Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

Realme mencoba memberi rasa Flagship pada beberapa level varian ponselnya. Sehingga, terdapat beberapa penyesuaian pada Prosesor dan Spesifikasi lain yang seolah menjadi sebuah kompromi bagi hal tersebut. Selain itu, Anda dapat merasakan beberapa pengalaman terbaik pada ponsel tersebut. Sebagaimana ponsel Redmi, Color OS 6 UI masih belum terlalu bagus. Hal ini berdasarkan pada versi Android Pie 9.0 yang telah dirilis, tapi kita disini berbicara tentang Kustomisasi. Sehingga sebagian besar pengguna banyak yang pindah ke tampilan Stock ROM bawaan Android asli seperti misalnya LineageOS.

Karena Custom ROM tidak dapat diinstal tanpa menggunakan Custom Recovery (Recovery Khusus). Maka dari itu, untuk dapat mencapainya syarat utamanya adalah ponsel harus sudah di-Root. Jika Anda merupakan pengguna Android biasa dan belum punya pengalaman dalam mem-flash ROM dan rooting HP Android, maka sebaiknya Anda tidak perlu melakukan root ponsel Oppo Realme 5 Pro untuk meningkatkan kinerja.

Realme mendengar suara pelanggan; mereka terus mengubah banyak hal. Kita juga dapat berharap beberapa penyesuaian pada tampilan UI ponsel Oppo Realme 5 Pro ini. Mungkin Anda bisa menunggu pembaruan versi Android 10-nya. Ssepertinya pihak produsen akan menambahkan beberapa fitur dan mengurangi tampilan ikon kartun.

Selain menggunakan Custom ROM, jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses Root, Anda dapat melanjutkan panduan di bawah ini. Pengembang dan pengguna yang biasa menggunakan aplikasi Root, Anda punya pengalaman dan tahu apa yang harus dilakukan; oleh karena itu Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk me-root ponsel Oppo Realme 5 Pro milik Anda.

Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

Jika Anda adalah pengguna Android biasa, sebaiknya Anda tidak perlu melakukan root dengan tujuan agar dapat meningkatkan kinerja ponsel. Jika alasannya adalah Anda tidak menyukai Color OS UI, tunggu perilisan OS Realme baru, karena kini produsen ponsel Realme sedang mengerjakan versi beta. Sebentar lagi HP Realme Anda akan mendapatkan pembaruan sistem Android.

Mengapa saya katakan demikian? Karena setelah ponsel root, Anda tidak akan lagi mendapatkan pembaruan resmi. Selain itu, ponsel Android yang di-root akan memerlukan optimasi manual secara teratur.

Mengapa Harus Root Oppo Realme 5 Pro?


Terimakasih kepada XDA Developers - thesprintster, 29y6145, dan tim TWRP untuk file-file root yang digunakan dalam panduan ini. Mereka telah membantu membuatkan metode ini dapat diterapkan. Sebaiknya Anda memiliki alasan yang tepat, dan Anda tahu apa yang Anda lakukan. Ya, dengan RAM minimum 4/6/8 GB dan prosesor Qualcomm Snapdragon 712, sebenarnya Anda dapat menggunakan ponsel ini dalam kondisi baik-baik saja tanpa root selama 2-3 Tahun.

Jika Anda menggunakannya dengan benar. Sebaiknya jangan melakukan root karena semua orang yang mengatakan ketika ponsel di-root maka akan bisa menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Tidak, kenyataannya tidak demikian.

Rooting adalah mengekstraksi beberapa kinerja dari perangkat ponsel Android. Tapi, Anda sudah mempunyai ponsel dengan spesifikasi dan perangkat lunak yang cukup kuat. Namun, jika Anda sudah biasa menggunakan beberapa aplikasi root, Anda memang benar-benar sedang membutuhkan praktik root ponsel Realme 5 Pro. Tapi, jika Anda hanya ingin mengujinya, saya sangat tidak merekomendasikannya.

Panduan ROOT HP Oppo Realme 5 Pro yang dibagikan Fajrinfo.com merupakan METODE yang AMAN dan MUDAH diterapkan pada ponsel Android tersebut.
Pastikan agar Anda membaca dan menerapkan panduan ROOT ini dengan perlahan dan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewat atau salah menerapkan. Karena dengan mengikuti panduan ini, berarti Anda bertanggunggjawab penuh atas resiko apapun yang terjadi.

Cara Root HP Oppo Realme 5 Pro Pie 9.0 (RMX1971)


Oppo Realme 5 Pro hadir dengan bootloader yang fleksibel. Ini berarti bahwa smartphone Android yang satu ini dapat dengan mudah di-root. Selain itu, perangkat ini juga dapat diinstal TWRP recovery atau file / aplikasi recovery khusus lainnya.

TWRP recovery adalah file custom recovery yang harus diinstal pada perangkat ponsel Oppo Realme 5 Pro agar Anda dapat melakukan root dengan sukses. Dalam artikel ini, Fajrinfo akan menjelaskan cara termudah untuk praktik dan menginstal TWRP recovery di Oppo Realme 5 Pro. Dan alat utama yang diperlukan untuk me-root ponsel ini adalah Aplikasi Magisk.

Dengan bantuan TWRP Recovery, Anda dapat dengan cepat mem-flash Magisk versi terbaru ke Realme 5 Pro untuk mendapatkan akses root. Sebelum membagikan tutorial, mungkin Anda ingin tahu bahwa jika TWRP recovery terpasang di ponsel Android, maka Anda dapat dengan mudah menginstal ROM atau firmware khusus. Apakah panduan ini terlihat rumit? Tenang, semuanya akan dijelaskan secara singkat dan mudah dimengerti.
Beberapa hal yang harus diperhatikan;

- Pastikan baterai ponsel Realme 5 Pro Anda terisi daya di atas 50%.

- Cadangkan / backup file dan data Anda, proses root dapat menghilangkan data internal secara keseluruhan (simpan cadangan di penyimpanan eksternal).

Persyaratan


Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Aktifkan Mode Debugging USB dan Buka Kunci OEM di ponsel Anda. Untuk melakukan hal ini; pergi ke Pengaturan > tentang ponsel > Perangkat lunak > Ketuk beberapa kali pada "Nomor versi" hingga opsi "Pilihan Pengembang" menjadi aktif, kemudian pergi ke "Pilihan Pengembang" lalu aktifkan Mode Debugging USB, Buka Kunci OEM dan Aktifkan 'Advanced Reboot'.

- Download ADB drivers. Instal pada laptop atau komputer PC.

- Download Magisk App.Zip, Kernel (Opsional), dan no-verity-opt-encrypt – Copy file tersebut pada memori MicroSD.

- Download dan simpan File TWRP dan VB-Meta.zip;

twrp-Realme5Pro-RMX1971.zip - Realme5Pro-VB-Meta.zip

- Ekstrak di laptop dan ganti nama file TWRP recovery menjadi "recovery.img". Salin semua file tersebut ke folder ADB dan Fastboot yang telah Anda instal di laptop atau komputer (Cari di C:\Program Files).

Unlock Bootloader Menggunakan ADB Dan Fastboot


Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Download Unlock Tool APK dan instal di ponsel Anda.

- Aktifkan data seluler dan Buka aplikasi Unlock tool yang sudah terpasang di HP.

- Pilih Start applying, lalu Accept Terms and Conditions, kemudian Submit your application. Dalam 1 Jam atau maksimal 24 jam, Anda akan menerima konfirmasi dari tim Realme jika Anda berhasil silahkan berlanjut ke langkah-langkah di bawah ini.

- Setelah muncul pesan peringatan berhasil, boot ponsel Anda ke mode fastboot lalu hubungkan ponsel tersebut pada laptop atau komputer PC.

Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Matikan ponsel Oppo Realme 5 Pro Anda. Kemudian, masuk ke Fastboot mode. Untuk melakukan hal ini; Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan dalam beberapa waktu.

Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan ketika Anda melihat pesan peringatan.

- Kemudian hubungkan ponsel Oppo Realme 5 Pro ke komputer melalui kabel USB.

- Buka aplikasi Fastboot di komputer Anda. Buka Command prompt pada laptop / komputer PC Anda lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Harusnya Command prompt akan menampilkan perangkat yang terhubung. Jika tidak ponsel belum terdeteksi, cabut kabel USB lalu pasang kembali Oppo Realme 5 Pro Anda. Jika sudah terdeteksi, ketikkan perintah di bawah ini.

fastboot flashing unlock

Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Tekan Enter, maka Anda akan diminta untuk memilih opsi di ponsel Anda, Pilih Unlock Bootloader.

Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Setelah selesai, proses ini akan mem-boot / restart HP ke tampilan normal. Sekarang ponsel Anda dalam status Bootloader yang Tidak Terkunci (Unlocked).

- Periksa lagi menu pengaturan "Pilihan Pengembang", kemudian pergi ke menu "Pilihan Pengembang" lalu aktifkan Mode Debugging USB, Buka Kunci OEM. Karena terkadang pengaturan tersebut menonaktifkan diri setelah boot / restart.

Flash TWRP


- Matikan ponsel Oppo Anda. Kemudian, masuk ke Fastboot mode. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan dalam beberapa saat.

- Tekan tombol Volume Turun untuk melanjutkan ketika Anda melihat pesan peringatan yang muncul.

- Setelah itu, hubungkan HP Oppo Realme 5 Pro ke komputer atau laptop melalui kabel USB.

- Buka Fastboot yang telah terinstal di komputer Anda. Buka Command prompt lalu ketik perintah di bawah ini.

fastboot devices

- Maka akan ada pemberitahuan pada laptop karena ada perangkat baru yang terhubung. Jika Anda tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut, restart Command prompt lalu Putuskan dan Hubungkan HP Realme 5 Pro Anda.

- Jika ponsel Anda sudah terdeteksi, silahkan ketik perintah Command Prompt di bawah ini satu per satu dan tekan tombol Enter di setiap perintahnya.

fastboot flash recovery recovery.img

fastboot flash vbmeta vbmeta.img

- Setelah selesai, proses ini akan mem-boot ponsel ke TWRP recovery sementara. Jangan Boot ke tampilan standar HP sampai kita mem-flash Magisk.

Instal Magisk, no-verity-opt-encrypt, Dan Kernel Pada HP Oppo Realme 5 Pro Menggunakan TWRP


Cara Mudah Dan Aman Root HP Oppo Realme 5 Pro Android Pie 9.0

- Pilih Wipe > Advance Wipe > Pilih Cache Data.

- Kembali ke menu utama TWRP, pilih Install.

- Pilih kernelxxxx.Zip, dan no-verity-opt-encrypt.zip.

- Setelah proses instalasi selesai, kembali ke menu utama TWRP lalu pilih Install.

- Pilih file Magiskxx.Zip.

- Setelah proses instalasi selesai, Reboot Ponsel Realme Anda.

- Anda juga dapat menginstal Magisk Manager secara langsung dari Seluler Anda.

Apa Lagi Yang Harus Dilakukan?


Menurut Fajrinfo, Anda tidak perlu me-root HP Realme 5 Pro Anda. Jika dengan root Anda berpikir bisa meningkatkan kinerja HP Oppo Realme 5 Pro; Dengan prosesor Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 dan RAM 4 GB, sebenarnya ponsel Anda dapat bekerja dengan baik tanpa rooting. Jika Anda ingin kembali ke firmware bawaan, silahkan flash / instal ulang Firmware Realme 5 Pro Pie 9.0. Setelah mempraktikkan panduan ini, silahkan berkomentar di bawah jika Anda menghadapi masalah, atau bagikan pengalaman Anda setelah mempraktikkannya.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama