Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Istilah cloud storage atau online storage bisa diartikan juga sebagai tempat penyimpanan file di awan. Disebut penyimpanan awan, karena menyimpan filenya berbasis online di internet. Biasanya berkas yang disimpan dalam cloud storage adalah berupa file video, foto atau gambar, berkas dokumen, musik dan beragam tipe file lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua layanan cloud storage (online storage) dapat memberi fitur penyimpanan semua jenis file. Karena sebagian layanan cloud storage ada yang hanya memberi fitur penyimpanan jenis file tertentu saja seperti file gambar dan musik.

Banyak sekali manfaat bisa diperoleh ketika Anda menggunakan layanan cloud storage untuk tempat menyimpan file. Salah satunya adalah cloud storage merupakan tempat yang aman untuk cadangan (backup) file dan berkas penting. Sebab jika menyimpan file pada hard drive, harddisk eksternal atau flashdisk, tentunya kapasitas penyimpanan tersebut akan cepat penuh, juga untuk mengantisipasi jika penyimpanan tersebut rusak, dicuri atau terbakar.

Manfaat lain menggunakan layanan cloud storage adalah bisa membuka dokumen dengan mudah, melakukan streaming video dan musik dimanapun, atau bisa juga berbagi file dokumentasi liburan keluarga kepada kerabat dan teman. Anda juga bisa mengakses file kerja dari rumah atau menyimpan file penting ketika sedang bepergian untuk dapat mengaksesnya di tempat tujuan. Semua itu dapat Anda lakukan ketika menggunakan layanan cloud storage.

Mungkin masih banyak orang yang menyangka bahwa layanan cloud storage tidak gratis dan berbiaya mahal. Pernyataan ini ada benarnya juga, karena untuk menggunakan layanan cloud storage premium dengan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda akan dikenai biaya berlangganan.

Namun tahukah Anda, bahwa ada layanan cloud storage yang benar-benar gratis sama sekali?

Sebagian besar layanan cloud storage gratis banyak diberikan oleh para penyedia layanan cloud storage premium dan Anda dapat melakukan peningkatan kapasitas (upgrade) ke layanan premium mereka jika sewaktu-waktu diperlukan.

Meskipun ruang penyimpanan untuk layanan cloud storage gratis ini terbatas, namun batas kapasitas tersebut dianggap cukup bagi pengguna untuk penggunaan ringan. Berikut ini adalah beberapa penyedia cloud storage terbaik yang memberikan layanan gratis yang bisa Anda coba.

1. Google Drive

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Sepertinya di era teknologi digitas saat ini banyak orang yang telah memiliki akun Google. Jika masih belum memilikinya, Anda dapat dapat dengan mudah membuat akun baru Google dan akan secara otomatis mendapatkan 15 GB ruang penyimpanan gratis dari layanan cloud storage Google Drive.

Meskipun ruang penyimpanan Google Drive ini digunakan juga untuk keperluan layanan Google lainnya, seperti Gmail dan Google Photos, tetapi dengan kapasitas sebesar itu masih akan menyisakan banyak ruang kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai penyimpanan berkas secara online (cloud storage) di Google Drive.

2. OneDrive

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

OneDrive merupakan layanan cloud storage milik Microsoft yang sebelumnya diberi nama dengan sebutan SkyDrive. Selain akun Google, akun Microsoft melalui brand live.com dan outlook.com adalah akun kedua terbanyak yang dimiliki oleh pengguna internet dan Windows 10.

Ketika Anda membuat akun Microsoft, maka secara otomatis akan mendapatkan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 5 GB dari cloud storage OneDrive. Meskipun layanan yang diberikan tidak sebesar penyimpanan di Google Drive, namun hal itu sudah bisa dikatakan cukup untuk ukuran cloud storage gratis.

3. Yandex Disk

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Yandex adalah perusahaan asal Rusia yang terkenal dengan mesin pencarian (search engine) dan layanan email gratis. Namun rupanya Yandex juga memberi layanan cloud storage yang bernama Yandex Disk.

Jika Anda memiliki akun Yandex, maka otomatis Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 10 GB secara gratis dari cloud storage Yandex Disk. Sebagai tambahan, dengannya Anda juga memiliki akses gratis menuju Microsoft Office Online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

4. DropBox

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

DropBox adalah layanan penyimpanan awan yang dioperasikan oleh perusahaan yang berasal dari Amerika, yaitu DropBox.Inc. Jika Anda membuat akun di DropBox, maka Anda akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan 2 GB secara gratis dari layanan cloud storage DropBox.

Anda juga dapat dengan mudah memperoleh ruang penyimpanan lebih besar lagi dari itu hingga 1 GB. Seperti Yandex, DropBox juga memberi akses gratis kepada penggunanya untuk menggunakan layanan Microsoft Office Online.

5. MEGA

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Jika Anda sudah memiliki akun MEGA, masihkah akan mencari layanan cloud storage gratis lainnya? Karena tidak tanggung-tanggung, Anda akan memperoleh 50 GB ruang penyimpanan awan jika memiliki akun di layanan cloud storage MEGA ini.

Dari historinya, layanan penyimpanan MEGA sendiri dibangun dari suksesor pendahulunya yaitu layanan file sharing Megaupload yang sangat populer beberapa tahun lalu dan akhirnya ditutup pada tahun 2012.

6. MediaFire

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

MediaFire merupakan layanan file sharing dan cloud storage yang akan memberi Anda ruang penyimpanan cloud dengan kapasitas sebesar 10 GB dari cloud storage MediaFire. Selain itu, Anda juga bisa meraih kesempatan untuk tambahan kapasitas ruang penyimpanan hingga 50 GB melalui program rujukan teman (friend referral) atau unduhan aplikasi (application download).

Salah satu kelebihan dari layanan cloud storage MediaFire ini adalah tidak ada batasan bandwidth bagi pengguna untuk mengunggah (uploading) atau mengunduh (downloading).

7. pCloud

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

PCloud adalah layanan cloud storage yang dikenal aman dan memiliki interface yang mudah digunakan bahkan pengguna awam sekalipun. Dengan memiliki akun di pCloud, Anda akan memperoleh 10 GB ruang penyimpanan gratis dari layanan cloud storage pCloud.

Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan sampai 20 GB secara gratis melalui program rujukan teman (friend referral) serta bonus. Layanan pCloud tidak membatasi kecepatan dan ukuran file yang diunggah maupun yang diunduh.

8. FlipDrive

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

FlipDrive merupakan layanan cloud storage (online storage) lain yang dikenal aman untuk menyimpan, mengakses secara online, berbagi dan mencadangkan (backup) berkas file Anda. FlipDrive memberi kapasitas 10 GB ruang penyimpanan kosong secara gratis dan Anda bisa mendapatkan lebih besar lagi dengan mengikuti program friend referral agar banyak teman Anda yang menggunakan layanan FlipDrive ini.

FlipDrive dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan berbagai format file yang Anda miliki. Anda dapat mencobanya dengan melakukan pendaftaran akun melalui link FlipDrive di atas.

9. Box

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Nama layanan cloud storage ini cukup singkat, yaitu Box (sebelumnya Box.net). Box adalah layanan cloud storage yang dapat menyimpan berbagai macam tipe file. Ketika Anda membuat akun Box, maka secara otomatis akan mendapatkan 10 GB ruang penyimpanan gratis dari layanan cloud storage Box.

Layanan penyimapana online Box dilengkapi dengan fitur keamanan level enterprise, sehingga Anda memiliki kontrol penuh terhadap file untuk mengaksesnya. Link untuk membagikan dokumen juga dilindungi dengan kata sandi (password) yang dapat terhindar dari orang yang tidak dikehendaki mendapatkan link lalu mengunduh berkas tanpa sepengetahuan Anda.

10. Sync

Inilah Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik Untuk Backup File Anda

Sync adalah layanan penyimpanan awan dan berbagi file gratis. Ketika membuat akun Sync, maka Anda akan memperoleh 5 GB ruang penyimpanan secara gratis dan file yang tersimpan di dalamnya tidak akan pernah habis masa berlakunya (expired).

Dengan Sync, menyimpan, berbagi dan mengakses file bisa dilakukan dengan sangat mudah kapan pun dari manapun. Layanan cliud storage Sync juga memberi proteksi terhadap file Anda dengan enkripsi end-to-end agar dapat memastikan bahwa file Anda akan tetap aman.

Itulah yang bisa kami bagikan terkait informasi mengenai layanan Cloud Storage Terbaik pada website Fajrinfo ini. Setelah Anda mengetahui beberapa layanan penyimpanan cloud storage di atas, semoga dapat memberi wawasan bilamana membutuhkannya untuk melakukan backup file atau berkas penting agar tetap aman dan mudah mengaksesnya dimana saja.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama