Windows 10 May 2019 Update Tidak Bisa Dipasang Pada Beberapa Perangkat AMD

Windows 10 May 2019 Update Tidak Bisa Dipasang Pada Beberapa Perangkat AMD

Pembaruan Windows 10 Mei 2019 (versi 1903) akhirnya diluncurkan untuk perangkat produksi. Saat peluncuran berlangsung secara bertahap melalui pengaturan Windows Update, siapa pun masih dapat menginstal versi baru pada komputer / laptop mereka dengan memanfaatkan Media Creation Tool.

Sebagaimana yang telah dilaporkan baru-baru ini, bahwa Windows 10 May 2019 Update telah diblokir untuk tidak diinstal pada perangkat yang menggunakan driver tertentu dan layanan yang sudah usang.

Dan ternyata Windows 10 versi 1903 juga tidak dapat dipasang pada beberapa sistem yang memakai driver AMD RAID karena tidak kompatibel, hal ini sebagaimana informasi yang baru dipublikasikan oleh Microsoft dan AMD.

Dalam dokumen dukungan yang diterbitkan baru-baru ini, Microsoft mengatakan bahwa Pembaruan Windows 10 Mei 2019 mungkin tidak akan dapat diinstal pada perangkat AMD tertentu dan kamu akan menerima pesan yang mungkin akan terlihat seperti berikut:

"Driver yang terinstal menyebabkan masalah stabilitas pada sistem Windows. Maka driver ini akan dinonaktifkan. Periksalah pada penyedia perangkat lunak / driver Anda untuk versi terbaru yang dapat berjalan pada versi Windows ini."

Masalah ini terjadi pada perangkat yang memakai AMD Ryzen atau AMD Ryzen Threadripper PCS dengan versi tertentu dari driver RAID AMD yang tidak kompatibel pada Pembaruan Windows 10 Mei 2019. Update major ini tidak akan diinstal pada perangkat komputer laptop AMD yang masih menggunakan driver di bawah versi 9.2.0.105.

“Versi 9.2.0.105 dan versi yang lebih baru dari driver AMD RAID tidak menyebabkan masalah ini. Komputer yang menginstal driver ini dapat menerima dan memasang Pembaruan Windows 10 Mei 2019,” perusahaan menjelaskan.

Dalam dokumen dukungannya sendiri, pihak AMD mengatakan bahwa Pembaruan Windows 10 Mei 2019 memperkenalkan persyaratan Device Input / Output Control (IOCTL) baru untuk kategori tertentu pada driver perangkat.

Microsoft memblokir pembaruan agar tidak menginstal perangkat tersebut hingga driver RAID telah diperbarui oleh pengguna pada perangkat tersebut.

Jika perangkat AMD kamu sudah tidak mendapatkan pembaruan lagi, pastikan versi driver AMD 9.2.0.105 atau yang lebih baru dan perangkat penyimpanan USB (flashdisk / harddisk eksternal) tidak terhubung pada komputer atau laptop. Setelah itu, coba kembali untuk melakukan penginstalan Windows 10 May 2019 Update.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama