Windows 10 May 2019 Update Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Pembaruan Windows 10 Mei 2019 menawarkan banyak perbaikan dan perubahan halus yang dapat meningkatkan kinerja perangkat sampai batas tertentu. Microsoft Windows 10 versi 1903 ini menawarkan peningkatan yang sangat dibutuhkan bagi Windows Update, pengalaman pencarian baru, tema terang (light theme) yang tepat dan bahkan peningkatan kinerja sistem.

Windows 10 Mei 2019 Update dilengkapi dengan dua perubahan penting yang dapat mengatasi masalah keandalan pada beberapa perangkat komputer / laptop.

Windows 10 May 2019 Update Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Perlindungan Kuat Dari Specter Dan Meltdown


Pembaruan Windows terbaru dari Microsoft membawa perlindungan yang lebih kuat dari serangan virus Specter dan Meltdown . Upaya Microsoft sebelumnya untuk menambal kelemahan sistem ini telah mengakibatkan masalah kinerja, tapi pada versi Mei 2019 Update akan membuat segalanya lebih baik.

Baca juga: Hal Apa Sajakah Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop?

Microsoft membawa tambalan Retpoline ke Windows 10 yang akhirnya harus mengatasi masalah kinerja dan masih memberikan perlindungan yang kuat untuk kelemahan sistem.

Microsoft menggambarkan Retpoline sebagai optimalisasi kinerja untuk Spectre Variant 2. Pembuat perangkat lunak mengatakan bahwa teknik baru ini dapat meningkatkan kinerja mitigasi Spectre varian 2 ke tingkat penggunaan untuk sebagian besar pengaturan.

Windows 10 May 2019 Update Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Update patch sebelumnya untuk mengatasi kelemahan sistem memanfaatkan kemampuan yang terpapar oleh pembaruan mikrokode CPU dan sementara ini dapat memperbaiki masalah keamanan, banyak pengguna memperhatikan penurunan kinerja pada beberapa perangkat, tapi sebagian besar pada perangkat lama.

Microsoft mengatakan bahwa implementasi Retpoline pada Windows secara signifikan telah meningkatkan kinerja mitigasi. Sebagai contoh, Microsoft melihat startup 25% lebih cepat ketika meluncurkan aplikasi Office.

Setelah menginstal Pembaruan Windows 10 Mei 2019, perlambatan sistem yang disebabkan oleh patch untuk kelemahan sistem sebagian besar akan dihilangkan dan pada dasarnya menjadi tidak terlalu mencolok.

Peningkatan Kinerja Menu Start


Windows 10 May 2019 Update Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Menu Start mendapatkan perubahan halus pada Windows 10 Mei 2019 Update. Sekarang hadir dengan bilah navigasi yang dapat diperluas, dan tombol daya juga telah diperbarui dengan indikator baru untuk mengingatkan pengguna ketika pembaruan sedang menunggu reboot sistem (restart).

Baca juga: Cara Mudah Untuk Mengirim File Besar Melalui Email

Tapi perubahan yang paling penting adalah proses baru untuk menu Start. Pada Windows 10 versi 1903, Microsoft memindahkan Start ke aplikasi (proses) sendiri. Dalam versi Windows 10 yang lama, menu Start masuk bagian dari pengalaman Shell yang lebih luas sehingga menghasilkan masalah kinerja.

Jika terjadi masalah pada proses Shell utama, menu Start akan tetap responsif karena memiliki prosesnya sendiri dan perubahan ini juga akan berkontribusi pada kinerja keseluruhan sistem.

Windows 10 May 2019 Update Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Selama pengujian beta dengan anggota Insider, Microsoft melihat peningkatan yang terukur dalam kinerja Start. Misalnya, Start membuka secara signifikan lebih cepat dan berfungsi dengan lancar ketika Shell utama sibuk.

Dua perubahan ini mungkin tidak berdampak signifikan pada kinerja perangkat kelas atas, tapi kamu akan merasakan kinerja yang lebih baik pada perangkat mid-core atau low-end.

Windows 10 versi 1903 telah selesai dan sekarang Microsoft sedang menyelesaikan masalah yang tersisa. Pembaruan dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir Mei mendatang dan seperti perilisan sebelumnya, peluncuran pembaruan Mei juga akan berlangsung secara bertahap.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama