Cara Mudah Generate SSH Key Di Laptop Windows 10

Dalam panduan sederhana ini, kita akan melihat cara mudah untuk membuat SSH key di komputer atau laptop Windows 10. SSH atau Secure Shell adalah protokol jaringan kriptografi (cryptographic) yang membuat terowongan aman melalui jaringan yang tidak aman sehingga data Anda dapat ditransfer antara server dan client dalam bentuk terenkripsi.

Cara Mudah Generate SSH Key Di Laptop Windows 10

Misalnya, saya memiliki jaringan rumah dan tidak diamankan. Dalam hal ini, jika saya harus mentransfer data dari sumber ke tujuan, maka tindaka tersebut dapat diserang oleh penjahat cyber menggunakan pendekatan Man in the middle (MITM). Namun, jika saya menggunakan protokol SSH untuk melakukan hal yang sama, maka komunikasi akan tetap aman dengan menggunakan teknologi kriptografi.

Generate SSH Key Di Windows 10


Untuk melakukan generate SSH key di Windows 10, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menginstal fitur OpenSSH Client pada perangkat yang Anda gunakan. OpenSSH mendukung semua versi protokol SSH dan menyediakan kemampuan tunneling yang aman. Fitur ini dapat mengenkripsi semua lalu lintas Anda dan menghindari risiko pembajakan (hijacking).

Cara Mudah Generate SSH Key Di Laptop Windows 10

Jadi, buka menu Settings dan arahkan ke Apps > Apps & features. Di panel sebelah kanan, klik tautan Optional features.

Setelah itu, periksa apakah OpenSSH Client sudah tersedia dalam daftar.

Baca juga: Benarkan Hacker Bisa Menyusup Sistem Kita Dengan Cara Seperti Ini?

Jika tidak tersedia pada daftar maka klik tombol Add a feature. Pilih OpenSSH Client dari daftar yang muncul lalu Install.

Setelah pemasangan telah benar, Restart komputer atau laptop untuk memastikan.

Cara Mudah Generate SSH Key Di Laptop Windows 10

Pada langkah berikutnya, silahkan buka Command Prompt. Setelah terbuka, ketikkan baris perintah berikut lalu tekan Enter.

ssh-keygen

Pada saat ini, sistem akan meminta Anda untuk menyimpan lokasi default. Anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol Enter. Anda juga dapat mengubah jalur sesuai kebutuhan. Namun, secara default, ia menawarkan lokasi dalam bentuk berikut:

C:\users\<yourusername>\.ssh\id_rsa

Setelah itu, sistem akan meminta Anda untuk mengatur password (passphrase). Saat mengetikkan password, Anda tidak akan melihat apa-apa selain dicatat disana. Selanjutnya, masukkan password yang sama untuk mengkonfirmasi.

Jika mau, Anda dapat melanjutkan tanpa menetapkan password. Untuk melakukannya, tekan saja tombol Enter jika tidak, ketik frasa password disana.

Saat menekan tombol Enter, sidik jari untuk kunci Anda dan SHA256 akan muncul. Algoritma default adalah RSA 2048.

Public key akan disimpan ke file id_rsa.pub. Secara default, file ini terletak dalam bentuk berikut:

C:\users\<yourusername>\.ssh\id_rsa.pub

Kami menyarankan agar Anda tidak membagikan SSH key pribadi (id_rsa) ini karena alasan apapun meskipun terdesak.

Baca juga: Cara Mengirim Email Rahasia Di Layanan Gmail Ini Perlu Anda Ketahui!

Saya harap panduan sederhana ini dapat membantu Anda untuk melakukan generate SSH key pada komputer atau laptop Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan informasi cara generate SSH key di Windows 10 ini kepada orang dekat Anda melalui media sosial yang Anda miliki.

Kirim Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama