Cara Bikin Local Account Saat Menyiapkan Windows 10

Cara Membuat Local Account Saat Menyiapkan Windows 10

Windows 10 seolah berusaha sekuat tenaga untuk membuat kamu agar menggunakan akun Microsoft. Oleh karena itu kamu tidak bisa membuat akun lokal, pilihan tersebut telah disembunyikan, bahkan sekarang Windows 10 Home juga tidak diberi pilihan lagi. Kamu diwajibkan untuk memasukkan akun Microsoft. Jika ingin tetap membuat Local Account, begini cara membuatnya.

Kami menguji ini pada versi stabil terbaru dari Windows 10, yaitu versi 1903 yang juga dikenal sebagai May 2019 Update. Kamu harus melakukan proses pengaturan ini setelah menginstal sistem operasi Windows 10 sendiri atau jika kamu membeli komputer / laptop baru dengan sistem Windows 10.

Windows 10 Home: Putuskan Koneksi Internet

Saat menginstal WIndows 10 versi Home, kamu tidak punya pilihan untuk mengatur Windows tanpa menggunakan akun Microsoft ketika komputer terhubung ke internet.

Untuk membuat akun pengguna lokal, kamu harus memutuskan koneksi internet terlebih dahulu saat melakukan penginstalan. Dan jika perangkat terhubung melalui koneksi internet kabel, maka silahkan cabut kabel Ethernet tersebut.

Jika menggunakan Wi-Fi, kamu bisa melewati proses koneksi Wi-Fi di awal pemandu pengaturan penginstalan (klik ikon panah pada bilah kiri paling atas di Pengaturan Windows 10 untuk kembali).

Kamu juga bisa menekan tombol Mode Pesawat (Airplane Mode) pada laptop untuk memutuskan sambungan — untuk melakukan ini, kamu bisa menekan salah satu tombol fungsi di atas tombol angka pada keyboard laptop kamu.

Jika semuanya gagal, kamu masih bisa mencabut router nirkabel kamu agar koneksi internet terputus sementara. Mungkin cara ini agak kasar, namun dengan begitu maka perangkat akan berhasil terputus dari koneksi internet.

Cara Membuat Local Account Saat Menyiapkan Windows 10

Jika saat instal ulang kamu mencoba untuk membuat akun Microsoft saat terputus dari koneksi internet, maka Windows 10 akan menampilkan pesan kesalahan dan memunculkan tombol "Skip" yang memberi kamu pilihan untuk melewati proses tersebut.

Tombol Skip ini akan melewati layar akun Microsoft dan bisa membuat kamu untuk mengatur akun pengguna lokal atau biasa disebut Local Account.

Cara Membuat Local Account Saat Menyiapkan Windows 10

Windows 10 Pro: Domain Join

Apabila kamu menggunakan Windows 10 Pro, kamu bisa memilih opsi "Domain Join" yang membingungkan di sudut kiri bawah layar pengaturan akun Microsoft untuk membuat akun lokal.

Jika tidak melihat piliha tersebut karena alasan tertentu, jangan khawatir — trik “putuskan dari sambungan internet” yang berfungsi pada Windows 10 Home juga bisa diterapkan pada Windows 10 Professional. Saat terputus dengan koneksi internet, kamu akan diminta untuk membuat akun lokal.

Setelah Setup: Beralih Ke Local Account

Jika kamu telah membuat akun Microsoft selama proses setup (penyiapan instalasi), sesudahnya kamu bisa mengkonversi menjadi akun pengguna lokal. Sebenarnya, cara inilah yang secara resmi direkomendasikan oleh Microsoft selama proses instal ulang Windows 10 — cukup masuk dengan akun Microsoft lalu hapus akun tersebut untuk diganti dengan akun lokal.

Untuk melakukannya, buka menu Settings > Accounts > Your Info di Windows 10. Klik opsi "Sign in with a local account instead" lalu Windows 10 akan memandu kamu untuk beralih dari akun Microsoft ke akun pengguna lokal.

Cara Membuat Local Account Saat Menyiapkan Windows 10

Jika kamu menyukai akun Microsoft — HEBAT, itu tidak masalah, Fajrinfo juga menggunakannya di beberapa laptop yang kami miliki. Akan tetapi, jika tidak ingin menggunakan akun Microsoft, kamu tetap punya pilihan untuk menggunakan lokal akun.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama