Bahaya Penggunaan WiFi Di Tempat Umum Yang Perlu Kamu Ketahui - Fajrinfo

Minggu, Mei 19, 2019

Bahaya Penggunaan WiFi Di Tempat Umum Yang Perlu Kamu Ketahui


Bahaya Penggunaan WiFi Di Tempat Umum Yang Perlu Kamu Ketahui

Saat kamu berlibur atau bepergian, salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan tentu adalah pemakaian internet. Selain digunakan untuk berkomunikasi, para pelancong biasanya memanfaatkan ponsel untuk mencari informasi tentang wisata apa saja yang sesuai untuk dikunjungi.

Salah satu cara mendapatkan koneksi internet adalah dengan terhubung pada koneksi WiFi publik. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya hal tersebut dapat menimbulkan bahaya untuk para pengguna karena bisa menjadi korban dari kejahatan siber.

Kejahatan siber ini bisa sangat merugikan jika menimpa seseorang yang menggunakan internet, sebab tindak kejahatan ini akan membuat pihak berwenang pun sulit untuk melacak pelakunya.

Internet memang banyak membawa kemudahan yang praktis, tapi masyarakat memerlukan pengetahuan tentang sikap bijak dalam penggunaan WiFi publik agar dapat meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan.

Ada sejumlah bahaya yang bisa ditimbulkan dari pemakaian WiFi publik, sebagaimana yang telah dirangkung Fajrinfo berikut ini.

1. Pencurian Identitas


Salah satu cara seorang hacker untuk mencuri data korbannya adalah dengan menjadi penyedia layanan WiFi palsu.

Apabila ada perangkat yang terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut, maka dapat dipastikan segala aktivitas yang dilakukan saat browsing serta data privasi yang dimiliki target dapat dilihat oleh hacker tersebut.

Bahkan lebih bahaya lagi, jika keamanan data-data pribadi korban terancam akan digunakan untuk berbagai hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

2. Serangan Virus Atau Malware


Selain bisa mengancam terhadap data pribadi pengguna WiFi publik, perangkat kamu juga bisa jadi terkena serangan virus seperti malware yang akan membahayakan sistem dan data dalam perangkat tersebut.

Baca juga: Pengaruh Tangisan Bayi Terhadap Aktivitas Otak Ibu

Virus ini bisa mencuri file / dokumen penting yang tersimpan di dalam perangkat. Selain itu, ada juga Ransomware, yaitu sejenis malware yang memiliki kemampuan untuk mengambil alih kendali pada sebuah komputer atau laptop dan mencegah pemakainya untuk mengakses data hingga uang tebusan yang diminta telah dibayar oleh korban.

3. Pembajakan Media Sosial


Para hacker mampu memindai dan memindahkan data kamu, mulai dari username akun, password, akun media sosial, sampai nomor kartu kredit ketika kamu menggunakan jaringan internet melalui WiFi publik.

Bahkan tidak jarang data-data tersebut akan digunakan oleh para hacker untuk menipu dan mengelabui orang-orang terdekat korban dengan mengaku bahwa itu adalah kamu.

Dengan demikian, sangat penting untuk kamu ketahui mengenai bahaya pemakaian jaringan internet yang terkoneksi melalui WiFi publik ini. Jika terpaksa menggunakannya, kamu bisa memakai layanan internet WiFi yang aman dan terpercaya di tempat kamu berada, sehingga kamu akan terbebas dari perilaku kejahatan siber.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke