Lakukan 5 Cara Berjualan Online Di Facebook Ini! Agar Jadi Laris Manis

Mungkin sebagian dari kita dibuat bertanya-tanya dengan banyaknya kisah orang sukses yang hanya berjualan di Facebook dengan penghasilan setiap bulannya sampai belasan juta rupiah. Apa sih rahasianya? Bagaimana cara sukses berjualan online di Facebook yang menguntungkan?

Saat ini Facebook sudah menjadi salah satu tools marketing (alat penjualan) yang utama bagi para pebisnis online. Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari Facebook. Jika dilakukan secara teratur nantinya besar kemungkinan produk-produk atau jasa Anda tentu akan laris manis.

Lakukan 5 Cara Berjualan Online Di Facebook Ini! Agar Jadi Laris Manis
Mari kita bahas semuanya satu demi satu tentang cara sukses berjualan online di Facebook yang bisa membuat dagangan Anda menjadi laris manis.

1. Siapkan Akun Fanpage Facebook

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah akun Facebook. Akun yang dimaksud disini diupayakan berupa sebuah fanpage (halaman facebook) agar nampak lebih profesional dan bukanlah sebuah akun pribadi. Sehingga ke depannya akan dapat memudahkan Anda untuk melakukan promosi yang ditujukan ke akun fanpage ini.

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Akun Facebook Milik Anda Secara Permanen

Pastikan informasi mengenai bisnis miliki Anda seperti alamat, kontak yang bisa dihubungi, deskripsi produk / bisnis, syarat dan ketentuan, cara pemesanan, foto profil serta banner tertera dengan jelas pada fanpage tersebut.

2. Siapkan Produk Atau Jasa

Produk Berkualitas

Produk atau barang yang Anda jual atau jasa yang Anda berikan haruslah benar-benar memiliki kualitas dan manfaat, baik dari sisi produk, pengemasan, pelayanan, dan lainnya, sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai sebuah keunggulan dibanding para pesaing Anda.

Gambar Dan Informasi Produk

Pasang foto dengan kualitas yang bagus dan jika memungkinkan berilah border yang menjadikan sebuah kekhasan toko Anda. Jangan mengambil foto / gambar dari Google, karena jika para pembeli mengetahui hal ini, maka bisa jadi mereka akan menganggap produk Anda itu palsu (tiruan).

Pengelolaan Produk

Usahakan produk yang dipajang dalam katalog harus tersedia, karena jika ternyata kosong (habis) akan dapat mengecewakan pembeli. Lantaran bisa jadi barang yang kosong itu merupakan barang yang tengah dibutuhkan atau dicari oleh pembeli tersebut.

Buatlah kategori pada produk yang dijual untuk memudahkan pembeli dalam mempelajari barang jualan Anda saat ia mencari barang. Beritahu produk mana saja yang tergolong paling laris dan produk yang masih dalam masa promo.

3. Analisa

Pelajari Pesaing Anda

Hal ini wajib dilakukan jika produk yang Anda jual sudah banyak orang yang menjual barang sejenis. Misalnya, apa yang menjadi pembeda dengan penjual lainnya, mengapa Anda tidak mendapatkan pembeli, padahal menjual barang yang sama dengan orang tersebut.

Untuk itu, pahami tentang bagaimana cara mereka beraktivitas di fanpage-nya, seperti apa pelayanannya, apa saja yang ditawarkan oelh mereka. Kumpulkanlah data-data tersebut dan akan semakin baik jika makin banyak kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dari setiap kompetitor. Sebab Anda akan mengetahui postingan seperti apa saja yang paling banyak memperoleh tanggapan dan like.

Pelajari Target Pasar

Lakukan analisa, siapakah target produk Anda, sesuaikan konten dari segi bahasa, desain dan kapan saja waktu yang tepat untuk posting. Biasanya waktu terbaik untuk melakukan posting adalah pada pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam dan waktu paling baiknya adalah pukul 1-3 siang.

Pasalnya, pada waktu tersebut orang yang tengah bekerja sudah mulai tidak efektif lagi lantaran istirahat makan siang dan kebanyakan membuka media sosial.

4. Promosi

Konten Marketing

Tampilkan postingan yang bermanfaat, janganlah jualan produk terus menerus. Sebab sebagian besar orang mencari sesuatu itu atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Jangan langsung menawarkan produk terlebih dahulu, tapi apa yang menjadi solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan memiliki korelasi dengan produk Anda sebagai solusinya.

Solusi (produk Anda) itu baru muncul pada akhir postingan, bukan di awal. Jadi pastikanlah bahwa konten yang Anda berikan itu memberikan informasi yang bermanfaat bagi suatu permasalahan dimana produk Anda-lah nantinya yang merupakan solusi terbaiknya.

Posting Grup Yang Berhubungan

Carilah grup yang masih bersih dan sesuai dengan karakter bisnis Anda. Pada umumnya grup seperti ini peraturannya ketat. Namun tidak masalah, ikuti saja dulu aturan mainnya.

Ikutlah berpartisipasi aktif dalam grup dengan memberikan solusi jika ada anggota yang bertanya. Namun ingat, solusi yang Anda berikan janganlah menuju pada penjualan produk Anda. Setelah Anda cukup mendapat kepercayaan dari anggota grup, barulah Anda bisa masuk ke soft selling produk atau jasa milik Anda. Semakin banyak grup yang Anda ikuti maka akan semakin bagus posisinya.

Facebook Ads

Idealnya jika Anda ingin berjualan online tentu Anda memiliki modal untuk melakukan promosi. Tidak perlu terlalu banyak, cukup dengan 250.000 - 1.000.000 rupiah saja untuk tahap awal.

Baca juga: Ketahuilah Berbagai Resiko Yang Mengancam Pengguna Media Sosial Ini!

Aturlah anggaran iklan produk Anda menurut kebutuhan. Bidik konsumen yang cocok dengan jenis produk yang Anda jajakan. Ingat, semakin lama iklan Anda ditayangkan, maka akan semakin baik pula iklan tersebut berjalan.

5. Evaluasi

Hal penting supaya penjualan semakin meningkat pada setiap bulannya adalah melakukan evaluasi. Pelajari mengapa produk A lebih laku terjual daripada yang lain, apa yang membedakannya? Tata ulang strategi konten yang Anda berikan supaya omset penjualan menjadi lebih optimal.

Demikian yang bisa Fajrinfo bagikan tentang cara berjualan online di Facebook yang bisa laris manis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan semoga usaha jualan online Anda menjadi sukses.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama