Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Sebagian besar ponsel cerdas (smartphone) memiliki slot kartu memori microSD yang dapat digunakan untuk memperluas penyimpanan. Mungkin ada berbagai alasan mengapa kartu memori menjadi rusak dan situasinya pasti akan menjadi tidak menyenangkan jika kita memiliki banyak foto dan video serta dokumen yang tersimpan di dalamnya.

Dalam beberapa kasus, memformat kartu MicroSD adalah satu-satunya cara untuk memperbaikinya dan membuatnya bisa digunakan lagi. Akan tetapi jika kita melakukan cara itu, maka semua yang tersimpan di kartu memori akan terhapus.

Dalam artikel ini, Fajrinfo akan membagikan panduan tentang bagaimana cara agar kita dapat mengatasi dan memperbaiki kartu microSD yang rusak tanpa kehilangan data apapun.

Kartu memori MicroSD adalah pilihan penyimpanan yang bertujuan untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Kartu memori ini menjadi populer berkat boomingnya ponsel pintar pada saat sekarang ini. Akan tetapi, memori jenis ini juga rentan terhadap beberapa masalah.

Kartu SD yang rusak cukup umum akhir-akhir ini. Kadang-kadang, tanpa alasan tertentu sama sekali, kartu MicroSD menjadi mati total, tidak terdeteksi, hingga akhirnya tidak dapat diakses.

Ketika kamu mencoba menggunakan kartu pada perangkat apapun, kamu akan diminta untuk memformat kartu SD untuk memperbaiki masalah. Meskipun tidak ada cara pasti untuk tidak kehilangan data dan memperbaiki kartu MicroSD tersebut, namun ada suatu hal yang bisa kamu coba.

Perintah CHKDSK Untuk Memperbaiki Kartu MicroSD


Metode chkdsk harus menjadi pilihan pertama kamu ketika menghadapi masalah seperti ini. Cara ini adalah alat baris perintah pada Windows yang memungkinkan untuk mengatasi atau memperbaiki kartu microSD yang rusak dan mendapatkan kembali akses ke semua file penting milikmu di dalamnya.

Baca juga: Kesal Internetan Karena Iklan? 5 Aplikasi Pemblokir Iklan Ini Perlu Kamu Coba!

Dalam kasus MicroSD, kamu akan memerlukan pembaca kartu MicroSD (card reader), tapi kebanyakan laptop produk sekarang sudah banyak yang memiliki slot kartu MicroSD tersendiri.

1- Hubungkan kartu MicroSD / SD Card kamu ke komputer / laptop Windows.

2- Tekan tombol Windows lalu ketik "cmd" untuk mencari Command Prompt. Kamu juga dapat mengklik kotak pencarian dan mengetik "cmd" pada Windows 10.

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

3- Klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as administrator.

4- Ketikkan chkdsk /X /f sd_card_letter: atau chkdsk sd_card_letter: /f. Misalnya, jika kartu MicroSD ditampilkan pada komputer sebagai drive E:, ketik chkdsk /X /f E: atau chkdsk E: /f

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Maka Windows akan memeriksa kesalahan kartu MicroSD / SD Card kamu dan memperbaikinya tanpa menghapus data apapun. Proses ini dapat memakan waktu hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran kartu yang kamu miliki.

Setelah selesai semua, jika kamu melihat pemberitahuan "Windows has made corrections to the file system" di jendela Command Prompt, selamat akhirnya kamu punya alasan untuk bergembira. Kini kartu memori kamu telah diperbaiki. Sekarang kamu dapat melihat data di dalamnya pada perangkat apapun seperti biasanya.

Alat Pemulihan Data (Data Recovery Tool) Untuk Memperbaiki Kartu MicroSD Yang Rusak


Ada kemungkinan yang menyebabkan metode di atas mungkin tidak cocok bagi kamu, sehingga tidak berhasil memperbaikinya.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Android Cepat Rusak

Jika kamu memiliki akses ke berbagai Sistem Operasi komputer, kamu dapat mencoba menghubungkan kartu MicroSD dengan semua perangkat yang kamu miliki.

Bila salah satu diantaranya dapat membaca kartu memori tersebut, maka segeralah mengamankannya dengan cara menyalin data file di dalamnya dan kemudian memformat kartu memori tersebut.

Namun jika tidak bisa dibaca oleh berbagai perangkat, maka satu-satunya pilihan adalah dengan memformat kartu MicroSD tersebut dan kemudian mencoba memulihkan data yang hilang menggunakan perangkat lunak (software) pemulihan data dari pihak ketiga.

Ada beberapa opsi software recovery tool untuk dipilih, kebanyakan dari software ini berbayar, tapi tetap ada juga yang gratis. Beberapa nama populer software data recovery tool adalah iSkysoft, Recuva, EasUS, dll.

Gunakan perangkat lunak apapun pilihanmu segera setelah memformat kartu MicroSD untuk memastikan pemulihan dapat berjalan maksimal. Sekali lagi, data yang ditulis ke kartu memori, pemulihan data yang dihapus akan menjadi lebih sulit.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki memori MicroSD yang rusak tanpa menghilangkan data file yang kamu miliki. Semoga masalah yang sedang kamu hadapi terkait memori eksternal MicroSD ini dapat terselesaikan.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data"

Posting Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel