Penting! Cara Tepat Mengamankan Peralatan Elektronik Ketika Banjir

Hai sobat Fajrinfo, bagaimana kabar Anda semuanya? Semoga Allah selalu memberikan kesehatan kepada Anda bersama keluarga. Adakah yang bertempat tinggal di daerah yang rawan banjir? Tahukah Anda bagaimana cara yang tepat untuk mengamankan segala peralatan elektronik yang ada di rumah saat banjir melanda?

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan trik untuk mengamankan peralatan elektronik ketika mengalami musibah banjir. Untuk itu, mari kita simak penjelasannya di bawah.

Cara mengamankan peralatan elektronik ketika banjir sangat penting untuk diketahui setiap orang. Khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah yang rawan banjir. Misalnya kawasan Jakarta, Bekasi dan sekitarnya, yang seringkali mendapatkan limpahan air hujan dalam jumlah yang sangat besar secara mendadak.

Cara Tepat Mengamankan Peralatan Elektronik Ketika Banjir

Sebagaimana kita ketahui, tanpa adanya penanganan yang tepat, berbagai barang elektronik akan rusak jika terkena air. Apalagi jika barang elektronik tersebut sampai terendam air banjir.

Pentingnya Langkah Antispasi Banjir

Sebelum kita membahas tentang cara mengamankan peralatan elektroniok ketika banjir, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu tentang langkah antisipasi banjir secara umum.

Sebenarnya hal ini mesti dilakukan sejak dari awal kita membangun tempat tinggal (rumah). Apalagi jika di daerah tersebut memang termasuk yang rawan banjir. Akan lebih baik jika kita membangun rumah hingga dua lantai. Jika tidak demikian, setidaknya rumah yang dibangun jauh lebih tinggi dari jalan yang ada di depannya.

Adapun langkah mengantisipasi dalam menghadapi banjir diantaranya sebagai berikut:

1. Simak terus potensi banjir melalui televisi, maupun aplikasi pemantau banjir.

2. Siapkan peralatan keselamatan ringan seperti ban karet, lilin, selimut, jas hujan, tikar, lampu senter, korek api gas, dan sebagainya.

3. Amankan segala macam barang berharga ke tempat yang lebih tinggi, khususnya barang elektronik.

4. Amankan kabel dan socket, khususnya yang berdekatan dengan lantai.

5. Amankan semua dokumen berharga dalam satu tempat yang tidak dapat ditembus air. Mislnya Ijazah, KK, KTP, Buku tabungan, sertifikat dan lain sebagainya.

6. Amankan berbagai material berbahan kain, seperti kasur, sofa dan sebagainya.

7. Siapkan bahan makanan yang mudah disajikan, misalnya seperti beras, mie instan, telur, ikan asin, makanan bayi, teh, gula, kopi, susu, dan juga persediaan air bersih.

8. Siapkan perlengkapan P3K di rumah, lengkap dengan berbagai obat-obatannya.

9. Siapkan pompa bah yang mampu menyedot air pada ruangan tertutup untuk disalurkan ke tempat lain.

Mengamankan Alat Elektronik Ketika Banjir

Mengamankan peralatan elektronik dan kelistrikan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan ketika musim hujan tiba atau informasi banjir mulai ramai di pemberitaan. Kesalahan dalam hal ini, selain membahayakan barang elektronik tersebut juga bisa membahayakan Anda dan orang lain.

Menurut tim yang terdiri dari para pekerja Perusahaan Listrik Negara (PLN), berikut adalah cara mengamankan peralatan elektronik ketika banjir datang:

1. Matikan segera instalasi listrik yang ada di rumah Anda.
2. Cabut semua peralatan elektronik yang masih terhubung dengan stop kontak listrik.
3. Sebisa mungkin, sebaiknya segera pindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

Penanganan Pasca Banjir

Setelah banjir benar-benar sudah surut, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

- Pastikan perlengkapan listrik seperti kabel, stop kontak dan lainnya dalam kondisi kering.
- Jika sudah yakin kering, silahkan nyalakan kembali instalasi listrik.
- Diamkan listrik beberapa saat sampai stabil, sebelum mencolokkan peralatan elektronik.

Demikian pembahasan yang bisa Fajrinfo bagikan tentang cara mengamankan peralatan elektronik ketika banjir. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Dan bagi Anda yang mengalami musibah banjir, semoga Allah memberikan kekuatan, kesehatan dan kesabaran dalam mengahadapi musibah banjir tersebut.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama