Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Hai sobat FajrInfo, selamat menjalankan rutinitas sehari-hari. Semoga tetap lancar tanpa adanya hambatan ya sobat. Tahukah kamu bahwa dalam satu komputer atau laptop, dapat dipasang dua program Microsoft Office sekaligus? Nah kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial, yaitu menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer.

Microsoft Office adalah software buatan Microsoft yang dalam satu kemasan Microsoft Office, terdapat banyak program dengan berbagai macam kegunaan dan fungsi yang berbeda. Program di dalamnya merupakan program yang sudah sangat familiar bagi kita sebagai pengguna komputer Windows.

Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Contohnya yaitu seperti Word untuk pengolah kata, PowerPoint untuk presentasi, Excel untuk pengolah dan masih banyak lagi lainnya yang terkemas dalam satu wadah yaitu Microsoft Office.

Cara Instal Dua Ms. Office Dalam Satu Laptop

Pada setiap komputer dengan sistem operasi Windows, FajrInfo yakin semuanya menanamkan program Microsoft Office ini. Program andalan Microsoft ini pun sangat banyak versinya, mulai dari Office 2003, Office 2007, Office 2010, Office 2013 dan Office 2016. Varian tersebut merupakan program Microsoft Office yang masih digunakan sampai sekarang karena masih dapat kita temukan pada user Windows di sekitar kita.

Baca juga: Cara Mudah Menggabungkan Dua File Presentasi PowerPoint

Namun apa jadinya jika dalam satu komputer atau laptop memasang dua versi Microsoft Office sekaligus? Apakah bisa diterapkan secara bersamaan tanpa mengalami kendala?

Jawabannya, sangat bisa. Tapi dengan sedikit trik agar sistem pada komputer atau laptop kita dapat mengolahnya dengan baik. Karena jika tidak melakukan trik yang FajrInfo bagikan, maka setiap kita mau membuka salah satu program Microsoft Office secara bergantian atau bersamaan akan mengalami proses 'Configuration Progress' yang sangat lama dan terus menerus.

Hal tersebut terjadi dikarenakan sistem sedang mencari program Office yang diprioritaskan untuk digunakan membuka file karena di dalam sistem Windows terdapat dua program Office. Artinya, tatkala dalam sistem Windows kita sudah terpasang Office, lalu kita pasang program Office versi lainnya. Lalu program Office yang digunakan biasanya yang paling baru dipasang oleh kita. Namun tergantung juga kepada sistem Windows yang sobat gunakan juga sih.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan menginstal dua Microsoft Office sekaligus dalam satu komputer atau laptop:

1. Apabila Microsoft Office belum terinstal satupun dalam komputer atau laptop kamu, pastikan yang diinstal adalah versi yang lebih lama terlebih dahulu. Contohnya, FajrInfo mau memasang Office 2007 dan Office 2013, maka yang diinstal lebih dulu adalah Office 2007.

2. Jika satu versi Microsoft Office sudah terpasang pada komputer atau laptop kamu, maka tidak masalah. Contohnya seperti, pada laptop FajrInfo sudah terpasang Office 2007. Lalu ingin memasang Office 2016 tanpa menghapus Office 2007 karena ingin menggunakan dual Office dalam satu sistem.

3. Selanjutnya, masukkan registry ke sistem, agar komputer atau laptop kita dapat membedakan dua Office yang ditanam pada sistemnya. Caranya yaitu dengan mengcopy registry di bawah ini sesuai dengan Office yang tertanam pada sistem Windows kamu.

> Kode untuk office 2003 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\11.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2007 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\12.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2010 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\14.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2013 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\15.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1

> Kode untuk office 2016 :

reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\16.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1 

4. Setelah mengcopy sesuai dengan versinya, lalu tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menjalankan program Run. Setelah muncul program Run, maka pastekan kode registry yang sudah kamu copy tadi pada program Run dan klik OK.

5. Diusahakan dalam memasukkan kode registry juga secara berurutan mulai dari versi yang lebih lama terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

6. Jika sudah selesai semua, lalu kamu instal Officenya.

7. Ketika penginstalan Office yang kedua, maka pilih Customize dan pilih Keep my old version sebelum melanjutkan penginstalannya.

8. Tunggu hingga instalasi program Office selesai.

Apabila masih belum berhasil, kamu bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu dengan cara menjalankan program Run, lalu ketik regedit dan OK.

- Kemudian klik HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Microsoft > Office.

- Lalu klik versi Office yang terpasang pada sistem kamu dengan ketentuan Office 2003 v11.0, Office 2007 v12.0, Office 2010 v14.0, Office 2013 v15.0 dan Office 2016 v16.0. Kemudian klik Word > Options.

- Pada folder Options klik kanan New > DWORD (32-bit) Value. Lalu buatlah registry dengan nama NoReReg lalu tekan ENTER keyboard dan isi Value Data yang tadinya 0 jadi 1 lalu OK dan restart komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Microsoft PowerPoint

Demikian tutorial cara menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer yang dapat FajrInfo sampaikan. Apabila dalam proses pemasangan atau setelah pemasangan mengalami kendala dan trouble, maka sampaikanlah pada kolom komentar di bawah. Atau bagi kamu yang berhasil, silahkan berikan feedbacknya dengan berkomentar. Terimakasih, semoga berhasil.

Sebagai paragraf penutup, FajrInfo ingin berdiskusi dengan sobat yang membaca artikel tentang memasang dua program office dalam satu komputer ini. Apakah di antara sobat sekalian ada yang memiliki cara lain dalam menginstal dua Microsoft Office dalam satu komputer atau laptop selain cara di atas yang telah dijelaskan oleh FajrInfo?
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

51 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Bisa juga ya gan.bisa lah saya coba.hehehe

    BalasHapus
  2. Setelah Install 2 office, office 2007 dan 2016, yang 2016 kok sering not responding ya gan, tapi office 2007 nya lancar gak ada masalah. Mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tahu dipasang pada laptop apa ya gan?

      Hapus
  3. ada cara lain nggak gan, yang tinggal instal aja udah langsung bisa dual office

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo seperti itu tidak ada gan, karena tentu dari pihak Microsoftnya juga sangat tidak merekomendasikan untuk hal semacam itu.

      Sedangkan kalo mau ada juga paling dari para pengembang yang ngoprek, tapi sampai sekarang yang saya tahu masih belum ada yang membuat tool yang bisa berfungsi semacam itu.

      Hapus
    2. Ohh gitu, oke gana, umur udah mulai tua nih jadi penginnya yang simple simple aja... hahahaha

      Hapus
    3. Haha, kalo soal simpel dan instan, semua orang pastinya lebih memilih jika tersedia tool yang bisa diterapkan agar lebih cepat.

      Tapi pelan-pelan aja mas kalo mau menerapkannya, saya yakin panduan di atas sangat mudah dipraktikkan ko. 😀

      Hapus
  4. kak,bagaimana jika yg sudah terinstal lebih dahulu adalah yg versi baru ?ms office saya yg ms 365, tapi saya ingin ganti ke ms 2010 , apakah bisa ?

    BalasHapus
  5. alhamdulillah tutornya success mas. 2 apk tanpa problem, office 2010 dan 2013. terimakasih :)

    BalasHapus
  6. Bang,awalnya saya ms office 2010 tapi jika saya mau install yg 2007 juga itu gpp bang? Kalau yang awalnya terinstall ms office yg baru dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah mas, sekalipun urutan pemasangan versi dari Microsoft Office tidak beraturan juga masih tetap bisa ko. Sebab saya sendiri pernah dari Office 2013 lalu instal Office 2007.

      Hapus
  7. Bisa tidak menginstall paket office 2010 tanpa power point, dan hanya menginstall power point 2013 dalam satu pc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, cara untuk menginstal paket Office 2010 tanpa PowerPoint dan hanya menginstal Office PowerPoint 2013 saja adalah ketika di awal menginstal paket Office, kamu harus memilih opsi "Customize". Disana akan terdapat pilihan untuk menginstal atau memblok program Office yang kita kehendaki.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. awalnya saya mengguanakan office 2016, kemduian mencoba tutorial ini berhasil. Semua file Office word Defult ke 2007 semua, dan pada saat saya memilih untuk edit ( open with) di 2016 tidak berjalana. Mohon penjelasanya mas. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, bisa dijelaskan peringatan apa yang muncul ketika tidak bisa menggunakan Office 2016-nya?

      Hapus
  10. Berarti pada inti y gan, kita tdk bisa menggunakan dua office yg berbeda, terkecuali menggunakan trik y

    BalasHapus
  11. Berarti pada intinya, kita tdk bisa menggunakan dua office sekaligus, terkecuali menggunakan trik y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah berhasil dalam menerapkan cara tersebut di atas, maka kita bisa membuka dua versi Office yang berbeda secara bersamaan.

      Misalnya; Ms. Office Word 2007 dan Ms. Office Word 2016 secara bersamaan akan dengan mudah kita lakukan.

      Hapus
  12. Saya awalnya menggunakan office 2007, dan instal office 2016,, trus saya membuat dokumen di office 2016 tapi pas di save jadi di office 2007,, dan pas mau edit supaya yang tersimapannya di office 2016 itu tidak bisa ,itu kenapa ya ? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh ditebak, maksud dari penjelasan si mbanya tentang masalah yang sedang dialami pada komputer atau laptopnya adalah meskipun terdapat dua versi Microsoft Office, namun yang digunakan sebagai versi default / prioritas saat menggunakan program Office adalah versi Ms. Office 2007.

      Sebenarnya jika runtutan proses pemasangannya diawali dengan Office 2007 lalu Office 2016, maka seharusnya Office 2016-lah yang menjadi program prioritas dalam membuka file-file dokumen Office. Namun sepertinya ada perubahan tidak disengaja atau entah apa yang mengakibatkan Office prioritasnya menjadi yang versi Office 2007.

      Saran kami, agar segera memperbaiki masalah ini jika ingin versi Office 2016 yang dijadikan sebagai program prioritas dengan cara;

      - Masuk ke Control Panel > Uninstall a program (di bawah menu Programs).
      - Kemudian pilih atau klik pada program Office 2016 pada daftar program yang muncul.
      - Setelah itu, klik Change sebelah tombol Uninstall. (jika muncul konfirmasi dari User Account Control pilih saja Yes.
      - Maka jendela Repair Microsoft Office akan muncul.
      - Pilih pada bagian "Quick Repair", lalu konfirmasikan dengan mengklik tombol Repair di paling bawah jendela tersebut.
      - Tunggu hingga proses selesai, dan kemudian Restart komputer atau laptop.

      Semoga penjelasan ini dapat membantu, terimakasih.

      Hapus
  13. kalao kode untuk office 2019 apa gan

    BalasHapus
  14. Office bawaan laptop saya itu tahun 2013, lalu setelah ada pembaruan laptop tiba tiba muncul office 365, akibatnya ketika saya ingin membuka file excel tidak bisa, hanya muncul blank di excel. Kira-kira apa yang harus saya perbuat ? Atau saya uninstall saja office 365 nya ? Mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya UNINSTALL aja Office-nya, dan ganti dengan versi yang lain, jangan gunakan installer Office 2013 sebelumnya, karena dikhawatirkan akan mengalami masalah yang sama.

      Hapus
  15. kak mau tanya cara diatas itu sebelum atau sesudah install office dual?
    soalnya saya masih menggunakan office 2016 dan mau install dual office

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panduan di atas adalah cara untuk menerapkan Dual Office di komputer atau laptop. Langkah-langkah yang dipaparkan berawal dari satu Office terinstal di perangkat desktop kemudian pengguna / pemilik komputer atau laptop menginginkan satu Office lagi untuk dipasang diperangkatnya, sehingga dalam komputer atau laptop tersebut jadi terdapat dua versi Office yang berbeda yang disebut dengan Dual Office.

      Hapus
    2. office yg sudah terinstal apakah harus di uninstal dullu ?
      apa cukup memasukan file registry baru instal office ke 2?

      Hapus
  16. Mantap. Sempat ragu karena belum pernah menginstall office sama sekali. Tapi karena kebutuhan pekerjaan, mau tidak mau harus pake office yang lebih tinggi sementara office yang lama sayang untuk dibuang. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, alhamdu lillahi kedua office tidak ada masalah sampai sekarang. Trims informasinya Gan, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  17. kak mau tanya, office bawaan laptop saya tahun 2019 tp masih home&student, jadi saya ingin install office 365 yg lebih lengkap dan butuh, kira-kira bisa berdampingan gak yaa? rasanya sayang bgt kalau harus uninstall office 2019 huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah tetap bisa, asal langkah-langkah di atas diterapkan dengan baik dan silahkan sesuaikan saja di bagian Registry Editor-nya.

      Hapus
  18. Step 3 itu dilakukan via cmd atau apa ya mas? Saya nyoba di cmd nggak keluar kode registry apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong perhatikan dan ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan panduan. Jika Anda melakukannya sesuai panduan, maka tidak akan mengalami masalah seperti itu.

      Hapus
  19. Kak, kan laptop saya itu office 365 dari sekolah,apa bisa instal offfice yang lainya di laptop saya?
    Laptopnya windows 10. Mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa. Tinggal download file installer Office terbaru, lalu instal seperti biasa dan dipadukan dengan tutorial di atas.

      Hapus
  20. Permisi Pak, mohon bantuannya.
    Nb saya Windows 2007. Sdh pernah instal PowerPoint 2010, dan ingin ganti PowerPoint 2013. Apakah bisa, dan bagaimana caranya ya.
    Dan sebelumnya setelah instal powerpoint 2010 itu, nb nya tiba2 suka mati sendiri.
    Mohon penjelasan dan caranya ya, terimakasih banyak atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, boleh tahu notebook yang dipakai?

      Untuk menggunakan PowerPoint 2013, maka Anda harus menginstal Office 2013. Dan sebaiknya hapus (uninstall) versi Office 2007 dan 2010 yang sudah terinstal di notebook terlebih dahulu.

      Jika semua Office yang terinstal sudah dihapus, maka Anda bisa langsung menginstall software Office 2013 di notebook tersebut.

      Hapus
  21. Balasan
    1. Kalo di laptop saya meskipun Office-nya pake Office 2019 tapi foldernya tetap sama seperti Office 16 dan kodenya pun sama dengan Office 2016.

      Hapus
  22. komputer windows 10 dan sudah ada office 2016 apakah bisa di instal office 2003 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya Office 2013? Office 2013 masih bisa dipasang dengan dual Office di Windows 10.
      Tapi kalau Office 2003 sudah nggak support lagi untuk dipasang di Windows 10.

      Hapus
  23. Boleh².. nnti saya mw coba..
    Mudah²an berhasil ya

    BalasHapus
  24. Jika saya punya office 2016 lalu ingin install office 365 bagaimana ya? Karena setiap kali ingin install office 365 ada offcie click to run nya. Terima kasih

    BalasHapus
  25. saya sudah meninstal office home and student 2021-en-us tapi tidak ada ms accesnya saya mencoba menginstal accesruntime tapi diminta untuk menghapus office home and student 2021-en-us dan office OneNote en-us pertanyaan : Apakah bisa tanpa harus menghapus office sebelumnya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  26. Gan point 3 maksunya gmana?
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. bang, sudah make cara tersebut, untuk install Microsoft office 2016 gandeng dengan Visio 2019, Not Work, ada tutor lain kah bang

    BalasHapus
  28. Min mau tanya. saya sudah lama menggunakan office 365. ternyata saya butuh MS project. apakah bisa saya install ms project 2021 tanpa menghapus office 365?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, Anda dapat mengunduh file installer office sesuai dengan versi microsoft office yang dibutuhkan, lalu pasang pada komputer/laptop. Sebab, Microsoft Project biasanya terdapat installer terpisah dengan paket office lainnya.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama