Sunday, September 10, 2017

Cara Mudah Agar Suhu Komputer Tidak Terlalu Panas

Cara Mudah Agar Suhu Komputer Tidak Terlalu Panas

Sobat Fajrinfo, apakah komputer atau laptop kamu sering mengalami panas berlebih? Jika benar begitu, mungkin tips dan trik yang Fajrinfo bagikan dalam artikel cara mudah agar suhu komputer tidak terlalu panas ini bisa menjadi solusi agar suhu perangkat sobat tetap stabil dan terjaga.

Sebuah perangkat komputer, di dalamnya terdapat beberapa bagian yang tersambung dengan catu daya. Bagian-bagian tersebut karena selalu terhubung dengan daya saat digunakan, maka akan menghasilkan sumber panas pada setiap komponennya. Dari sumber panas tersebut bisa berpengaruh terhadap kinerja komputer, karena tidak semua komponen hardware komputer tahan panas.

Seperti itulah alasan mengapa sebuah perangkat komputer harus beroperasi pada suhu yang tepat, agar semua komponen yang ada di dalamnya dapat bekerja secara maksimal serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini Fajrinfo akan membagikan tips dan trik yang dapat diaplikasikan pada perangkat komputer atau laptop sobat untuk mengatur stabilitas suhu agar tidak terlalu panas.

Baca juga: Cara Menginstal Dua Microsoft Office Dalam Satu Komputer

Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati? Pepatah tersebut kiranya ada korelasi dengan masalah ini. Yaitu lebih baik kita mencegah kerusakan komputer atau laptop dari pada memperbaikinya yang pastinya akan memakan banyak waktu dan biaya.

1. Memberi Sirkulasi Udara Yang Cukup

Cara paling mudah yang bisa sobat lakukan agar suhu komputer selalu terjaga dari panas berlebih adalah dengan memberikan sirkulasi udara yang cukup. Pastikan sobat tidak meletakkan komputer berhadapan dengan perangkat elektronik lain yang akan menghalangi sirkulasi panas keluar dari belakang untuk komputer atau dari samping untuk laptop.

Udara yang dikeluarkan dari lubang sirkulasi komputer atau laptop jangan sampai terhalangi oleh benda apapun. Berilah jarak sekitar 10 cm pada lubang sirkulasi udara tersebut agar panas yang dihasilkan oleh komponen hardware dalam komputer dapat keluar dengan baik.

2. CPU Harus Dalam Keadaan Tertutup

Khusus untuk perangkat komputer, janganlah berpikiran bahwa dengan membiarkan casing (penutup) CPU komputer terbuka akan memberikan sirkulasi udara yang maksimal. Dengan melakukan hal tersebut, justru akan timbul masalah lain yang terjadi pada perangkat komputer.

Disaat penutup CPU komputer dibiarkan terbuka, maka debu dan benda-benda kecil lainnya akan masuk dan menyumbat pergerakan pendingin komputer. Sehingga hal tersebut akan memperlambat kinerja pendingin hingga akhirnya kipas pendingin itu akan lebih cepat rusak dari seharusnya.

Baca juga: Mengapa Saat Ini Media CD Dan DVD Sudah Jarang Digunakan

Selain itu, sirkulasi udara yang dihasilkan akan tidak teratur, sebab bentuk dari sebuah penutup CPU komputer pada hakekatnya bertujuan agar komputer bekerja dengan baik dengan sirkulasi udara yang telah disusun sedemikian rupa.

3. Membersihkan Komputer Secara Teratur

Komputer atau laptop yang tidak dibersihkan secara teratur, pasti akan dihinggapi banyak debu dan kotoran. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama, debu dan kotoran tersebut akan menjadi biang kerok timbulnya kerusakan pada perangkat komputer atau laptop jika tidak dibersihkan secara teratur.

Luangkanlah waktu untuk selalu membersihkan komputer dan laptop demi kenyamanan kita saat menggunakannya. Maka dari itu, membersihkan komputer dan laptop secara teratur adalah termasuk kebiasaan yang baik bagi perangkat tersebut. Sebab, tidak sedikit kerusakan komputer atau laptop dapat diatasi dengan hanya membersihkannya saja.

Apabila komputer atau laptop yang kita miliki berjalan dengan baik dan memiliki kinerja yang bagus, tentu yang diuntungkan adalah kita sendiri sebagai penggunanya. Jadi, usahakanlah agar komputer atau laptop kita selalu dibersihkan secara rutin demi kelancaran kinerjanya dan pekerjaan kita.

4. Memindahkan Perangkat Komputer Atau Laptop

Apabila sobat menaruh komputer atau laptop berdampingan dengan sumber panas, tentu hal tersebut bukanlah cara yang tepat dalam perawatan komputer atau laptop. Sebab, perangkat akan bekerja lebih ekstra akibat sirkulasi udara terganggu dan suhu dalam perangkat akan semakin meningkat.

Langkah yang harus sobat lakukan adalah dengan cara memindahkannya ke tempat yang lebih baik sebagaimana di bahas pada poin kedua di atas. Karena setiap suatu benda memiliki anjuran tempat yang layak bagi benda itu sendiri.

Sebagaimana air mineral dalam botol tidak boleh disimpan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Begitu pula dengan perangkat komputer atau laptop yang tidak disarankan untuk menyimpannya berdampingan dengan perangkat lain yang menghasilkan panas.

5. Memasang Kipas Pendingin Eksternal

Kipas pendingin eksternal sangat berperan bagi kelancaran sirkulasi udara dan kestabilan suhu pada perangkat komputer atau laptop. Dengan kipas pendingin eksternal, lalu lintas udara pada perangkat akan lebih lancar. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang diharapkan dalam perawatan perangkat komputer atau laptop.

Baca juga: Cara Mengamankan Flashdisk Dengan Password

Di pasaran, kipas pendingin eksternal ini sangat banyak macam dan jenisnya. Fajrinfo sarankan agar membelinya menyesuaikan dengan perangkat yang sobat miliki, mulai dari ukuran, daya yang dibutuhkan, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah kipas pendingin tersebut. Sesuaikanlah dengan keadaan keuangan sobat, karena meskipun katanya "ada harga ada kualitas", statement tersebut tidak sepenuhnya benar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara perawatan komputer atau laptop agar tidak memiliki suhu yang panas ini Fajrinfo bagikan untuk sobat. Semoga artikel yang berjudul cara mudah agar suhu komputer tidak terlalu panas ini dapat bermanfaat bagi sobat pengunjung blog Fajrinfo ini.
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
SELANJUTNYA Next Post
SEBELUMNYA Previous Post
 

Langganan Berita Teknologi Informasi Terkini Gratis