tergantung juga kepada sistem Windows yang sobat gunakan juga sih.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan menginstal dua Microsoft Office sekaligus dalam satu komputer atau laptop:

1. Apabila Microsoft Office belum terinstal satupun dalam komputer atau laptop kamu, pastikan yang diinstal adalah versi yang lebih lama terlebih dahulu. Contohnya, FajrInfo mau memasang Office 2007 dan Office 2013, maka yang diinstal lebih dulu adalah Office 2007.

2. Jika satu versi Microsoft Office sudah terpasang pada komputer atau laptop kamu, maka tidak masalah. Contohnya seperti, pada laptop FajrInfo sudah terpasang Office 2007. Lalu ingin memasang Office 2016 tanpa menghapus Office 2007 karena ingin menggunakan dual Office dalam satu sistem.

3. Selanjutnya, masukkan registry ke sistem, agar komputer atau laptop kita dapat membedakan dua Office yang ditanam pada sistemnya. Caranya yaitu dengan mengcopy registry di bawah ini sesuai dengan Office yang tertanam pada sistem Windows kamu.

> Kode untuk office 2003 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\11.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2007 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\12.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2010 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\14.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2013 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\15.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2016 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\16.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1 

4. Setelah mengcopy sesuai dengan versinya, lalu tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menjalankan program Run. Setelah muncul program Run, maka pastekan kode registry yang sudah kamu copy tadi pada program Run dan klik OK.

5. Diusahakan dalam memasukkan kode registry juga secara berurutan mulai dari versi yang lebih lama terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

6. Jika sudah selesai semua, lalu kamu instal Officenya.

7. Ketika penginstalan Office yang kedua, maka pilih Customize dan pilih Keep my old version sebelum melanjutkan penginstalannya.

8. Tunggu hingga instalasi program Office selesai.

Apabila masih belum berhasil, kamu bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu dengan cara menjalankan program Run, lalu ketik regedit dan OK.

- Kemudian klik HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Microsoft > Office.

- Lalu klik versi Office yang terpasang pada sistem kamu dengan ketentuan Office 2003 v11.0, Office 2007 v12.0, Office 2010 v14.0, Office 2013 v15.0 dan Office 2016 v16.0. Kemudian klik Word > Options.

- Pada folder Options klik kanan New > DWORD (32-bit) Value. Lalu buatlah registry dengan nama NoReReg lalu tekan ENTER keyboard dan isi Value Data yang tadinya 0 jadi 1 lalu OK dan restart komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Microsoft PowerPoint

Demikian tutorial cara menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer yang dapat FajrInfo sampaikan. Apabila dalam proses pemasangan atau setelah pemasangan mengalami kendala dan trouble, maka sampaikanlah pada kolom komentar di bawah. Atau bagi kamu yang berhasil, silahkan berikan feedbacknya dengan berkomentar. Terimakasih, semoga berhasil.

Sebagai paragraf penutup, FajrInfo ingin berdiskusi dengan sobat yang membaca artikel tentang memasang dua program office dalam satu komputer ini. Apakah di antara sobat sekalian ada yang memiliki cara lain dalam menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer atau laptop selain cara di atas yang telah dijelaskan oleh FajrInfo?

26 Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

  1. Bisa juga ya gan.bisa lah saya coba.hehehe

    BalasHapus
  2. Setelah Install 2 office, office 2007 dan 2016, yang 2016 kok sering not responding ya gan, tapi office 2007 nya lancar gak ada masalah. Mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tahu dipasang pada laptop apa ya gan?

      Hapus
  3. ada cara lain nggak gan, yang tinggal instal aja udah langsung bisa dual office

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo seperti itu tidak ada gan, karena tentu dari pihak Microsoftnya juga sangat tidak merekomendasikan untuk hal semacam itu.

      Sedangkan kalo mau ada juga paling dari para pengembang yang ngoprek, tapi sampai sekarang yang saya tahu masih belum ada yang membuat tool yang bisa berfungsi semacam itu.

      Hapus
    2. Ohh gitu, oke gana, umur udah mulai tua nih jadi penginnya yang simple simple aja... hahahaha

      Hapus
    3. Haha, kalo soal simpel dan instan, semua orang pastinya lebih memilih jika tersedia tool yang bisa diterapkan agar lebih cepat.

      Tapi pelan-pelan aja mas kalo mau menerapkannya, saya yakin panduan di atas sangat mudah dipraktikkan ko. 😀

      Hapus
  4. kak,bagaimana jika yg sudah terinstal lebih dahulu adalah yg versi baru ?ms office saya yg ms 365, tapi saya ingin ganti ke ms 2010 , apakah bisa ?

    BalasHapus
  5. alhamdulillah tutornya success mas. 2 apk tanpa problem, office 2010 dan 2013. terimakasih :)

    BalasHapus
  6. Bang,awalnya saya ms office 2010 tapi jika saya mau install yg 2007 juga itu gpp bang? Kalau yang awalnya terinstall ms office yg baru dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah mas, sekalipun urutan pemasangan versi dari Microsoft Office tidak beraturan juga masih tetap bisa ko. Sebab saya sendiri pernah dari Office 2013 lalu instal Office 2007.

      Hapus
  7. Bisa tidak menginstall paket office 2010 tanpa power point, dan hanya menginstall power point 2013 dalam satu pc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, cara untuk menginstal paket Office 2010 tanpa PowerPoint dan hanya menginstal Office PowerPoint 2013 saja adalah ketika di awal menginstal paket Office, kamu harus memilih opsi "Customize". Disana akan terdapat pilihan untuk menginstal atau memblok program Office yang kita kehendaki.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. awalnya saya mengguanakan office 2016, kemduian mencoba tutorial ini berhasil. Semua file Office word Defult ke 2007 semua, dan pada saat saya memilih untuk edit ( open with) di 2016 tidak berjalana. Mohon penjelasanya mas. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, bisa dijelaskan peringatan apa yang muncul ketika tidak bisa menggunakan Office 2016-nya?

      Hapus
  10. Berarti pada inti y gan, kita tdk bisa menggunakan dua office yg berbeda, terkecuali menggunakan trik y

    BalasHapus
  11. Berarti pada intinya, kita tdk bisa menggunakan dua office sekaligus, terkecuali menggunakan trik y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah berhasil dalam menerapkan cara tersebut di atas, maka kita bisa membuka dua versi Office yang berbeda secara bersamaan.

      Misalnya; Ms. Office Word 2007 dan Ms. Office Word 2016 secara bersamaan akan dengan mudah kita lakukan.

      Hapus
  12. Saya awalnya menggunakan office 2007, dan instal office 2016,, trus saya membuat dokumen di office 2016 tapi pas di save jadi di office 2007,, dan pas mau edit supaya yang tersimapannya di office 2016 itu tidak bisa ,itu kenapa ya ? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh ditebak, maksud dari penjelasan si mbanya tentang masalah yang sedang dialami pada komputer atau laptopnya adalah meskipun terdapat dua versi Microsoft Office, namun yang digunakan sebagai versi default / prioritas saat menggunakan program Office adalah versi Ms. Office 2007.

      Sebenarnya jika runtutan proses pemasangannya diawali dengan Office 2007 lalu Office 2016, maka seharusnya Office 2016-lah yang menjadi program prioritas dalam membuka file-file dokumen Office. Namun sepertinya ada perubahan tidak disengaja atau entah apa yang mengakibatkan Office prioritasnya menjadi yang versi Office 2007.

      Saran kami, agar segera memperbaiki masalah ini jika ingin versi Office 2016 yang dijadikan sebagai program prioritas dengan cara;

      - Masuk ke Control Panel > Uninstall a program (di bawah menu Programs).
      - Kemudian pilih atau klik pada program Office 2016 pada daftar program yang muncul.
      - Setelah itu, klik Change sebelah tombol Uninstall. (jika muncul konfirmasi dari User Account Control pilih saja Yes.
      - Maka jendela Repair Microsoft Office akan muncul.
      - Pilih pada bagian "Quick Repair", lalu konfirmasikan dengan mengklik tombol Repair di paling bawah jendela tersebut.
      - Tunggu hingga proses selesai, dan kemudian Restart komputer atau laptop.

      Semoga penjelasan ini dapat membantu, terimakasih.

      Hapus
  13. kalao kode untuk office 2019 apa gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama