Akhirnya Pendaftaran Domain .dev Sekarang Telah Dibuka Untuk Umum

Belum genap berjalan dua minggu diperkenalkan ke publik, akhirnya kini untuk pendaftaran Top Level Domain (TLD) .dev (dot dev) mulai dibuka untuk komersil / umum.

Sebagaimana namanya, domain .dev ini merupakan TLD yang diklaim Google cocok bagi para pengembang aplikasi (developer) dan juga para pelaku pada bidang industri teknologi.

Akhirnya Pendaftaran Domain .dev Sekarang Telah Dibuka Untuk Umum

Peminat domain .dev dapat mendaftarkan nama domain situs web dengan akhiran .dev, misalnya "namakamu.dev", "idekamu.dev", atau "terserah.dev", yang penting masih belum digunakan oleh orang lain.

Pada situs web yang menggunakan domain tersebut, nantinya para pengembang dapat memamerkan sofware untuk komputer, bahasa pemrograman, situs blog, juga informasi terkait pengembang lainnya.

Untuk website, semua situs dengan akhiran domain .dev secara default akan otomatis menggunakan HTTPS sebagai pelindung situs web dan pengunjung dari bahaya serangan malware melalui iklan, tracking injection dari pelaku penyedia layanan internet (ISP), ataupun dari jaringan Wi-Fi yang tidak terproteksi.

Untuk mendapatkan domain TLD yang berakhiran .dev ini, pengguna bisa mendaftarkan nama domain yang diinginkan di berbagai penyedia registrar kepercayaan mereka. Daftar registrar yang telah mendukung untuk domain .dev dapat dilihat pada tautan berikut.

Untuk harga satu domain, TLD .dev dibanderol dengan nominal harga yang bervariasi tergantung pada penyedia registrar yang dipilih. Rata-rata harganya adalah mulai dari 15 dollar AS atau setara dengan Rp. 211.796 untuk satu tahun.

Informasi yang didapat, misalnya domain "fajrinfo.dev" dibanderol dengan kisaran harga Rp 165.930/tahun pada registrar kepunyaan Google. Sementara itu, pada registrar GoDaddy, domain dengan nama yang sama dibanderol dengan harga Rp. 199.000 untuk satu tahun pertama dan Rp 291.727 untuk tahun berikutnya.

Uniknya, Google menawarkan domain TLD .dev ini secara gratis kepada para peminat yang sudah mendaftarkan diri untuk memperoleh tiket acara Google I/O di tahun ini, sebagaimana dihimpun Fajrinfo dari KompasTekno, Jumat (1/3/2019).

Bagi para pengembang, domain TLD .dev ini dapat menjadi alternatif domain dari yang berakhiran .app yang telah diluncurkan oleh Google tahun lalu. Sama seperti domain TLD .dev, domain .app juga cocok bagi para pengembang aplikasi, serta mereka yang berkecimpung di bidang dunia teknologi.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama