Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

Sebelum era smartphone seperti sekarang ini, biasanya semua kontak yang Anda miliki berada di berbagai tempat. Kontak telepon di ponsel Anda, kontak email di ID email Anda, kontak Facebook berada di Facebook, dll.

Hari ini semua kontak Anda dapat disinkronkan ke ponsel Android Anda dan itu merupakan ide yang bagus. Namun, penerapannya tidak selalu ideal. Anda mungkin sering menemukan daftar kontak Anda, penuh dengan kontak duplikat.

Di Android, kontak biasanya disinkronkan ke Google sehingga kapan saja Anda masuk dengan Google ID di telepon baru, maka semua kontak Anda akan ada di sana secara otomatis. Namun, Anda juga memiliki opsi untuk membuat cadangan lokal dalam bentuk file .vcf.

Hal ini dapat menghasilkan sejumlah kontak duplikat. Untungnya, Android juga memberi Anda opsi untuk mengelola, menghapus, dan menggabungkan kontak duplikat tersebut di perangkat Android.

Mengelola, Menghapus & Menggabungkan Duplikat Kontak Pada Android Via Web


Perangkat Android memiliki aplikasi Contact yang memungkinkan Anda melakukan hampir semua pengelolaan yang Anda butuhkan. Tetapi biasanya, kontak yang Anda gabungkan atau hapus mungkin tidak tercermin secara online di Google Kontak Anda.

Selain itu, perangkat OEM yang berbeda dikirimkan dengan aplikasi kontak berbeda yang membuat pengalaman pengguna tidak konsisten. Jika kami menunjukkan kepada Anda cara melakukan sesuatu menggunakan aplikasi Google Kontak yang tersedia di Pixel dan perangkat Android bawaan lainnya, hal itu mungkin tidak berfungsi pada perangkat Samsung Anda.

Demikian pula, tutorial untuk perangkat Samsung mungkin belum tentu berfungsi pada perangkat Huawei. Aplikasi Google Kontak meskipun memiliki beberapa kelebihan dibandingkan aplikasi OEM bawaan. Pertama, ini tersedia di Playstore untuk semua orang, dan kedua, dapat digunakan di web.

Versi web bahkan memiliki alat khusus untuk memungkinkan Anda menemukan dan bertindak berdasarkan kontak duplikat.

1- Untuk menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus masuk ke link contacts.google.com dan masuk dengan ID Google Anda.

2- Kemudian Anda akan melihat antarmuka yang familiar jika Anda telah menggunakan aplikasi kontak Google di ponsel Android Anda sebelumnya. Pada kolom sebelah kiri, klik Duplicates.

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

3- Anda tidak akan dapat melihat kontak duplikat sebagai kartu tunggal yang dapat Anda gulirkan. Setiap kartu memiliki opsi untuk melakukan Merge / Menggabungkan kontak yang ditampilkan atau mengabaikannya dengan mengklik Dismiss.

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

4- Klik pada opsi yang Anda inginkan dan keluar setelah selesai. Penggabungan kontak akan menyimpan nomor dan informasi serta akan menimpa informasi di kedua kontak yang sama.

Ada beberapa kelemahan dalam pendekatan ini. Pertama, Anda harus secara individual memilih tindakan untuk setiap duplikat kontak. Dan kedua, cara itu hanya berfungsi jika semua kontak Anda disinkronkan ke Kontak Google.

Harus Baca : Cara Mengatasi Kinerja Smartphone Lawas Agar Tetap Prima

Menggabung Duplikat Kontak Pada Android Menggunakan Contact Optimizer


Jika tidak menyimpan kontak di Google ID Anda melainkan menggunakan penyimpanan lokal perangkat Anda, metode di atas mungkin tidak akan berfungsi. Bahkan jika Anda memiliki banyak duplikat, metode di atas malah akan menjadi rumit.

Setiap kali saya menghadapi beberapa duplikat kontak, saya bergantung pada satu aplikasi yang bekerja untuk pertama kalinya. Saya hanya menggunakan hasil yang bagus, jadi saya sarankan menggunakan aplikasi bernama Contacts Optimizer.

Sebagian besar fitur disini tidak gratis, namun jika Anda menyukai aplikasi, dapatkan versi Pro agar mungkin sepadan dengan fiturnya. Dalam banyak kasus, Anda tidak akan benar-benar membutuhkan versi Pro. Karena ini mudah digunakan dan melakukan hampir semua yang Anda ingin lakukan pada daftar kontak Anda.

Yang paling penting, perubahan yang Anda buat juga disinkronkan ke akun Google. Anda juga dapat mengatur kontak dari sumber lain seperti yang tersimpan pada kartu SIM, Memori Telepon atau pun akun lain seperti WhatsApp.

Contacts Optimizer


Nama Aplikasi : Contacts Optimizer

Harga : Gratis

22,018 Downloads

DOWNLOAD DI GOOGLE PLAYSTORE

1- Luncurkan aplikasi dan Anda akan disambut dengan halaman yang menunjukkan perubahan dalam pembaruan terbaru dan cara menggunakan aplikasi. Ketuk Next dan Anda akan berada di layar aplikasi utama.

2- Ketuk pada opsi Select account dan kemudian pilih sumber kontak yang ingin Anda kelola.

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

3- Setelah Anda memilih sumber, pilih Tap to find duplicates. Segera setelah Anda melakukannya, aplikasi akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak duplikat yang Anda miliki.

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

4- Ketuk Delete duplicates.

5- Pilih duplikat untuk menghapus dan kemudian ketuk Next.

Jangan lewatkan : Pengen Ganti Background? Inilah 5 Aplikasi Wallpaper Android Terbaik

Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android

6- Ketuk Finish di halaman berikutnya dan selesai.

Mudah sekali bukan. Jika Anda menginginkan fungsionalitas lebih lanjut yang canggih, Anda selalu dapat mempertimbangkan untuk mengupgrade ke versi Pro yang dapat membuka banyak fitur. Salah satunya adalah Anda dapat menggabungkan beberapa kontak sederhana menjadi satu kontak yang kaya.

Misalnya, jika Anda memiliki alamat email seseorang di Google ID Anda, dan nomornya di ponsel Anda, maka Anda dapat menggabungkan dua kontak menjadi satu kontak dengan nomor telepon dan ID email tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan sejumlah aplikasi penghapus kontak duplikat di playstore. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang Fajrinfo rekomendasikan agar dapat Anda coba untuk mengatasi masalah duplikat kontak pada ponsel Android.

Nama Aplikasi : Duplicate Contacts Remover Pro

Harga : Gratis

222,017 Downloads

DOWNLOAD DI GOOGLE PLAYSTORE


Nama Aplikasi : Duplicate Contacts Remover

Harga : Gratis

52,017 Downloads

DOWNLOAD DI GOOGLE PLAYSTORE

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Mengelola, Menghapus Dan menggabungkan Duplikat Kontak Pada Ponsel Android"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel