Cara Menjaga Ponsel Android Kamu Agar Aman Dari Serangan Hacker - Fajrinfo

Jumat, Mei 03, 2019

Cara Menjaga Ponsel Android Kamu Agar Aman Dari Serangan Hacker


Cara Menjaga Ponsel Android Kamu Agar Aman Dari Hacker

Ponsel merupakan bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Dari hiburan hingga pekerjaan, semua orang selalu menemukan sesuatu melalui ponsel mereka. Namun, ada baiknya kamu mengetahui bahwa ada saja orang ingin memanfaatkan ponsel kamu untuk tujuan memata-matai dan mencuri data penting dari kamu sebagai pemilik ponsel tersebut.

Itulah sebabnya siapa pun yang memiliki ponsel Android harus memastikan bahwa ia benar-benar terlindungi dengan baik dari peretas (hacker).

Kamu harus tahu bahwa peretasan dapat mematikan dan bisa menyebabkan kamu kehilangan uang dan dalam kasus lain, dokumen kerja yang penting dan sensitif yang menjadi incaran mereka.

Oleh sebab itu, untuk melindungi diri dari tindak kejahatan dunia maya kamu harus ekstra berhati-hati. Di bawah ini adalah beberapa poin yang perlu kamu ketahui untuk menjaga perangkat Android agar tetap aman dari para peretas (hacker).

Gunakan Aplikasi Dari Google Play Store


Ini adalah salah satu cara yang umum untuk menghindari ponsel Android kamu diretas. Menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya bisa beresiko karena ini bisa menjadi cara sederhana kamu menjadi sasaran para peretas.

Bagian terburuk tentang peretasan melalui aplikasi HP Android adalah bahwa hacker memiliki kendali pada ponsel kamu dan dapat menggunakannya untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, termasuk pula mengakses kontak telepon dan isi pesan kamu.

Lindungi Ponsel Kamu Dari Phishing


Phishing adalah jenis peretasan ponsel yang umum dilakukan banyak orang. Hal itu karena kebanyakan dari mereka tertarik pada link / tautan dan email yang akan mereka buka.

Melalui phishing, seorang penjahat siber dapat dengan mudah mendapatkan akses ke informasi pribadi kamu dan bahkan memiliki akses ke rincian login untuk akun yang kamu miliki.

Tujuan utama phishing adalah menyamar dan menggunakan identitas untuk hal-hal yang jahat. Namun, kamu dapat membuat daftar periksa perlindungan phising yang ditandai sampai akhir, sehingga peretas ini tidak menemukan akses ke ponsel Android kamu.

Cara Menjaga Ponsel Android Kamu Agar Aman Dari Hacker

Kunci Ponsel Android Kamu


Peretasan dapat dilakukan dengan banyak cara, tapi ingat bahwa alasan utama peretasan adalah untuk mendapatkan akses secara penuh ke ponsel yang kamu gunakan.

Baca juga: Inilah Cara Mengirim Email Rahasia Pada Gmail

Dengan begitu berarti seseorang dapat mencuri data ponsel kamu dan akan menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang jahat. Itu sebabnya sangat penting bagi kamu untuk mengunci ponsel sampai kamu memiliki cukup waktu untuk menonaktifkan ponsel sebelum pencuri data mengetahui cara untuk membukanya dan menggunakan identitas kamu.

Ini juga baik untuk mengetahui bahwa jenis kunci pengaman ponsel terbaik untuk Android apapun adalah pemakaian PIN lama. Sebab opsi kunci keamanan lainnya, seperti pengenalan suara dan sidik jari (fingerprint) tetap mudah dibobol bagi para peretas.

Gunakan VPN


Peretas tahu bahwa orang-orang menyukai Wi-Fi gratis dan bagian terburuknya adalah mereka dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang digunakan bersama untuk meretas ponsel Android kamu dengan mudah.

Namun, hal itu bukan alasan yang kuat untuk menghentikan kamu menikmati Wi-Fi gratis di kedai kopi atau lainnya.

Kamu harus mengetahui bahwa menggunakan jaringan virtual pribadi (VPN) dapat melindungi ponsel dari peretas. Banyak orang tidak mengetahui hal ini, tapi ada beberapa layanan dan aplikasi VPN seluler yang bisa kamu gunakan untuk melindungi privasi online di ponsel Android.

Manajemen Kata Sandi (Password)


Satu kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun yang mereka miliki. Masalahnya adalah seseorang dapat dengan mudah mengakses semua akun kamu tersebut.

Ketika peretas mencari tahu kata sandi kamu ke satu akun, mereka akan cenderung menggunakan kata sandi tersebut ke semua akun kamu.

Jika tidak tahu cara mengamankan akun yang berbeda dengan kata sandi yang berbeda, maka kamu dapat menggunakan sistem manajemen kata sandi Google. Kamu bahkan dapat menggunakan aplikasi pengelola kata sandi pada ponsel kamu.

Kesimpulan


Melindungi informasi di ponsel dari peretas adalah suatu hal yang harus kamu lakukan. Jika menggunakan ponsel untuk mengakses hal-hal penting seperti rekening bank dan informasi pekerjaan lainnya, kamu harus tahu bahwa selalu ada orang yang menunggu kelengahanmu untuk menyelinap, sehingga mereka dapat mengakses semua informasi tersebut dari ponsel Android. Cara lain yang baik untuk menghindari peretas dari Android kamu adalah dengan cara menginstal aplikasi keamanan yang tepat.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke