Tips Jitu Agar Usaha Kecil Anda Sukses Meskipun Di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi virus Corona telah banyak berpengaruh terhadap sektor bisnis kecil menengah. Mulai dari kasus kehilangan usaha hingga fenomena bekerja secara jarak jauh. Banyak hal yang berbeda terjadi dengan sangat cepat sepanjang wabah Covid-19 ini, dan para pelaku usaha dituntut untuk terus bisa menyesuaikan diri dengan situasi seperti ini dan perkembangannya.

Sobat Fajrinfo, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan rekomendasi CDC yang bisa dilakukan oleh para pemilik bisnis kecil untuk dapat mengurangi resiko, menjaga karyawan, serta menunjang customer Anda selama wabah Covid-19 ini terus terjadi.

Tips Jitu Agar Usaha Kecil Anda Sukses Meskipun Di Tengah Pandemi Covid-19

Menentukan Opsi Kerja Dari Rumah

Dengan begitu banyaknya orang yang melakukan pekerjaan dari rumah, ada banyak alat gratis yang bisa digunakan hingga tim Anda bisa terus berbicara dan tetap bekerja meskipun mereka tidak berada di tempat yang sama.

Terapkan kebijakan bekerja dari rumah yang meliputi tentang kapan karyawan Anda harus online maupun hadir di tempat, bagaimana cara berbicara (Email, Slack, Video Call, maupun yang lain), dan apa yang harus disampaikan oleh setiap anggota tim ada hubungannya dengan pekerjaan mereka.

Kurangi Rapat Dan Perjalanan

Usahakan agar Anda dapat meminimalisir kemungkinan terkena Covid-19. Tunda rapat tim terlebih dahulu atau Anda dapat melaksanakan rapat secara online. Batalkan seluruh agenda konferensi maupun ekspedisi usaha terencana yang lain.

Jika karyawan Anda ada yang sakit lantaran ekspedisi maupun rapat, mungkin Anda harus bertanggung jawab dengan hal tersebut. Belum lagi Anda pun harus menangani permasalahan moral karyawan Anda lantaran mengetahui tentang salah satu rekannya yang terkena Covid-19.

Bagikan Keleluasaan Kepada Karyawan

Sekolah-sekolah di berbagai belahan dunia ditutup, begitu pun dengan kantor, toko, tempat usaha, dan pusat perbelanjaan. Anda seharusnya bersikap lentur dengan memberikan kesempatan yang luas kepada para karyawan Anda.

Beberapa anggota tim barangkali harus resign secara mendadak jika penitipan anak mereka tutup, maupun mereka terkena virus Covid-19. Cobalah untuk bisa mengerti suasana karyawan Anda ketika sesuatu tiba-tiba muncul, dan Anda harus memiliki planning darurat jika mendadak kekurangan staf karyawan.

Berbicara Dengan Transparan Pada Customer

Setiap orang mau tidak mau akan merasakan dampak besar dari pengaruh wabah Covid-19 ini bersama-sama. Dengan begitu, jelaskan apa yang tengah dirasakan oleh usaha yang Anda kelola kepada customer.

Customer bisa berempati pada perusahaan yang mengalami krisis, sepanjang Anda menjalakan hubungan baik dengan mereka secara transparan. Anda perlu menjelaskan tentang langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengurangi resiko Covid-19, dan memberi mereka pengetahuan mengenai apa yang Anda kerjakan untuk menunjang para customer.

Transformasi Digital

Perusahaan-perusahaan Cina dituntut untuk merasakan kenyataan bahwa virus Corona telah merebak di negaranya. Saat toko harus ditutup dan karyawan tetap berada di rumah, para pemilik usaha yang cerdas mestinya mampu merubah teknik penjualan mereka untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Iklan Di Instagram Untuk Menarik Perhatian Pengunjung

Misalnya di Wuhan, industri kosmetik Lin Qingxuan menghentikan 40% aktivitas toko-tokonya. Tetapi, lebih dari 100 penasehat kecantikan dari merek tersebut memakai platform digital seperti Wechat untuk dapat terlibat dengan customer secara virtual, dan mampu meningkatkan penjualan secara online.

Hasilnya, penjualannya di kota Wuhan meraih perkembangan hingga 200% dibanding penjualannya di tahun sebelumnya. (Ulasan Harvard Business).

Jika menghentikan aktivitas toko Anda, temukan cara agar para karyawan tetap mendapatkan gaji dengan cara menjual barang secara online, baik itu di media sosial, memakai catatan kontak email, membuat toko online di website, maupun memakai konten video untuk menarik banyak calon customer yang potensial.

Demikian pembahasan yang bisa Fajrinfo sampaikan tentang 5 panduan agar bisnis kecil bisa berhasil di tengah wabah Covid-19. Salah satu cara terbaik untuk bisa menyesuaikan diri dalam kondisi seperti ini adalah dengan mengoptimalkan usaha digital, misalnya dengan cara menjual barang melalui media online website maupun media sosial.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama