Cara Unik Membuat Password Yang Kuat Dan Mudah Diingat - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 24 April 2019

Cara Unik Membuat Password Yang Kuat Dan Mudah Diingat


Cara Membuat Password Yang Kuat Dan Mudah Diingat

Membuat password (kata sandi) kadang seperti halnya memakan buah simalakama. Jika kita menyusun kombinasi password dengan hal yang mudah diingat, hal itu justru akan menyebabkan password kita rentan terhadap peretasan.

Sedangkan ketika kita membuat password menggunakan kombinasi yang rumit, besar kemungkinan kita akan lupa terhadap rangkaian password yang telah kita susun dengan rumit tersebut.

Menurut para ahli di Kaspersky Lab., jika satu password dipakai untuk beberapa akun layanan online justru akan memperbesar peluang bagi pelaku kriminal siber untuk meretas akun yang kita miliki.

Beberapa waktu lalu, terdapat banyak isu mengemuka tentang layanan sosial media yang sistem keamanannya diretas. Peristiwa tersebut mengakibatkan kebocoran jutaan alamat email dan password yang dapat disalahgunakan oleh hacker untuk menyusup ke akun pengguna.

Jika kamu menggunakan password yang sama untuk login ke beberapa akun layanan online, maka jika salah satu password akun kamu bocor, maka para peretas akan dapat menyusup ke semua akun yang kamu miliki. Oleh sebab itu, sebaiknya buatlah password yang berbeda untuk setiap akun yang kamu miliki.

Membuat Kata Sandi Yang Kuat Dan Mudah Diingat


“Masih banyak yang salah paham terhadap makna dari kata sandi yang kuat. Kini banyak situs yang menuntut kata sandi kompleks yang terdiri dari setidaknya delapan atau lebih kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus. Inilah yang seringkali diartikan oleh banyak pengguna mengenai kata sandi yang 'kuat', dan itu dapat menjadi sebuah mimpi buruk," kata peneliti keamanan Kaspersky, David Jacoby.

Tahukah kamu, bagaimana cara membuat password yang unik dan berbeda untuk setiap akun layanan online yang mudah untuk mengingatnya walaupun banyak?

Nah, dalam hal ini kamu perlu menentukan satu password utama yang tidak berubah. Untuk itu, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilihlah satu frasa, lirik lagu, kutipan dialog film, slogan, atau apapun yang sangat berkesan bagi kamu.

2. Ambil huruf pertama dari empat sampai enam kata pertama pada hal yang berkesan tersebut.

3. Tambahkan karakter / tanda baca khusus seperti @ atau # di tengah atau di akhir kata yang kamu gunakan.

Baca juga: Mengapa Username Lebih Mudah Diingat Dari Pada Password?

Mengingat setiap akun layanan online (seperti sosial media atau akun perbankan) harus memiliki password / kata sandi yang berbeda. Kamu dapat menambahkan kata yang diasosiasikan pada layanan tertentu ke password utama yang telah kamu buat tadi.

Seumpamanya, setelah password utama yang tidak berubah tadi kamu tambahkan kata "biru" di akhirannya ke password untuk akun layanan media sosial Facebook.

“Misalnya frasa yang kamu pikirkan adalah 'Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,' dan karakter khusus yang ingin kamu pakai adalah '#', maka password untuk layanan Facebook milikmu adalah kombinasi seperti: T#T#L#S#Hblue," kata Jacoby.

Memang tidak masuk akal ketika kamu melihatnya, atau jika seseorang memberikan passwordnya kepadamu seperti itu. Tapi, karena sifatnya pribadi, kamu mengerti bahwa sistem yang digunakan untuk menghasilkan password tersebut dan hubungannya dengan layanan situs tersebut.

Karena setiap akun sebaiknya memiliki password berbeda, kamu dapat menambahkan kata tertentu pada password utama yang telah kamu tetapkan sebelumnya.

Itulah penjelasan yang dapat Fajrinfo bagikan dalam kesempatan kali ini. Semoga panduan tentang cara membuat password yang kuat dan mudah diingat ini dapat bermanfaat bagi kamu yang kebetulan sedang mencari cara untuk membuat password yang unik dengan mudah.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK