Tips Dan Trik Browser Edge Baru (Chromium) Untuk Windows 10 Tips Dan Trik Browser Edge Baru (Chromium) Untuk Windows 10 - Fajrinfo
Microsoft telah meluncurkan kembali browsernya, yang pertama dimulai dengan mesin rendering EDGE HTML dan sekarang Chromium. Sementara itu, Internet Explorer masih ada di Windows 10, nantinya Edge HTML akan disebut sebagai Edge Legacy, sedangkan Browser Edge baru berbasis Chromium akan segera dikirimkan melalui Windows Update. Postingan ini menawarkan kamu beberapa Tips dan Trik Browser Edge Chromium yang akan membantu kamu mendapatkan yang terbaik dari akitfitas browsing di browser baru Microsoft ini dan memaksimalkan semua fitur-fiturnya di Windows 10.

Tips Dan Trik Browser Edge Baru


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Beberapa tips serupa pada browser Edge yang kamu gunakan sebelumnya, dan jika belum pernah menggunakan Egede versi Chromium, kamu akan menemukan sebagian besar fiturnya adalah baru.

1. Aktifkan Mode Gelap
2. Force Dark Mode for Web Contents
3. Ubah Pencarian Default
4. Sesuaikan Halaman Tab Baru Edge
5. Kelola Password & Isi Otomatis
6. Tambahkan Tombol Home
7. Pasang Ekstensi Dan Tema Chrome Di Edge
8. Mengaktifkan Dan Mengelola Sinkronisasi Data Di Edge Chromium
9. Ubah Lokasi Download Bawaan Edge Chromium

Kamu dapat dengan cepat mengakses Pengaturan / Settings di Edge Chromium dengan cara memasukkan URL 'edge://settings/' di kolom pencarian Omnibox, atau bisa juga dengan mengakses tiga titik di atas dan kemudian klik pada Pengaturan / Settings.

1] Aktifkan Mode Gelap


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Standarnya diatur ke tema terang, tetapi kamu bisa mengubahnya ke mode Gelap atau menyesuaikan dengan mode Sistem. Nanti akan secara otomatis mengaktifkan mode gelap ketika kamu menggunakan Mode Gelap / Dark Mode di Windows 10.

- Pergi ke menu Settings > Appearance > Theme (edge://settings/appearance)

- Klik pada menu dropdown lalu pilih Dark.

- Cara ini akan langsung mengaktifkan mode Gelap tanpa restart.

2] Force Dark Mode for Web Contents


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Jika ingin memaksa situs web tampil menjadi gelap, kamu bisa memaksanya menggunakan menu flags — Force Dark Mode for Web Contents. Fitur ini terdapat di Google Chrome juga karena memang menggunakan basis software Chromium.

- Gunakan edge://flags untuk membuka pengaturan browser

- Cari Force Dark Mode for Web Contents

- Setelah menemukannya, aktifkan menggunakan dropdown

- Relaunch browser

Kamu harus tahu bahwa ketika memaksa suatu situs web untuk berubah, ada kemungkinan beberapa teks tidak terlihat dengan baik dsb. Mesin Chromium menawarkan berbagai cara untuk memaksakan mode gelap. Bereksperimenlah dengan fitur tersebut untuk menemukan apa yang cocok bagi kamu. Ada berbagai cara seperti HSL, RGB, dan sebagainya.

3] Ubah Pencarian Bawaan


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Mesin pencari default di Edge Chromium adalah Bing, tetapi Anda selalu dapat mengubahnya. Anda dapat memilih untuk membuat mesin pencari khusus untuk mencari di situs web secara langsung.

- Buka menu Settings > Privacy and services. Gulir ke bawah untuk menemukan bilah alamat (edge://settings/search)

- Di bawah tombol Search engine used in the address bar, klik pilihan dropdown untuk mengubah dari Bing ke Google

Sekarang setiap kali Anda mengetik di bilah alamat, itu akan mencari di Google. Jika ada mesin pencari lain yang ingin Anda tambahkan, klik Kelola Mesin Pencari, dan Anda dapat menambahkan berdasarkan beberapa parameter. Baca cara menemukan parameter tersebut dan menambahkannya.

4] Sesuaikan Halaman Tab Baru Edge


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Setiap kali membuka Edge Chromium, kamu akan melihat wallpaper baru sebagai latar belakang. Ini adalah fitur khas Edge yang telah lama ada. Selain itu ada juga bilah pencarian, gambar latar belakang, dan banyak halaman yang baru-baru ini telah kamu kunjungi dalam bentuk kotak yang selaras. Kamu dapat mengubah tata letak ini dengan cara mengklik ikon roda gigi di sebelah kanan.

Selain itu, kamu juga memiliki opsi On Startup (edge://settings/onStartup), dimana kamu dapat memilih membuka tab baru atau melanjutkan dimana kamu tinggalkan dan membuka halaman tertentu.

5] Kelola Password & Isi Otomatis


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Sama seperti Chrome dan Firefox, Microsoft Edge Chromium juga menawarkan pengelola password bawaan yang dapat disinkronkan pada seluruh perangkat. Edge juga tersedia di Android dan iPhone.

- Buka menu Settings > Profiles lalu klik Passwords (edge://settings/passwords)

- Disini kamu dapat mencari password yang telah disimpan, mengekspor kata sandi, melihat, dan menghapusnya. Tidak ada cara untuk mengeditnya.

- Jika kamu tidak ingin menggunakan fitur ini atau mengamankannya, kamu bisa menonaktifkan opsi di mana Edge meminta untuk menyimpan kata sandi pada setiap penjelajahan halaman internet. Ini juga akan menonaktifkan pengisian akun otomatis

- Matikan opsi untuk Settings > Profiles and click on Passwords (edge://settings/passwords)

Ketika kamu mematikan sign-in, kamu harus memasukkan password setiap kali menggunakan pengelola kata sandi untuk sign-in.

6] Membuat Tombol Home


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Tombol beranda / home di peramban adalah fitur lawas yang digunakan untuk membawa pengguna kembali ke tab baru dan membukanya seperti yang telah ditetapkan. Ini seperti ikon rumah di sebelah address bar.

- Pergi ke Settings > Appearance (edge://settings/appearance)

- Beralihlah pada tombol Show Home

- Tetapkan jika kamu ingin membuka halaman Tab atau URL baru.

7] Instal Ekstensi Chrome Di Edge


Tips Dan Trik Browser Edge Baru Windows 10

Karena Microsoft Edge sekarang berbasis pada Chromium, maka mendukung sebagian besar ekstensi Chrome juga. Ketika kamu mengunjungi Toko Web Ekstensi Chrome, Edge akan meminta kamu untuk menginstal ekstensi dari situ atau situs web pihak ketiga manapun. Klik Izinkan untuk mengaktifkan ekstensi dari toko lain. Kamu juga dapat menginstal Tema Chrome.

8] Aktifkan Dan Kelola Sinkronisasi Data Di Edge Chromium


Sama seperti Firefox dan Chrome, kamu juga bisa menyinkronkan data, profil, ekstensi, dan kata sandi di seluruh instansi browser. Jika menggunakan Edge pada beberapa komputer, kamu dapat menyinkronkan data di antara semuanya. Kamu harus mengaktifkannya secara manual. Ini adalah fitur favorit saya dan saya yakin jika kamumjuga suka menggunakan Edge, tentu kamu juga akan menyukainya.

9] Ubah Lokasi Download Bawaan Edge Chromium


Fitur terbaiknya adalah Edge dapat mengatur lokasi unduhan secara terpisah dari folder Download bawaan jika kamu mengunduh banyak hal di satu tempat.

Saya harap tips dan trik untuk Microsoft Edge Chromium ini bisa bermanfaat bagi sobat Fajrinfo semua. Dan jangan lupa untuk membagikan panduan sederhana tentang Microsoft Edge ini ke teman, kerabat dan orang-orang dekat kamu melalui media sosial kesukaanmu.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama