Mengenal Lebih Banyak Layanan Internet Produk Google

Hai sobat FajrInfo. Kali ini FajrInfo membuat artikel dengan kategori internet dan tekno. Pembahasannya adalah tentang layanan internet buatan Google. Sobat, apakah kamu sudah tahu mengenai hal itu?

Mengenal Beberapa Layanan Internet Produk Google

Selama ini, Google yang kita ketahui adalah sebagai mesin pencari yang dapat membantu kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas di internet. Sehingga ketika mendengar atau membaca kata “Google”, yang terbersit dalam pikiran kita adalah layanan pencarian di internet. Mau mencari artikel tentang apapun lebih mudah melalui pencarian google.

Pada dasarnya, opini masyarakat Indonesia mengenai Google memang benar begitu. Namun tahukah kamu bahwa Google juga memiliki layanan lain yang tidak kalah canggihnya dengan Google Search Engine (Mesin Pencari Google) yang biasa kita gunakan untuk berselancar di internet? Pada kesempatan ini FajrInfo akan sedikit menjelaskannya agar dapat mengenal beberapa layanan internet produk Google lainnya.

Google Mail

Google Mail adalah layanan surat elektronik (email) besutan Google yang diberikan kepada pengguna secara gratis. Dari akun email tersebut dapat digunakan untuk layanan lainnya dengan ditandai adanya slogan milik yang berbunyi “Satu Akun Google untuk semua produk Google” pada setiap kita akan masuk ke dalam akun tersebut.

Slogan itu memilik arti begini, jika kamu punya akun Gmail maka kamu juga sudah memiliki akses ke layanan buatan Google lainnya, seperti; Gmail, Maps, Youtube, Drive, Picasa, Playstore, Chrome, Blogger dan lainnya. Untuk pembahasan mengenai Gmail yang lebih terperinci, silahkan baca artikel tentang Gmail, layanan email terbaik masa kini.

Youtube

Youtube adalah sebuah situs berbagi video milik Google. Situs ini merupakan situs berbagi video terbesar dan yang paling banyak penggunanya. Google memberikan fasilitas kepada pengguna Youtube agar dapat mengunggah, menonton, juga berbagi video.

Perlu kamu ketahui bahwa telah banyak kisah dan cerita yang menjadi sejarah seseorang dapat diuntungkan oleh layanan berbagi video ini. Sebab dengan kita mengunggah dan membagikan video dalam layanan Google ini, kita juga dapat memonetisasi akun Youtube tersebut untuk memperoleh keutungan dari video yang kita bagikan kepada penonton Youtube tersebut.

Blogger

Blogger adalah layanan sub domain gratis yang diberikan Google untuk para penulis blog atau website dengan brand blogspot. Meskipun hanya sub domain, blogger mampu bersaing dalam sistem pencarian internet.

Konon katanya, pada awalnya blogger.com dimiliki oleh Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh raksasa internet Google. Layanan ini merupakan pelopor dari media blog yang mewadahi para penulis blog untuk menuangkan segala pemikiran atau karya-karyanya yang dapat dipublikasikan. Sehingga dapat diketahui oleh banyak orang yang membutuhkan artikel tertentu dengan keperluannya.

Google Drive

Google Drive adalah layanan file sharing berbasis awan atau Cloud. Dengan Drive, kita dapat menyimpan, mengunduh dan membagikan file yang tersimpan kapan saja dan dimana saja, ibarat kita mempunyai harddisk eksternal di internet.

Layanan ini dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pengguna internet pada masa ini guna memobilisasi aktivitasnya dalam melakukan kegiatan sehari-hari agar dengan akses yang mudah dan instan.

Meskipun tergolong layanan Cloud gratis, Google memberikan kapasitas yang tergolong sangat besar dibanding penyedia layanan yang lain karena membekali pengguna dengan penyimpanan standar sebesar 15 GB dan dapat ditingkatkan lagi hingga sebesar 100 GB dengan berlangganan setiap bulannya.

Coba bayangkan, yang gratis saja sudah sebesar itu. Kayanya ukuran 15 GB sangat cukup apabila hanya untuk penyimpanan berkas yang berbentuk dokumen biasa. Karena ukuran dokumen saja paling tidak maksimal hanya sekitar 1 MB.

Google Adsense

Google Adsense adalah suatu program periklanan milik Google melalui situs website atau blog yang telah menjadi anggota Google Adsense. Biasanya program ini dijadikan sebagai pendapatan tambahan dan dapat dibilang sebagai idaman bagi para blogger.

Selain blogger, Google Adsense juga dapat dijadikan ladang penghasilan bagi orang yang gemar berbagi video di situs Youtube. Para Youtuber dapat memonetisasi akunnya berdasarkan nilai klik dan view pada channel Youtube yang mereka miliki.

Google Maps

Google Maps adalah layanan pemetaan yang dikembangkan oleh Google. Produk ini dapat membantu kita untuk menampilkan citra satelit, peta jalan, kondisi lalu lintas, juga dapat membantu kita untuk memberitahukan rute perjalanan saat bepergian dengan berjalan kaki, menggunakan mobil, bersepeda, atau bahkan angkutan umum. Layanan ini menjadi lebih mudah digunakan dengan dikembangkannya Google Maps berbasis aplikasi smartphone.

Dengan makin berkembangnya teknologi, para pengguna juga diperkenankan untuk berkontribusi dalam layanan Google Maps ini untuk memberikan informasi mengenai tempat ibadah, restoran, rumah makan, kantor dan lain sebagainya. Mereka yang ikut berkontribusi dalam layanan Google Maps biasanya disebut sebagai Local Guides oleh Google.

Google Plus

Google+ atau biasa dibaca "Google Plus" merupakan layanan sosial media buatan Google yang memberikan pengalaman menarik dan berbeda dari jejaring sosial lainnya. Google Plus ini dibekali dengan banyak fitur yang telah terintegrasi dengan layanan milik Google lainnya sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan dirinya secara maksimal. Tentunya hal tersebut tidak akan ditemukan pada layanan sosial media lainnya.

Sebab sebagaimana kita ketahui, Google memiliki banyak layanan internet lainnya misalnya saja seperti Google Foto sebagai penunjang. Dengan banyaknya layanan lain yang dimiliki oleh Google, pengguna media sosial Google Plus tidak akan kesuliatan untuk berbagi informasi kepada siapapun dengan hanya satu akun.

Google Playstore

Bagi pengguna perangkat Android pasti tidak akan asing lagi dengan layanan milik Google yang satu ini. Apalagi mereka yang senang bermain game pada gadget kesayangannya.

Google Play Store adalah layanan konten digital yang merupakan toko daring (online) dari beberapa jenis produk, seperti; aplikasi, permainan, buku, lagu/musik. Layanan ini biasanya terdapat pada perangkat-perangkat bersistem operasi Android. Google Play Store juga terdapat pada sistem operasi Google TV. Program atau aplikasi ini adalah pengganti dari program Android Market.

Google Docs

Google Docs merupakan layanan pengolah kata atau presentasi. Layanan ini serupa dengan program Microsoft Office Word, PowerPoint juga Excel. Namun perbedaannya pada Google Docs ini berbasis web dan online. Sehingga untuk menunjang kemampuan layanannya pada kebutuhan pengguna, Google memberi ruang penyimpanan Cloud sebesar 1 GB secara gratis.

Google Docs dapat digunakan ketika mencari dokumen yang kita butuhkan walaupun hanya sekedar untuk mereviewnya saja. Bagi pengguna browser Chrome, biasa Google Docs sudah terpasang secara otomatis dan dapat langsung digunakan untuk membuka dokumen online pada browser tersebut.

Google Translate

Sesuai dengan namanya, Google Translate (Terjemahan) merupakan layanan yang disediakan Google untuk menerjemahkan teks baik berupa halaman web maupun berupa gambar. Kemampuannya selalu dikembangkan oleh Google hingga pencapaiannya seperti sekarang ini. Jika kamu mengakses suatu halaman website yang konten di dalamnya tidak kamu pahami bahasanya, kamu dapat menggunakan layanan Google yang satu ini.

Sejauh ini yang FajrInfo ketahui tentang kegunanaan Google Translate adalah, layanan tersebut dapat menerjemahkan kalimat dengan tingkat akurasi tinggi seperti hasil terjemahan manusia. Hal tersebut dapat kita rasakan ketika menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia. Selain itu, kita juga dapat menerjemahkan bahasa asing dari media gambar atau foto. Dengan aplikasi Google Translate, kita dapat dengan mudah menerjemahkan bahasa asing secara langsung pada perangkat smartphone yang kita gunakan.

Demikian pembahasan kita untuk mengenal beberapa layanan internet produk Google yang memang tidak semua dapat dibahas pada kesempatan kali ini. Informasi yang FajrInfo berikan ini berdasarkan tingkat kepopuleran layanan-layanan internet yang dikembangkan oleh Google. Untuk pembahasan lebih terperincinya dari masing-masing layanan, Insya Allah akan FajrInfo sampaikan di lain kesempatan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Advertisement
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner