Setelah Google Chrome Membeku, Lalu Ada Masalah Baru Lagi?

Google Chrome Membeku Telah Teratasi, Tapi Ada Masalah Baru Pada Windows 10?

Microsoft kemarin merilis cumulative update untuk Windows 10 April Update 2018 (versi 1803) dalam menangani sebagian besar masalah kritis. Update patch ini ditujukan untuk semua perangkat yang menjalankan Windows 10 versi 1803 dan sistem akan menginstal patch secara otomatis.

Kali ini Microsoft juga memperbaiki bug Windows 10 April Update 2018 yang mengakibatkan Google Chrome jadi membeku pada beberapa perangkat tertentu.

Pada minggu lalu, Microsoft mengakui adanya bug kritis pada Windows 10 yang membekukan Google Chrome, Hey Cortana, serta beberapa aplikasi lain. Bug itu juga menyebabkan perangkat menjadi hang (macet) sepenuhnya. Dalam publikasi forum komunitas Windows, Microsoft menegaskan bahwa Windows 10 Build 17134.38 ini dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Build 17134.38 merupakan cumulative update pertama bagi Windows 10 versi 1803 yang menjadi fokus utama dalam update kali ini adalah perbaikan beberapa bug.

Baca juga : Review Penggunaan Antivirus Eset Smart Security Pada Windows 10

Namun terdapat laporan yang mengklaim bahwa update KB4103721 ini menyebabkan layar menjadi hitam pada beberapa hardware tertentu. Entah bagaimana masalah ini bisa terjadi, karena dari pihak Microsoft pun belum ada pernyataan resmi mengenai masalah pemasangan update ini.

Untuk mendapatkan cumulative update Windows 10 April Update (KB4103721), Anda dapat mengaksesnya melalui tombol Start Menu, lalu buka Settings > Update & Security > Windows Update, lalu pilih Check for updates.

Dari laporan yang mengklaim bahwa patch untuk Windows 10 April Update 2018 ini berdampak pada sistem yang mengakibatkan layar menjadi hitam, hingga kini belum juga ditemukan solusi untuk mengatasinya. Masalah layar menjadi hitam ini karena sistem gagal boot setelah proses instalasi selesai.

Solusi sementara bagi yang telah terlanjur memasang update patch ini, Anda dapat menghapus Windows 10 April Update 2018 atau masuk ke tampilan Safe Mode dan menghapus pembaruan secara manual. Tidak perlu khawatir, jika hal tersebut belum juga berhasil untuk mengatasinya, maka lebih baik kembalikan saja sistem operasi ke versi Windows 10 sebelumnya (direkomendasikan versi Fall Creators Update).

Baca juga : Cara Aman Menghapus Windows.old Setelah Melakukan Upgrade Sistem Windows 10

Seperti telah disebutkan di atas, belum ada pernyataan resmi dari Microsoft mengenai masalah cumulative update pada Windows 10 versi 1803 ini. Hingga kini patch update ini masih tersedia untuk diunduh. Untuk itu lebih baik hentikan terlebih dahulu Windows Update pada pengaturan perangkat Anda hingga Microsoft merilis perbaikan berikutnya.

Demikian pembahasan mengenai masalah cumulative update pada Windows 10 April Update ini pada blog Fajrinfo. Bagi sobat yang memiliki pengalaman lain tentang pembaruan ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini.

Berlangganan artikel tentang teknologi informasi terbaru via email :

0 Response to "Setelah Google Chrome Membeku, Lalu Ada Masalah Baru Lagi?"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel