Ketahuilah 6 Manfaat Menggunakan VPN Ini Saat Beraktivitas Di Internet!

Tahukah Anda, apa itu VPN (Virtual Private Network)? Bagi penggiat internet tentu tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. VPN adalah layanan yang bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa selama kegiatan online Anda terlindungi dan aman dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Hal-hal yang tidak diinginkan tersebut adalah tindakan penyadapan data atau informasi penting oleh para peretas atau penjahat dunia maya (cybercriminals) untuk mengekspos privasi Anda kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

Seperti kita ketahui, bahwa internet bukanlah tempat yang aman bagi siapapun. Ketika Anda terhubung ke internet, segala informasi tentang Anda dapat diperoleh dengan mudah, komputer yang digunakan, IP address, lokasi geografis, riwayat penelusuran (browsing history), identitas pribadi, aktivitas penelusuran Anda dan lain sebagainya.

Data penting yang Anda miliki bisa dicuri atau disadap untuk dijual atau untuk tujuan tertentu yang akhirnya mengarah ke tindakan pemerasan dengan meminta tebusan. Privasi Anda juga bisa diekspos untuk keperluan penayangan iklan atau tawaran sebuah layanan produk dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda perlu cara untuk melakukan kegiatan online secara aman. Anda dapat coba menggunakan layanan VPN yang memberi keamanan terbaik karena transmisi data atau informasi terkait akan dienkripsi.

Manfaat Menggunakan VPN Ini Saat Beraktivitas Di Internet

Rincian terkait dengan kegiatan online Anda di internet akan tersembunyi. Data penting Anda tidak bisa dibaca oleh para penyadap dan privasi Anda tidak dapat diekspos. VPN memberi keuntungan atau manfaat terkait dengan keamanan data atau informasi pribadi dan privasi.

Berikut ini Fajrinfo akan membagikan informasi tentang beberapa keuntungan atau manfaat yang akan Anda peroleh dari menggunkan layanan VPN.

1. Menyamarkan Alamat IP Untuk Privasi

Ketika Anda mengkases internet menggunakan perangkat komputer atau smartphone, perangkat yang Anda gunakan tersebut secara unik dan otomatis akan diberi IP Address. Masalahnya, semua kegitan online Anda di internet bisa dilacak melalui IP Address tersebut.

Ketika Anda meggunakan VPN, maka VPN akan bekerja menyamarkan IP Address tersebut dan transmisi data atau informasi pribadi Anda seolah-olah berasal dari server VPN yang digunakan. Dengan demikian, IP Address, lokasi geografis, identitas pribadi Anda, aktivitas online Anda di internet akan tetap aman dan tidak bisa dilacak atau terekspos.

2. Proteksi Data Saat Memakai Wi-Fi Publik

Saat ini, tren internet tentang ketersediaan jaringan Wi-Fi publik gratis ada di mana-mana. Di restoran, rumah makan, hotel, warung kopi, mall, bandara dan tempat umum lainnya sebagai salah satu fasilitas layanan yang disediakan untuk mereka yang ada di tempat-tempat tersebut.

Namun jika mengetahui tentang hal itu, sebaiknya Anda jangan terlalu senang dahulu. Sebab, terkoneksi ke internet dengan menggunakan Wi-Fi publik secara gratis sangat beresiko terhadap keamanan data dan privasi Anda. Sangat dianjurkan agar lebih berhati-hati dalam menggunakan Wi-Fi publik, apalagi jika disediakan secara gratis.

Meskipun jaringan Wi-Fi publik gratis menggunakan keamanan password untuk mengaksesnya, pada kenyataannya password Wi-Fi tersebut mudah dibobol atau diketahui. Sehingga data penting pengguna yang terkoneksi dengannya tetap tidak aman.

Data Anda bisa dengan mudah disadap, dibaca atau bahkan dicuri. Dengan menggunakan VPN, data Anda sebagai pengguna akan dienkripsi seakan-akan ada pada tunnel tersembunyi yang dibuat khusus untuk transmisi data internet Anda. Dengan demikian, data Anda akan aman karena terproteksi, tidak mungkin bisa dibaca untuk dicuri, apalagi dilacak.

3. Mengakses Konten Yang Dibatasi

Meskipun tidak semua negara, namun ada beberapa negara yang menerapkan aturan dengan membatasi sepenuhnya atau sebagian akses terhadap website dengan konten-konten tertentu. Dengan begitu, Anda yang berada di negara tersebut tidak akan bisa mengakses konten atau situs yang dibatasi oleh otoritas pemerintah setempat.

Dengan menggunakan VPN, aktivitas internet Anda bisa menipu IP Address komputer yang Anda gunakan untuk dapat menyiasati akses ke konten atau website yang dibatasi tersebut, sehingga akan tetap bisa mengakses konten meskipun diterapkan pembatasan atau larangan untuk mengaksesnya.

Bagaimana kerja VPN dapat melakukan hal ini? Misalnya, Anda bertempat tinggal di Indoneisa. Pemerintah Indonesia membatasi akses internet ke Facebook, sehingga Anda tidak bisa mengakses internet ke website Facebook. Maka Anda bisa menggunakan dan masuk ke server VPN yang berada di Australia, sehingga aktivitas internet Anda pun akan mendapatkan IP Address berbasis Australia.

Dengan cara ini, Anda seolah-olah sedang berada di Australia. Karena pemerintah Australia tidak membatasi akses layanan internet ke Facebook, maka Anda bisa dengan mudah mengakses Facebook tanpa adanya hambatan apapun.

4. Mendapatkan Harga Lebih Murah

Apakah Anda ada rencana untuk bepergian ke luar negeri? Kunjungi saja negara yang memiliki biaya hidup yang rendah. Jika Anda ingin memesan hotel atau mobil sewaan, jangan lupa gunakan server VPN yang ada di negara tersebut walaupun Anda berasal dari negara lain untuk mendapatkan tarif yang sama rendah.

Harga mungkin akan terdapat perbedaan dan bahkan bisa lebih mahal jika langsung memesan dari negara asal Anda, apalagi jika membelinya melalui agen perjalanan yang tentu sudah dimanipulasi untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

5. Dapat Digunakan Di Berbagai Jaringan

VPN tidak tergantung pada jaringan atau koneksi internet dimana Anda terhubung. VPN tetap bisa berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan VPN melalui jaringan apapun misalnya home network (jaringan rumah), work network (jaringan kantor) serta hotspot Wi-Fi publik dimana saja ketika Anda sedang melakukan perjalanan.

Fleksibilitas ini dapat memberi keamanan yang lebih besar pada data atau informasi penting yang pribadi dan privasi Anda selama menggunakan internet serta dapat memberi rasa tenang.

6. Dapat Digunakan Di Berbagai Perangkat

VPN bisa digunakan di berbagai perangkat yang Anda miliki, mulai dari Personal Computer (PC) atau komputer desktop, laptop, smartphone, tablet, serta perangkat mobile lainnya. Bahkan sebagian penyedia (provider) layanan VPN juga ada yang memberikan penawaran satu paket layanan yang membolehkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus.

Hal ini dapat memungkinkan Anda menggunakan beberapa perangkat yang berbeda untuk terhubung ke internet dengan aman dan juga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah layanan VPN.

Demikian pembahasan yang bisa Fajrinfo bagikan terkait beberapa manfaat internet menggunakan VPN. Semoga penjelasana yang kami sampaikan dalam postingan kali ini bisa bermanfaat dan memberikan pemahaman tentang fungsi dan manfaat VPN saat kita menggunakan internet.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama