Cara Restart Chromebook (3 Cara Mudah)

Saat mengoperasikan Chromebook, ada kalanya kita perlu merestart perangkat untuk memperbaiki masalah yang muncul atau hanya untuk memulai ulang sistem agar kinerja menjadi lebih optimal. Namun, untuk sebagian orang, merestart Chromebook mungkin tidak begitu mudah, terutama bagi mereka yang baru menggunakan Chromebook untuk pertama kali.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk merestart Chromebook dengan mudah dan cepat. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa detik saja.

3 Cara untuk Restart Chromebook (2022)

cara restart chromebook chrome os

1. Mulai ulang Chromebook dari Setelan Cepat

Chrome OS tidak dilengkapi dengan tombol Restart khusus, jadi kamu harus mematikan Chromebook dan menyalakannya secara manual untuk melakukan reboot/restart perangkat laptop ini. Kamu bisa menerapkannya dengan mudah melalui panel Pengaturan Cepat/Quick Settings. Berikut cara kerjanya:

1. Buka panel Quick Settings yang berada di sudut kanan bawah tempat waktu dan informasi lainnya ditampilkan. Kemudian klik tombol "Shut down" (power), dengan cara ini perangkat milikmu akan segera mematikan.

cara restart chromebook chrome os

2. Setelah iut, tekan tombol power pada perangkat chromebook milikmu untuk memulai ulang Chromebook.

cara restart chromebook chrome os

2. Restart Chromebook menggunakan tombol Power

1. Kamu juga dapat me-reboot Chromebook menggunakan tombol daya/power. Kamu harus menekan dan menahan tombol daya tersebut selama beberapa detik.

cara restart chromebook chrome os

2. Seperti perangkat Android, setelah kamu menekan dan menahan tombol daya maka pada layar akan muncul menu pop-up. Disini, pilih opsi "Shut down", lalu sistem akan mematikan Chromebook.

cara restart chromebook chrome os

2. Nah sekarang tekan tombol daya lagi untuk me-restart Chromebook milikmu.

cara restart chromebook chrome os

3. Restart Chromebook menggunakan URL Chrome

Terakhir, ada beberapa URL Chrome tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh pengguna. Salah satunya adalah memungkinkan kamu untuk me-reboot Chromebook dengan eksekusi URL sederhana. Perhatikan bahwa ini adalah reboot halus dan bukan restart secara penuh. Dengan tidak adanya fitur restart khusus disini, kamu bisa menggunakan metode ini pada Chrome OS.

1. Buka Chrome lalu ketik URL di bawah ini pada bilah alamat dan tekan Enter. Pastikan kamu telah menyimpan semua pekerjaan karena ini akan langsung me-restart Chromebook.

chrome://restart

cara restart chromebook chrome os

2. Sekarang, laptop Chromebook kamu akan melakukan reboot secara otomatis.

cara restart chromebook chrome os

Reboot Chromebook dengan Cara yang Benar

Maka, demikianlah beberapa informasi yang dapat dijabarkan tentang Chromebook. Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa Chromebook memiliki kelebihan dalam hal kinerja dan keamanan, serta cocok bagi pengguna yang lebih banyak mengakses internet dan aplikasi web. Namun, jika terjadi masalah pada perangkat, merestart Chromebook bisa menjadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat, pengguna Chromebook dapat dengan mudah dan cepat merestart perangkat mereka dan kembali bekerja dengan normal.

Itulah beberapa langkah mudah untuk merestart Chromebook. Dalam kebanyakan kasus, cara ini sudah cukup untuk mengatasi masalah yang muncul pada perangkat. Namun, jika masalah terus berlanjut atau Chromebook tidak dapat dihidupkan kembali, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi atau penyedia layanan Chromebook terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama