Inilah 7 Spesifikasi Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa

Laptop sudah menjadi kebutuhan paling penting bagi mahasiswa. Tidak dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengerjakan tugas saja, tetapi laptop juga berperan penting ketika melakukan penelitian, proses belajar, mengerjakan tugas makalah, hingga projek kampus.

Sejatinya tidak perlu berdebat untuk menentukan laptop mana yang baik. Memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan jurusan kuliah Anda justru akan menjadi tindakan yang paling tepat. Untuk itu, simak 7 tips yang Fajrinfo bagikan ini untuk memilih spesifikasi laptop yang cocok bagi mahasiswa.

laptop yang bagus untuk mahasiswa

Perhatikan Prosesor Dan RAM

Prosesor adalah 'otak' dalam laptop yang memiliki tugas mengontrol seberapa cepat perangkat laptop menjalankan program aplikasi atau menyelesaikan tugas. Begitu pula dengan RAM, hardware ini memberikan 'tenaga' bagi laptop supaya mampu memproses pekerjaan secara multitasking. Oleh sebab itu, pilih laptop dengan prosesor dan RAM yang tepat agar bisa memenuhi semua kebutuhan belajar Anda untuk empat tahun ke depan.

Sebagai contoh, laptop yang memiliki RAM ukuran 4GB adalah favorit mayoritas mahasiswa. Ukuran ini dianggap ideal untuk melakukan segala aktivitas perkuliahan mulai dari mengerjakan spreadsheet, programming sederhana, serta web browsing. Akan tetapi, jika mata kuliah Anda menuntut grafis yang intens, seperti jurusan Desain Grafis dan Arsitektur, maka laptop dengan prosesor high-end Intel Core i7 dan RAM minimal 16GB adalah solusinya.

Pilih Kartu Grafis

GPU yang terintegrasi pada laptop sebetulnya sudah lebih dari cukup untuk bisa menangani berbagai tugas kuliah mahasiswa. Namun, bukan rahasia lagi jika beberapa program dan software yang digunakan selama proses perkuliahan kadang menuntut kartu grafis yang harus powerful.

Oleh sebab itu, cari tahu program dan software apa saja yang yang digunakan selama masa perkuliahan ketika menentukan GPU laptop. Dengan begitu, belajar desain 3D maupun desain grafis tentunya dijamin akan lebih nyaman karena tampilan visualnya jelas dan mulus.

Pertimbangkan apa jurusan kuliah Anda, jika Desain Grafis, Arsitek, atau Cinematography, pastinya membutuhkan program untuk membuat desain atau melakukan editing dengan kartu grafis minimal seri NVIDIA GeForce RTX atau NVIDIA Quadro RTX yang sudah mendukung pembuatan konten 2D dan 3D.

Cek Pilihan Storage

Berbicara tentang pilihan penyimpanan (storage), setidaknya terdapat dua hal yang harus diperhatikan, yaitu kebutuhan dan spesifikasi. Kebutuhan mahasiswa terhadap media penyimpanan tentunya memerlukan kapasitas besar agar dapat menyimpan berbagai file tugas dan materi mata kuliah yang tidak sedikit.

Sementara spesifikasi, Anda dapat memilih antara HDD dan SSD. Keduanya menawarkan space penyimpanan yang lega meskipun memiliki performa yang berbeda. Jadi, kenali terlebih dahulu dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena pemilihan storage ini akan mempengaruhi desain dan budget laptop.

Pastikan Ukuran Dan Resolusi Layar Tepat

Soal layar, ukuran yang besar belum tentu lebih baik. Semuanya kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan kuliah Anda. Meskipun demikian, laptop berukuran 13-15 inci dapat menjadi pilihan yang paling ideal untuk seorang mahasiswa dan sekaligus lebih menawarkan portabilitas dan mobilitas bagi pemakainya. Hal ini karena ukuran layar bisa mempengaruhi berat dan fleksibilitas laptop ketika dibawa bepergian.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan resolusi layarnya. Resolusi layar yang disarankan adalah minimal Full HD (1080px1920p). Resolusi ini dinilai tepat untuk memberikan kualitas visual yang jelas dan terang. Pertimbangan ini penting bagi Anda yang memilih jurusan videografi atau desain grafis, karena pasti memerlukan kualitas visual yang maksimal.

Daya Tahan Baterai Besar

Seberapa lama laptop bertahan saat digunakan menjadi salah satu pertimbangan yang tidak kalah penting saat memilih laptop untuk mahasiswa. Jangan sampai Anda terus dihantui perasaan was-was laptop lowbat setiap kali bepergian.

Laptop yang bisa bertahan selama lebih dari 6 jam ideal untuk mahasiswa. Daya tahan baterai yang lama sangat penting karena dapat memberi rasa nyaman saat mengikuti kuliah daring, seminar online (webinar), hingga mencari bahan dan menyelesaikan tugas kuliah di perpustakaan atau coffee shop.

Perhatikan Pilihan Port dan Konektivitas

Jangan meremehkan pentingnya port dan bagaimana fungsinya untuk memudahkan kebutuhan Anda. Carilah laptop yang memiliki lubang koneksi (port) lengkap, mulai dari USB 3.0, HDMI, dan jack headphone.

Terlebih di era pandemi COVID-19 ini, perkuliahan secara daring mau tidak mau mengharuskan laptop ditunjang oleh konektivitas Wi-Fi yang baik. Makanya, cari laptop yang mendukung standar WiFi saat ini seperti 802.11ac yang konektivitasnya jauh lebih cepat dan stabil. Kuliah kelas daring, browsing web untuk mencari materi kuliah hingga ikut pelatihan webinar bukan jadi masalah lagi.

Kini konektivitas Wi-Fi sudah berinovasi dengan mengembangkan teknologi Wi-Fi 6 yang menawarkan kecepatan 9.6 Gbps yang kemampuannya mendukung hingga 4x bandwidth. Selain itu mampu mengirimkan data 25% lebih banyak dari Wi-Fi 5.

Bagi Anda yang baru menjadi mahasiswa atau sudah menjadi mahasiswa dan hendak membeli perangkat laptop baru untuk kuliah dengan beragam tugas berat, maka pastikan 7 spesifikasi laptop yang tepat untuk mahasiswa yang telah Fajrinfo sampaikan menjadi bahan pertimbangan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama