Cara Agar Pemakaian Lampu LED Menjadi Lebih Awet Cara Agar Pemakaian Lampu LED Menjadi Lebih Awet - Fajrinfo

Secara prinsispnya, umur lampu LED mestinya harus dapat bertahan sampai bertahun-tahun pemakaian. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan lampu LED yang kamu miliki menjadi cepat rusak dalam tempo waktu tidak sampai setahun.

Berikut ini adalah empat hal yang dapat kamu terapkan agar pemakaian lampu LED kamu dapat berumur panjang. tips dan trik dalam pemakaian lampu LED ini berdasarkan penuturan dari CNET.

Cara Agar Pemakaian Lampu LED Menjadi Lebih Awet

1. Berikan Ruang Yang Cukup


Biasanya lampu LED didesain untuk tidak dipasang pada ruangan yang sempit, misalnya dipakai sebagai lampu penerangan di atas kipas pada langit-langit suatu ruang.

Tempat yang sempit, ditambah juga dengan adanya kipas angin gantung di bawahnya dapat menyebabkan cahaya dari lampu LED menjadi berkerlip, proses ini dapat menyebabkan lampu menjadi cepat panas oleh sebab sirkulasi udara yang kurang memadai.

Suhu panas merupakan salah satu hal yang dapat mempersingkat durasi waktu hidup suatu lampu LED. Oleh sebab itu, kamu perlu menempatkan lampu LED pada tempat yang memiliki diameter tidak kurang dari setengah inci demi memberi ruang yang cukup agar terdapat sirkulasi udara bagi lampu LED tersebut.

2. Pastikan Lampu Tidak Terlalu Dingin Dan Panas


Sebaiknya, suhu ruang dimana lampu LED tersebut ditempatkan adalah tidak lebih antara 10 hingga 27 derajat celcius. Sedangkan jika suhu ruang terlalu rendah, maka akan membuat lampu LED menjadi bekerja lebih ekstra dalam memancarkan sinar untuk menerangi ruangan.

Sedangkan apabila suhu lampu LED terlalu tinggi, maka akan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lampu, hingga akhirnya umur lampu LED akan menjadi lebih cepat mati, hal tersebut berdasarkan penjelasan dari Energy Star.

3. Sesuaikan Kapasitas Sumber Listrik


Jika ingin memiliki lampu LED yang dapat bertahan lama alias awet, maka kamu harus dapat menyesuaikan kapasitas daya yang dibutuhkan oleh lampu dan sumber daya. Jika daya dialiri lampu terlau besar, maka dapat mengakibatkan lampu cepat rusak.

Kamu dapat melihat kapasitas daya yang melalui lampu di dekat kamu memasang lampu tersebut. Disitu, mestinya terdapat stiker berwarna gold yang mencantumkan kapasitas (dalam satuan watt) terbaik yang cocok untuk lampu tersebut.

Baca juga: Cara Memperbaiki Memori MicroSD Rusak Tanpa Menghapus Semua File

4. Jangan Terlalu Sering Mematikan Dan Menyalakan Lampu LED


Semakin sering kamu menghidupkan dan mematikan lampu LED, maka lampu LED tersebut akan semakin cepat rusak. Oleh sebab itu, jika di rumah ada anak-anak yang sering memainkan lampu dengan menyalakan dan mematikannya, lebih baik untuk memberi pengarahan padanya agar tidak melakukan hal itu.

Selain mampu bertahan lebih lama dari lampu biasa, lampu LED juga diklaim memiliki cahaya yang lebih terang walaupun kapasitas daya yang diperlukan lebih rendah.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan mengenai cara agar pemakaian lampu LED menjadi lebih awet dan tahan lama. Semoga kamu dapat menerapkan beberapa uraian yang telah dijelaskan di atas, agar lampu LED tersebut memiki ketahanan yang maksimal.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama