Cara Memperbaiki Grounding Elektronik Yang Nyetrum Ketika Disentuh

Hai sobat Fajrinfo. Untuk memperbaiki masalah grounding pada alat elektronik ini sangatlah penting dipahami. Apalagi jika barang elektronik yang ada di rumah Anda bagi sedang mengalami masalah, yakni nyetrum ketika alat elektronik tersebut disentuh.

Postingan kami kali ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang kebetulan sedang mencari cara untuk mengatasi masalah barang elektronik nyetrum jika disentuh. Namun agar dapat memahami secara menyeluruh, ada baiknya kita bahas tentang grounding terlebih dahulu.

Pengertian Grounding

Secara umum pengertian grounding listrik adalah suatu sistem instalasi listrik yang bertujuan untuk menghilangkan beda potensial. Dalam hal ini bisa diartikan sebagai sistem instalasi yang berfungsi untuk melepaskan muatan listrik berlebih pada instalasi tertentu.

Proses aliran yang diarahkan menuju tanah membuat grounding listrik lebih dikenal dengan jalur arde atau pentanahan (bumi).

Cara Memperbaiki Grounding Elektronik Yang Nyetrum Ketika Disentuh

Dengan adanya grounding, maka ketika terjadi kebocoran arus, bisa langsung dinetralkan ke bumi. Itulah kenapa kebanyakan instalasi listrik rumah yang idela menggunakannya. Hal tersebut dapat mengamankan saat terjadi kebocoran arus listrik, terutama jika terjadi sambaran petir.

Dalam dunia elektronik, adalah suatu tegangan potensial sama dengan tegangan nol (sebuah titik referensi umum). Ground ini bersifat relatif, sebab kita dapat memilih titik dimana pun dalam sirkuit yang akan dijadikan sebagai ground, sehingga dapat mereferensikan semua tegangan yang ada pada rangkaian.

Baca juga: Cara Tepat Mengamankan Alat Elektronik Ketika Terjadi Banjir

Dalam hal ini, fungsi dari ground itu sendiri adalah untuk menetralisir noise atau cacat. Baik yang disebabkan oleh buruknya kualitas komponen, maupun daya listrik yang kondisinya kurang baik. Dengan kata lain, dengan kehadiran grounding ini bertujuan untuk melindungi sistem elektroik maupun kelistrikan secara keseluruhan.

Kenapa Sistem Grounding Menggunakan Media Tanah?

Mungkin ada pertanyaan yang mengungkapkan, kenapa sistem grounding listrik harus dialirkan ke tanah? Sebagaimana kita ketahui, masa dan volume bumi itu sangatlah besar. Maka dalam hal ini setiap aliran listrik yang kurang baik dapat dinetralisir olehnya, sekalipun itu bersumber dari petir.

Biasanya pemasangan grounding listrik rumah adalah dengan cara menanamkan sebuah eletroda penghantar yang baik ke dalam tanah. Kualitas dan kehandalan sistem grounding tersebut dipengaruhi oleh beberpa hal. Seperti kelembapan tanah, jenis kabel yang digunakan, serta jenis penghantar yang dipakai untuk sistem grounding tersebut.

Fungsi Grounding Listrik

Fungsi utama dari pemakaian grounding adalah memberikan perlindungan terhadap penggunaan seluruh perlataan listrik. Khususnya ketika terjadi hal-hal berikut ini.

1. Terjadi kebocoran arus listrik yang terlalu besar
2. Terjadi induksi tegangan listrik
3. Isolasi kurang baik
4. Sebagai pelindung dari tegangan tinggi
5. Melindungi dari listrik statis
6. Sebagai acuan untuk mengukur tegangan

Mengatasi Grounding Pada Alat Elektronik

Grounding disebabkan karena adanya kelebihan muatan arus listrik yang tidak dapat dinetralisir atau dibuang ke bumi. Jadi grounding juga bisa disebut sebagai setrum sisa.

Pernahkan Anda mempunyai alat elektronik misalnya dispenser yang nyetrum saat disentuh? Baiklah, kali ini Fajrinfo akan memberikan contoh pada dispenser yang nyetrum dan cara untuk mengatasinya.

Alat Dan Bahan

Cara Memperbaiki Grounding Elektronik Yang Nyetrum Ketika Disentuh

Untuk mengatasi alat elektronik yang nyetrum, silahkan siapkan lebih dulu beberapa alat berikut ini:

- Tang
- Palu
- Paku
- Kabel

Cara Mengatasi Grounding Elektronik Nyetrum

Cara Memperbaiki Grounding Elektronik Yang Nyetrum Ketika Disentuh

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memperbaiki barang elektronik yang nyetrum:

1. Siapkan kabel yang panjangnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Lalu kupas kulit kabel pada kedua ujungnya sesuai dengan kebutuhan.

3. Setelah itu, kaitkan ujung kabel pada body elektronik rumah tangga yang nyetrum. Agar lebih mudah, Anda dapat menghubungkan pada baudnya seperti contoh pada gambar di atas.

4. Kemudian kaitkan ujung yang lainnya pada paku, dan tancapkan pada tanah (lantai).

Baca juga: Cara Agar Penggunaan Lampu LED Menjadi Hemat Dan Awet

Perlu diketahui, bahwa cara ini bisa berhasil jika penyebab barang elektronik nyetrum tersebut dikarenakan adanya grounding. Sementara itu, jika masalah elektronik nyetrum ini belum juga hilang, maka bisa dipastikan bahwa penyebabnya bukanlah grounding.

Kemungkinan besar terdapat komponen elektronik yang mengalami korslet, maupun telah rusak. Untuk itu, Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu barangkali terdapat kabel yang terhubung tidak semestinya.

Demikian cara untuk mengatasi masalah grounding pada alat elektronik nyetrum saat disentuh. Semoga panduan singkat tentang cara memperbaiki alat elektronik nyetrum ini bisa bermanfaat bagi sobat Fajrinfo semua. Anda dapat berbagi pengalaman tentang masalah alat elektronik yang nyetrum ini dengan menyampaikannya pada kolom komentar di bawah.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama