Cara Melaporkan Situs Web Yang Mencurigakan / Berbahaya Ke Google Cara Melaporkan Situs Web Yang Mencurigakan / Berbahaya Ke Google - Fajrinfo
Google adalah perusahaan dengan banyak kesalahan, namun demikian, seperti kebanyakan dari kita, menginginkan situs web menjadi aman bagi semua orang. Perusahaan tersebut telah berinvestasi selama bertahun-tahun dalam mencari cara untuk mengamankan situs web dari para peretas dan siapa pun, dan salah satunya adalah kemampuan sederhana bagi pengguna internet untuk melaporkan situs web yang mencurigakan.

Saat menggunakan internet, mungkin kamu memiliki pertanyaan – Bagaimana cara kita untuk melaporkan situs web yang buruk atau spam dengan menggunakan alat yang disediakan oleh Google?

Cara Melaporkan Situs Web Yang Mencurigakan / Berbahaya Ke Google

Nah, mungkin suatu kebetulan, karena dengan kamu membaca artikel ini berarti telah datang ke tempat yang tepat, sebab masalah itulah yang akan kita bahas pada blog Fajrinfo ini. Jangan khawatir, panduan ini sangat mudah untuk dilakukan, jadi jangan garuk-garuk kepala dulu.

Baca juga: Benarkah Menggunakan Jaringan WiFi Di Tempat Umum Sangat Berbahaya?

Sebelum melangkah maju, kami perlu menjelaskan bahwa raksasa mesin pencari Google memiliki suatu alat yang disebut dengan Google Safe Browsing, dan alat tersebut mengesankan. Coba bayangkan, setiap kali kita mengunjungi situs web menggunakan Google Chrome atau browser yang berbasis Chromium lainnya, alat ini akan mengarahkan pengguna dari situs daftar hitam (blacklisted sites).

Maka, kemampuan untuk melaporkan situs web yang mencurigakan adalah ekstensi dari Google Safe Browsing, jadi tanpa menunda waktu lebih lama, mari kita bicarakan tentang hal itu.

Cara Melaporkan Situs Web Ke Google


Kamu dapat dengan mudah melaporkan situs web di Google Chrome. Dengannya kamu bisa melaporkan situs web spam, konten buruk, atau phishing ke Google menggunakan Suspicious Site Reporter (Reporter Situs Mencurigakan). Google Suspicious Site Reporter adalah alat yang sangat penting untuk Google Chrome. Apabila kamu ingin membantu melindungi web dari pelaku kejahatan siber, maka segeralah beri laporan.

Cara Melaporkan Situs Web Yang Mencurigakan / Berbahaya Ke Google

OK, jadi alat dan layanan yang dimaksud adalah disebut sebagai Suspicious Site Reporter, dan belum lama ini dipublikasikan oleh Google melalui blog resminya. Dengan ini, kita dapat melaporkan situs web ke Google Safe Browsing, tapi sayangnya, orang akan memerlukan Google Chrome atau browser yang berbasis Chromium untuk menggunakannya.

Sebab untuk mengunduh ekstensi tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengunduhnya dari Toko Web Chrome. Setelah alat ini aktif dan berjalan, kamu akan melihat ikon di bagian kanan atas browser. Setiap kali mengunjungi situs web yang menurut kamu merupakan pelaku kejahatan internet, maka cukup klik saja pada ikon tersebut untuk membuat laporan.

Kami menganggap alat ini memiliki luar biasa karena memberi Google Safe Browsing bentuk intervensi manusia. Namun, masih ada juga kemungkinan bagi orang untuk menyalahgunakan alat ini, dan kita hanya bisa berharap agar hal tersebut tidak terjadi sama sekali, atau tidak dalam skala luas.

Silahkan download Google Suspicious Site Reporter langsung dari halaman resminya.

Ada Cara Lain Untuk Melaporkan Juga!


Cara Melaporkan Situs Web Yang Mencurigakan / Berbahaya Ke Google

Jika kamu merasa situs web yang mungkin terinfeksi malware, situs yang berpartisipasi dalam skema tautan untuk memperoleh peringkat yang tinggi atau spam, maka Google menawarkan cara lain untuk melaporkan situs web tersebut.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo sampaikan tentang cara melaporkan situs web mencurigakan / berbahaya ke Google ini. Selain itu, kami juga memiliki tips untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan agar kita selalu aman saat berinternet. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama