Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only - Fajrinfo
Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Jika kamu ingin hak editorial 'edit-mengedit' tanpa batas untuk file presentasi PowerPoint yang berstatus read only, maka maka kamu harus membukanya terlebih dahulu. Kabar baiknya adalah kamu dapat membukanya dengan mudah, yaitu hanya dengan beberapa klik saja. Berikut ini Fajrinfo akan membagikan caranya untuk meng-unlock file presentasi PowerPoint yang read only.

Cara Unlock PowerPoint Yang Read-Only


Sebenarnya ada dua cara untuk mengetahui file presentasi powerpoint yang berstatus read-only. Pertama, apabila kamu melihat kata-kata "Read-Only" setelah judul presentasi. Dan yang kedua adalah jika kamu melihat bilah pesan berwarna kuning di bagian atas presentasi dengan pesan yang memberitahu kamu bahwa dokumen tersebut memiliki akses terbatas.

Di sebelah pesan kuning tersebut akan terdapat tombol yang bertuliskan "Edit Anyway". Kamu bisa langsung klik saja tombol itu untuk membuka kunci file PowerPoint yang tersebut.

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Setelah itu, bilah kuning harusnya sudah menghilang bersamaan dengan teks "Read-Only" yang muncul setelah judul presentasi. Maka jika demikian, sekarang file PowerPoint kamu akan bisa diedit sesuka hati.

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Sebagaimana kata pepatah, ada berbagai cara untuk memasak telur. Hal yang sama berlaku juga untuk membuka kunci file presentasi PowerPoint. Meskipun metode ini akan melibatkan beberapa langkah tambahan, kami Fajrinfo bukan blog di bidang teknologi informasi jika tidak tidak menunjukkan caranya.

Baca juga: Microsoft Office Makin Canggih, Excel Dapat Mengolah Data Dari Gambar

Pertama, buka presentasi yang berstatus read-only lalu pilih tab "File".

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Kamu akan dialihkan ke menu "Info". Disini, kamu akan melihat pilihan "Protect Presentation" yang ditandai dengan warna kuning dan terdapat pesan yang ditampilkan di sebelahnya — This presentation has been marked as final to discourage editing. Silakan pilih "Protect Presentation".

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Dari submenu tersebut, pilih opsi "Mark as Final". Perhatikan! bahwa dengan mengklik pilihan ini akan membuka kunci.

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Nah, sekarang kamu akan melihat bahwa banner berwarna kuning dan pesan yang menyertainya di sebelah opsi "Protect Presentation" akan menghilang. Tulisan "Read-Only" di sebelah judul presentasi juga akan menghilang.

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Mengapa File PowerPoint Jadi Read-Only?


Presentasi mungkin dikunci karena suatu alasan yang masuk akal. Pada intinya, orang menggunakannya untuk mencegah ada orang yang mengedit ulang; orang tersebut hanya ingin memberitahu si penerima tentang isi presentasi yang diterimanya merupakan versi final yang disediakan oleh si penulis asli.

Status file presentasi PowerPoint yang read only juga dapat mencegah pengeditan yang tidak disengaja yang disebabkan oleh kesalahan seseorang.

Membuat presentasi read only lebih sopan dari pada meminta orang lain untuk tidak mengeditnya, tindakan tersebut merupakan ukuran perlindungan aktual dari konten yang kamu buat. Dengan begitu, mengambil langkah ekstra untuk memberitahu orang lain bahwa kamu tidak ingin konten yang kamu buat diedit adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Tabel Bergaris Di Microsoft Office Word

Cara Membuat File PowerPoint Read-Only


Sekarang kita telah mengetahui cara membuka kunci file presentasi PowerPoint dan apa penyebab atau alasan file tersebut dikunci dengan cara membuatnya menjadi read only. Nah, setelah itu mari kita bahas tentang cara mengaktifkan kembali atau menjadikan file presentasi PowerPoint read-only.

Buka file presentasi PowerPoint yang ingin kamu ubah menjadi read only, lalu pilih tab "File".

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Kemudian kamu akan berada pada menu "Info". Pilih "Protect Presentation" untuk membuka menu drop-down. Lalu klik "Mark as Final".

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Maka akan muncul kotak dialog 'This presentation will be marked as final and then saved' yang memberitahu kamu bahwa file presentasi PowerPoint akan ditandai sebagai file yang sudah final dan disimpan. Maka silahkan klik "OK".

Cara Unlock / Membuka Presentasi PowerPoint Yang Read-Only

Setelah itu, ketika kamu mengirimkan file presentasi PowerPoint buatan kamu itu, maka akan menampilkan bilah pesan "Marked as Final", yang memberitahukan ke si penerima bahwa file presentasi tersebut berstatus read only, yang artinya tidak dianjurkan untuk diedit ulang oleh orang lain.

Demikian pembahasan yang dapat Fajrinfo bagikan tentang cara unlock / membuka file presentasi PowerPoint yang tidak bisa diedit karena berstatus Read Only. Kami yakin kamu dapat melakukannya dengan mudah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama